Alergi Kulit Gatal dan Merah, Bagaimana Cara Mencegahnya?

  Selasa, 12 Desember 2023 | 02:14 WIB
   Team Prosix
ep73.1.jpg

Sumber: Freepik

Apakah pernah mengalami alergi kulit gatal dan merah? Perlu dipahami, kulit gatal kemerahan adalah kondisi kulit yang umum disebabkan oleh banyak hal. Pemicu kulit kemerahan dan terasa gatal bisa disebabkan gigitan serangga, infeksi, dan alergi. Bahkan tidak menutup kemungkinan seseorang mengalami iritasi kulit merasakan gatal dan merah. Dengan mengenali pemicu tersebut tentu akan sangat membantu untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai penyebab alergi kulit gatal dan merah, serta bagaimana cara pencegahan dan penanganannya, simak ulasan di bawah ini sampai akhir, ya!

Penyebab Alergi Kulit Gatal dan Merah

Penyebab Kulit Gatal

Sumber: Freepik

Alergi kulit yang menyebabkan gatal dan kemerahan juga sering disebut sebagai dermatitis alergi. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan alergen tertentu. Beberapa alergen umum yang bisa menyebabkan reaksi alergi kulit di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kontak dengan Zat Kimia. Paparan kulit terhadap zat kimia tertentu bisa menyebabkan alergi kulit, seperti deterjen, sabun, kosmetik, atau produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alergen.
  • Alergi Makanan. Beberapa orang mungkin akan mengalami alergi makanan tertentu, dapat menyebabkan reaksi kulit, seperti gatal dan kemerahan. Contoh makanan yang dapat menyebabkan alergi kulit seperti kacang-kacangan, makanan laut, dan telur.
  • Alergi Serbuk Sari. Alergi serbuk sari atau rinitis dapat menyebabkan mata gatal dan reaksi pada kulit di beberapa kasus.
  • Gigitan Serangga: Beberapa orang mengalami reaksi alergi terhadap gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, ataupun lebah. Gigitan serangga memicu kulit menjadi gatal dan merah di sekitar area gigitan.
  • Alergi Obat. Beberapa obat-obatan juga dapat menyebabkan reaksi kulit alergi. Misalnya, reaksi kulit seperti ruam bisa saja terjadi sebagai akibat dari mengonsumsi antibiotik tertentu.
  • Alergi Lateks. Beberapa orang juga bisa mengalami reaksi alergi terhadap lateks, yang dapat ditemukan dalam sarung tangan medis, kondom, dan produk lateks lainnya.

Upaya Pencegahan dan Penanganan Alergi Kulit Gatal dan Merah

Pencegahan dan Penanganan Kulit Gatal

Sumber: Freepik

Untuk mengatasi alergi kulit gatal dan merah, kamu dapat melakukan hal berikut ini. Simak poinnya satu per satu, ya!

  • Hindari Alergen. Usahakan untuk menghindari faktor pemicu terjadinya alergi seperti kontak dengan zat kimia, makanan, serbuk sari, gigitan serangga, obat dan lain-lain.
  • Gunakan Krim Alergi. Krim kortikosteroid over-the-counter (OTC) juga bisa membantu mengurangi gatal dan peradangan pada kulit. Namun, jika gejalanya parah, jangan ragu untuk segera konsultasikan dengan dokter, ya.
  • Bilas Kulit. Tips berikutnya adalah membilas kulit dengan air dingin untuk meredakan rasa gatal dan iritasi pada kulit. 
  • Minum Obat Alergi. Beberapa obat alergi, yang secara umum dapat meredakan gatal dan reaksi alergi itu sendiri dan dapat dibeli bebas seperti antihistamine golongan Cetirizine yang ampuh meredakan gejala alergi. 
  • Konsultasikan dengan Dokter. Jika gejala tidak kunjung membaik, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika kamu mencurigai reaksi alergi yang parah.

Selalu ingat bahwa reaksi alergi kulit bisa bervariasi dan jika gejala alergi kulit gatal dan merah yang kamu alami masih terus berlanjut setelah pengobatan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan perawatan yang lebih lanjut.

Namun jika alergi kulit gatal dan merah tidak terlalu parah, kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas. Pastikan kamu memilih obat anti alergi yang tepat, ya!