5 Tips Agar Perhiasan Imitasi Tidak Gatal Saat Dipakai

  Senin, 05 Agustus 2024 | 03:01 WIB
   Team Prosix
5-tips-agar-perhiasan-imitasi-tidak-gatal-saat-dipakai_AuX.jpg

Sumber: freepik.com

Memakai perhiasan terkadang memicu alergi, terlebih bagi kamu yang gemar menggunakan perhiasan dengan bahan logam imitasi. Hal ini bisa karena kulit yang kamu punya sensitif, atau justru punya alergi tertentu pada kandungan perhiasan imitasi tersebut. Nah agar perhiasan imitasi tidak gatal saat dipakai, kamu bisa cermati penjelasannya di sini.

Perhiasan imitasi sendiri biasanya digunakan untuk berbagai acara dan sekedar untuk keperluan tampilan saja. Untuk kamu yang punya kulit sensitif dan menemui masalah atas hal ini, tenang, semua pasti ada trik dan solusinya.

5 Tips agar Perhiasan Imitasi Tidak Gatal

Sumber: freepik.com

Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba agar perhiasan imitasi tidak gatal. Secara singkat, berikut penjelasannya!

1. Pakai di Luar Pakaian

Beberapa perhiasan yang jelas imitasi bisa kamu kenakan di luar pakaian. Artinya, perhiasan ini tidak langsung bersentuhan dengan kulit sehingga tidak lantas memicu gatal akibat alergi atau efek sentuhan lainnya.

2. Lapisi dengan Cat Kuku Bening

Agak repot untuk perhiasan seperti gelang rantai atau kalung, tapi efektif untuk dicoba pada perhiasan seperti cincin atau gelang yang solid. Aplikasikan cat kuku bening untuk mencegah sentuhan langsung antara perhiasan imitasi dan kulit, tapi pastikan cat kuku yang dipakai juga tidak memicu alergi.

3. Jangan Sampai Basah

Beberapa perhiasan imitasi yang basah dan memiliki residu sabun, deterjen, atau pembersih lain bisa memicu reaksi yang membuat kulit iritasi. Jadi sebisa mungkin pastikan perhiasan imitasi kering sebelum dipakai.

4. Hindari Perhiasan Imitasi Berbahan Nikel

Dari sekian banyak bahan yang digunakan untuk perhiasan imitasi, nikel menjadi bahan yang paling sering memicu iritasi atau reaksi alergi. Jadi pastikan kamu memilih perhiasan imitasi yang bebas nikel, atau sesuai rekomendasi dokter yang kamu miliki.

5. Tidak Dipakai Tiap Hari

Tentu perhiasan imitasi tidak direkomendasikan untuk dipakai setiap hari. Selain karena bisa lekas memudar, juga karena tingginya risiko iritasi atau alergi yang mungkin muncul dari kontak dengan kulit yang terus menerus.

Kenali Gejala Alergi yang Muncul karena Perhiasan Imitasi

Sumber: freepik.com

Seperti reaksi alergi pada umumnya, alergi yang dipicu perhiasan imitasi bisa datang dalam berbagai bentuk dan sensasi. Gejala ini bisa muncul di bagian tempat kamu memakai perhiasan tersebut, dan mungkin juga muncul di berbagai titik lain.

Reaksi alergi yang paling umum tentu adalah rasa gatal pada kulit, kulit menjadi merah, hingga bahkan terluka ketika digaruk. Belum lagi gejala lain seperti ruam dan iritasi, rasa terbakar pada bagian yang menggunakan perhiasan, hingga pada titik ekstrim adalah anafilaksis ketika reaksi alergi yang diberikan tubuh berlebihan.

Anafilaksis sendiri adalah kondisi reaksi alergi parah yang bisa membahayakan jiwa karena menurunkan tekanan darah, risiko hilangnya kesadaran, dan beberapa gejala parah lain yang perlu penanganan cepat oleh petugas medis.

Ketika Gejala Muncul, Ini Langkah yang Bisa Kamu Lakukan

Sumber: freepik.com

Setelah tahu langkah pencegahan agar perhiasan imitasi tidak gatal saat digunakan, kamu juga perlu tahu langkah pertolongan awal yang tepat ketika gejala alergi terlanjur muncul. Langkahnya sederhana, tapi harus kamu lakukan dengan cermat.

Kamu bisa menggunakan obat-obatan anti alergi untuk meredakan gejala yang muncul ini. Obat seperti antihistamin atau Cetirizine bisa jadi obat yang tepat, karena mudah ditemukan dan bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala alergi ringan hingga sedang.

Jika kondisi alergi yang dialami semakin mengganggu dan tidak lagi bisa diatasi dengan pertolongan pertama ini, maka berkunjung ke dokter akan jadi langkah terbaik yang bisa dilakukan. Tentu saja, melepaskan perhiasan imitasi harus dilakukan sebagai hal pertama ketika gejala alergi muncul agar tidak semakin parah.

 

Beberapa tips agar perhiasan imitasi tidak gatal ketika digunakan di atas semoga memberikan informasi yang berguna. Langkah pencegahan akan jadi langkah terbaik, namun menyediakan obat yang tepat dengan kandungan cetirizine juga jadi antisipasi yang diperlukan agar gejala alergi tidak semakin parah. Temukan obat dengan kandungan cetirizine di sini, dan semoga alergi yang dialami tidak semakin parah!