Cara Alami dan Pengobatan Ruam Alergi, Cermati di Sini!

  Selasa, 12 Desember 2023 | 02:10 WIB
   Team Prosix
ep72.1.jpg

Sumber: freepik.com

Ketika badan berada dalam kondisi sehat, idealnya tidak ada gejala atau tanda apa pun yang menimbulkan gangguan. Tapi saat tiba-tiba ada ruam yang muncul, maka bisa jadi hal ini adalah ruam alergi karena adanya alergen.

Meski secara umum ruam tidak hanya muncul karena alergi, tapi yang harus kamu tahu salah satu gejala alergi paling umum adalah munculnya ruam. Ruam juga bisa disebabkan oleh adanya iritasi kulit, gigitan serangga, infeksi, paparan sinar matahari, dan sebagainya. Tapi mari lebih dalam pahami tentang ruam alergi untuk mengenalnya dengan baik secara cepat.

Mengenali Tanda Ruam Alergi, Ini Detailnya

Ruam Alergi

Sumber: freepik.com

Pada beberapa penyakit sebenarnya ruam sering muncul sebagai tandanya. Namun demikian pada ruam alergi, terdapat beberapa karakter tertentu pada ruam yang dialami. Beberapa ciri khas ruam akibat alergi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Disertai dengan bintik di kulit dan umumnya terasa gatal
  • Ruam yang muncul pada kulit lebih kering dari kulit di sekitarnya
  • Permukaan kulit yang mengalami ruam juga mengelupas
  • Rasa panas yang muncul di area kulit
  • Muncul luka bekas garukan ketika tergores atau tergesek benda
  • Perubahan pada kulit tampak pada bagian atau titik yang mengalami kontak langsung dengan alergen, dan beberapa titik lainnya secara acak

Ketika ruam yang dialami menyerupai beberapa ciri di atas, maka bisa menjadi indikasi kuat bahwa ruam disebabkan oleh alergi. Kamu juga bisa mudah mengenali ruam alergi karena muncul tidak lama setelah kontak dengan alergen yang ada di sekitarmu.

Apa yang Menyebabkan Ruam Ini?

Penyebab Ruam

Sumber: freepik.com

Mungkin kamu sudah banyak membaca dan mulai paham bahwa ketika terkena alergi, maka ruam adalah hal yang sangat sering muncul. Namun demikian hal yang mungkin belum kamu pahami adalah apa yang menjadi penyebab ruam pada kulit muncul.

Alergi sendiri adalah manifestasi dari kesalahan pengenalan sistem pertahanan tubuh terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh namun dikenal sebagai zat asing berbahaya sehingga memicu munculnya zat histamin yang akhirnya menyebabkan reaksi alergi.

Tidak Perlu Panik, Ini Cara Mengobati Ruam Alergi yang Muncul

Pengobatan Ruam

Sumber: freepik.com

Banyak cara bisa kamu gunakan untuk mengatasi ruam alergi ini. Mulai dari cara alami, hingga cara medis dengan menggunakan obat anti alergi yang bisa didapatkan dengan mudah.

1. Cara Alami

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi efek ruam alergi antara lain adalah dengan mengompres menggunakan air dingin, lidah buaya, minyak kelapa, tea tree oil, hingga soda kue.

Tapi pastikan kamu menggunakan bahan-bahan ini dengan benar sehingga tidak terjadi efek samping, dan pastikan juga kamu tidak memiliki alergi pada bahan alami tersebut.

2. Cara Medis

Dengan cara medis pada dasarnya akan mengandalkan beberapa obat alergi, yang secara umum dapat meredakan efek ruam yang dipicu oleh alergi itu sendiri. Opsinya cukup banyak, mulai dari antihistamin, kortikosteroid, stabilisator sel mast, inhibitor Leukotriene. Contoh antihistamine yang umum di masyarakat dan dapat dibeli bebas adalah antihistamine golongan Cetirizine yang ampuh meredakan gejala alergi.

Itu tadi sekilas serba-serbi ruam alergi yang bisa dibagikan dalam artikel singkat ini. Untuk gejala ringan, opsi penggunaan produk dengan kandungan Cetirizine bisa kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkan produk andal anti alergi tersebut di sini, dan langsung memesannya untuk dikirim ke alamatmu!