5 Penyebab Utama Alergi Debu, Gejala & Cara Atasinya

  Selasa, 31 Oktober 2023 | 02:18 WIB
   Team Prosix
ep20.1.jpg

Sumber: Freepik

Alergi adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh merespon zat atau partikel tertentu yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan sehingga menimbulkan gejala seperti gatal-gatal, pilek, bersin-bersin, batuk, dan sebagainya. Salah satu jenis alergi yang paling umum diderita orang-orang adalah alergi debu. Mungkin kamu juga salah satunya? Jika iya, jangan lewatkan informasi penyebab, gejala, dan cara mengatasinya berikut ini!

Gejala Alergi Debu

Setelah mengetahui gejalanya, berikut adalah beberapa gejala yang kerap muncul sebagai respon dari alergi debu.

  1. Bersin-bersin,
  2. Pilek atau hidung tersumbat,
  3. Mata merah, gatal, dan berair,
  4. Produksi lendir di tenggorokan meningkat,
  5. Batuk-batuk,
  6. Gatal dan ruam di kulit,
  7. Sesak napas bagi penderita asma,
  8. Nyeri dada,
  9. Napas berbunyi atau mengi,
  10. Syok anafilaksis jika cukup parah,
  11. Jauhi asap rokok.

Penyebab Alergi Debu

Sumber: Freepik

Lalu apa saja ya penyebab dari alergi debu tersebut? Umumnya, beberapa pemicunya adalah tungau debu, kecoa, spora jamur, serbuk sari, dan bulu binatang. Simak penjelasan detailnya di bawah ini!

1. Tungau Debu

Tungau adalah jenis serangga yang berukuran sangat kecil yang menempel pada perabotan rumah seperti kasur, sofa, dan lain-lain. Apabila feses tungau tersebut terhirup bersama dengan debu ke dalam tubuh, maka sistem imun akan mendeteksinya sebagai zat yang membahayakan, sehingga menimbulkan reaksi alergi. 

2. Kecoa

Selain tungau, kecoa juga merupakan penyebab lain dari alergi debu. Pasalnya, debu yang bercampur dengan kotoran atau air liur kecoa akan memicu reaksi alergi saat masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, jagalah lingkungan rumah dan sekitarmu supaya selalu bersih sebagai langkah pencegahannya ya!

3. Spora Jamur

Spora adalah tempat ideal untuk jamur berkembang biak. Ukurannya kecil dan cukup ringan sehingga mudah terbawa oleh udara. Saat kamu menghirupnya, hal ini bisa memicu reaksi alergi di dalam tubuh.

4. Serbuk Sari

Penyebab alergi debu lainnya adalah serbuk sari atau pollen. Ukurannya yang sangat kecil juga mudah terbawa angin, sehingga bisa terhirup oleh manusia. Jika kamu sensitif terhadap serbuk sari, maka hal ini menyebabkan timbulnya gejala alergi.

5. Bulu Binatang

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan di rumah, maka sebaiknya selalu rajin untuk membersihkan setiap sudut ruangan. Pasalnya, bulu hewan juga berisiko menyebabkan reaksi alergi karena sel-sel kulit mati, air liur, dan urine yang menempel pada bulu tersebut terhirup bersama debu ke dalam tubuh.

Cara Atasi Alergi Debu

Sumber: Freepik

Meski alergi debu menyebabkan berbagai gejala yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, tapi ada banyak cara untuk mencegahnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menekan reaksi alergi akibat debu.

  1. Membersihkan sofa, tempat tidur, meja kursi, dan perabotan lainnya secara rutin.
  2. Mencuci sprei, sarung bantal, gorden, boneka, dan taplak meja menggunakan air panas dengan suhu sekitar 55°C agar tungau penyebab alergi mati seketika.
  3. Menyapu dan mengepel lantai setiap hari.
  4. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu secara lebih efektif.
  5. Jaga kelembapan udara di dalam rumah menggunakan humidifier atau pendingin ruangan meminimalisir spora dan jamur berkembang biak.
  6. Jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur dan karpet rumah.
  7. Gunakan masker saat membersihkan rumah.

Demikian informasi penting tentang alergi debu yang bisa kamu simak. Apabila reaksi alergi yang terjadi cukup parah, maka segera konsultasikan ke pelayanan kesehatan terdekat supaya mendapatkan pengobatan yang tepat!