4+ Tanda Kekurangan Zinc yang Tampak, Cermati di Sini!

  Senin, 10 Juni 2024 | 06:38 WIB
   TEAM PROSIX
tanda-kekurangan-zinc_JZC.jpg

Sumber: freepik.com

Kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh akan memberikan tanda yang jelas pada tubuh manusia. Sistem kompleks ini memerlukan asupan yang cukup setiap saat, dan salah satu mineral penting yang wajib dicukupi asupannya adalah zinc. Tanda kekurangan zinc dapat muncul dan terlihat dengan mudah, dan mungkin saja mengganggu aktivitasmu.

Zinc secara umum adalah mineral yang punya peran penting dalam pembentukan DNA, membantu kerja sistem kekebalan tubuh, dan proses penyembuhan luka. Jelas ketika nutrisi ini tidak bisa dicukupi tubuh akan mengalami berbagai gangguan hingga munculnya berbagai gejala alergi.

Kekurangan Zinc Dapat Memicu Alergi

Sumber: freepik.com

Pada banyak jurnal, kekurangan zinc disebut sebagai salah satu penyebab munculnya berbagai jenis alergi. Hal ini disebabkan karena melemahnya sistem imun, sehingga kinerjanya tidak dapat menjadi optimal.

Sistem imun yang gagal mengidentifikasi protein tertentu dapat melepaskan hormon histamin, hormon yang seharusnya hanya dikeluarkan oleh tubuh saat ada zat yang berbahaya memasuki tubuh atau mengalami kontak dengan area tubuh.

Akibatnya gejala alergi bisa terasa, dan bentuknya bisa beragam. Mulai dari bersin-bersin, hidung berair, gatal-gatal di berbagai anggota tubuh, hingga ruam dan berbagai gejala alergi lain yang umum dirasakan saat alergen mendekat.

Gejala alergi sebenarnya tidak perlu muncul jika memang tidak memiliki alergi atau tidak ada alergen yang mendekat. Tapi ketika tubuh kekurangan zinc, hal ini bisa dengan mudah terasa dan menjadi gangguan pada aktivitas yang kamu miliki.

Selain memicu timbulnya gejala alergi, tanda kekurangan zinc lain dapat kamu cermati pada bagian berikutnya.

4+ Tanda-Tanda Kekurangan Zinc pada Tubuh

Sumber: freepik.com

Selain munculnya berbagai gejala alergi, beberapa tanda lain tubuh kamu kekurangan zinc adalah sebagai berikut.

  • Menurunnya sistem imun tubuh, karena zinc berperan dalam fungsi imunitas maka kekurangan nutrisi ini bisa memicu pelemahan sistem imun. Kamu bisa jadi mudah terserang flu atau infeksi lain.

  • Gangguan tidur. Zinc sendiri berperan besar dalam proses produksi dan regulasi melatonin, hormon alami yang diproduksi dan mengatur jam biologis tubuh.

  • Rambut mudah rontok, dalam produksi hormon tiroid, zinc juga memiliki peran yang besar. Akibat kekurangan nutrisi ini, rambut bisa saja rontok dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Kulit yang kurang sehat, dalam artian tampak kusam dan berjerawat. Nutrisi yang satu ini memiliki andil besar dalam mempercepat penyerapan vitamin A dan E yang menjadi asupan penting untuk kesehatan kulit. Bisa dibayangkan jika asupan zinc kurang dalam dosis harian ‘kan?

Selain beberapa poin di atas, tanda kekurangan zinc juga bisa terlihat pada terjadinya disfungsi ereksi, gangguan pada sistem pencernaan, kemampuan pengecap dan penciuman yang berkurang, mudah sakit namun sulit sembuh, peningkatan risiko penyakit kronis, penglihatan yang memburuk hingga kesulitan mendengar.

Efeknya yang nyata seharusnya cukup mudah dirasakan dan dilihat, sehingga penanganannya bisa cepat dilakukan.

Lalu Bagaimana Cara Menanganinya?

Sumber: freepik.com

Beberapa cara sederhana bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini.

Mulai mengonsumsi jenis daging merah bisa menjadi hal pertama yang dilakukan. Jenis daging ini memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi, serta dibarengi dengan banyak nutrisi penting lain yang juga diperlukan oleh tubuh.

Cara kedua adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan. Camilan ini terbilang sangat sehat dan kaya akan nutrisi. Kamu bisa menjadikan kacang merah, kacang tanah, kacang mete, almond, hingga kacang polong sebagai makanan yang dikonsumsi rutin.

Kemudian untuk sayuran hijau, bayam menjadi pilihan yang tepat. Selain tinggi akan kandungan zat besi, bayam juga memiliki kadar zinc yang tidak sedikit. Konsumsi rutin bisa membantu kamu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah peradangan, hingga melawan osteoporosis.

Lengkapi diet sehat yang kamu buat dengan makanan variasi lain seperti seafood, biji-bijian, dan makanan bernutrisi lengkap lainnya. Barengi dengan olahraga teratur serta waktu makan yang disiplin, maka dalam waktu singkat tanda kekurangan zinc yang kamu alami bisa berangsur menghilang.

Itu tadi sekilas tentang beberapa tanda kekurangan zinc yang bisa mengarah pada munculnya gejala alergi. Jelas untuk urusan ini, obat anti alergi akan jadi hal paling mudah dikonsumsi untuk mengatasinya. Obat dengan kandungan cetirizine akan menjadi opsi yang tepat, dan bisa didapatkan pada tautan ini. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan berikutnya!