8 Bahan Alami sebagai Cara Mengatasi Gatal Alergi pada Kulit

  Selasa, 21 Mei 2024 | 04:03 WIB
   TEAM PROSIX
cara-mengatasi-gatal-alergi_Zyy.png

Sumber: Freepik

Hampir semua orang pernah mengalami gatal-gatal pada kulit. Namun kondisi ini sering disepelekan dan sebagian orang mengabaikan cara mengatasi gatal alergi dengan pengobatan yang tepat.  

Kulit gatal-gatal bisa disebabkan karena banyak hal, seperti gigitan serangga, alergi makanan, stres, penyakit eksim, hingga psoriasis.

Jika kamu sedang mengalami gatal alergi, ada beberapa pilihan cara mengatasi gatal alergi dengan pengobatan alami yang bisa dipertimbangkan. Namun perlu dicatat bahwa pengobatan alami ini mungkin tidak akan cocok untuk semua orang dan harus ditangani dengan obat resep dokter.  

Berikut adalah beberapa macam pengobatan alami yang bisa coba kamu terapkan untuk mengatasi gatal alergi.

Cara Mengatasi Gatal Alergi dengan Macam-Macam Obat Alami 

1. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera telah dikenal lama berkat khasiatnya untuk menyembuhkan masalah kulit, termasuk gatal-gatal. Gel tanaman ini mengandung zat anti radang, antimikroba, serta senyawa steroid, sehingga efektif dijadikan obat gatal. 

Selain menghilangkan rasa gatal pada kulit, lidah buaya memiliki efek mendinginkan yang nyaman untuk kulit yang sedang bermasalah. 

Kamu bisa mengoleskan gel alaminya secara langsung ke kulit yang gatal atau bisa memakai produk gel atau krim yang dibuat dari lidah buaya.

2. Memakai Madu

Pilihan cara mengatasi gatal alergi dengan obat alami berikutnya adalah pemakaian madu. Madu yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba ini dikenal manfaatnya untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan melawan bakteri.

Kamu bisa mengoleskan sedikit bahan alami yang sangat mudah didapatkan ini langsung ke area kulit yang gatal. Selain mengurangi gatal, madu dapat membantu menenangkan kulit yang meradang.

3. Mandi dengan Oatmeal

Oatmeal dapat menenangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan rasa gatal. Tambahkan oat yang sudah digiling halus ke dalam bak mandi air hangat dan berendam selama 15-20 menit. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan produk oatmeal koloidal yang tersedia di toko atau apotek terdekat. 

4. Quercetin

Quercetin merupakan flavonoid alami yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti apel, bawang bombay, dan buah jeruk. Bahan alami ini dikenal karena potensi sifat anti-alerginya yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan. 

Selain didapat dari bahan alami, kamu bisa mendapatkan suplemen quercetin di toko makanan kesehatan terdekat.

5. Mengoleskan Minyak Mentol

Minyak mentol juga dapat digunakan sebagai obat oles alami untuk menghilangkan gatal alergi pada kulit. Dilansir dari Medical News Today, minyak mentol mempunyai efek mendinginkan serta membantu meredakan rasa sakit dan gatal.

Sumber: freepik.com

6. Essential Oils

Beberapa jenis essential oil, seperti lavender, chamomile, dan tea tree oil, memiliki sifat anti inflamasi dan menenangkan kulit.

Cara mengaplikasikannya dengan mengencerkan beberapa tetes essential oil dengan carrier oil (seperti minyak kelapa dan jojoba oil), lalu oleskan pada area yang gatal. Sebelum dioleskan, lakukan uji tempel untuk memastikan kulit tidak sensitif terhadap kandungan essential oil.

7. Baking Soda

Baking soda atau pasta soda kue dapat membantu meredakan gatal alergi pada kulit. Caranya dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air untuk membuat pasta, lalu oleskan ke area kulit yang gatal. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas. 

8. Cuka Sari Apel

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi rasa gatal alergi adalah dengan mengoleskan cuka apel. Kandungan asam asetat di dalamnya telah digunakan selama ribuan tahun sebagai bahan alami disinfektan dan antiseptik untuk mengobati luka.

Cara mengoleskannya cukup mudah, dengan mencampur cuka apel dan air bersih dengan perbandingan 1:1. Oleskan larutan cuka apel ke kulit dan biarkan sampai kering, baru bilas dengan air hangat.

Penting untuk diingat bahwa cuka apel dapat mengakibatkan iritasi pada luka terbuka. Maka hindari untuk mengoleskan larutan ini pada kulit yang pecah-pecah atau berdarah. 

Jika beragam cara mengatasi gatal alergi dengan obat alami sudah kamu coba namun belum menunjukkan hasil, cobalah untuk mengonsumsi obat anti alergi golongan antihistamin, kortikosteroid, maupun Cetirizine Hydrochloride. 

Jika kamu mengalami gatal-gatal alergi pada kulit, segera hindari zat pemicunya dan langsung periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis. Konsumsi obat mengatasi alergi yang bisa didapatkan di apotek terdekat maupun secara online.