Kenali Tanda Tanda Alergi Obat Ini Serta Tips Menanganinya

  Jumat, 06 September 2024 | 05:17 WIB
   Team Prosix
kenali-tanda-tanda-alergi-obat-ini-serta-tips-menanganinya_oYa.jpg

Bicara soal alergi obat, kamu perlu memahami bahwa gejalanya akan berbeda dengan efek samping obat atau karena dosis obat yang terlalu banyak. Selain terjadi pada obat yang bebas dibeli di apotek, alergi obat juga bisa terjadi saat mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter dan obat herbal. Untuk itu, penting sekali mencermati tanda-tanda alergi obat, cara mengenali, dan tips menanganinya.

Sebelum masuk dalam daftar tanda tanda alergi obat yang sebenarnya, perlu diketahui juga bahwa reaksi yang muncul setelah mendapatkan obat tertentu bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain selain alergi obat. Selain efek samping, kondisi ini juga bisa terjadi karena seseorang lebih sensitif terhadap kandungan tertentu dalam obat dibanding orang pada umumnya sehingga menimbulkan keluhan kesehatan lain yang mirip dengan alergi obat. Salah satu kandungan obat yang banyak tercatat menyebabkan reaksi adalah aspirin, baik yang alami dari tumbuhan maupun yang buatan (sintetis).

Sedangkan pada kasus alergi obat, seseorang memiliki jenis imunoglobulin E (Ig E) yang menganggap bahwa kandungan obat tertentu berbahaya bagi tubuh. Ketidaknormalan sistem imun ini membuat tubuh memproduksi histamin dan efek dari histamin adalah gangguan kesehatan yang sering disebut sebagai gejala alergi.

Tanda-Tanda Alergi Obat

Dengan memahami penjelasan di atas, alergi obat memang cukup sulit diidentifikasi secara kasat mata. Kecuali pemilik kondisi ini telah menjalani rangkaian tes alergi di bawah pengawasan dokter atau imunolog. Meskipun begitu, tanda tanda alergi obat di bawah ini bisa membantu kamu lebih waspada.

  1. Kulit mengalami ruam dan gatal
  2. Mual dan muntah
  3. Diare atau konstipasi
  4. Kelelahan fisik berlebih
  5. Pusing
  6. Pandangan kabur
  7. Penyempitan saluran pernapasan dan tenggorokan sehingga sulit bernapas
  8. Kram pada perut
  9. Tekanan darah menurun drastis
  10. Gemetar
  11. Kehilangan kesadaran

Sebagai catatan tambahan, gejala ringan (nomor 1-6) umumnya akan muncul beberapa jam bahkan beberapa hari setelah terpapar obat. Sedangkan untuk gejala berat (nomor 7-11) akan muncul kurang dari 1 jam setelah mengkonsumsi obat. Karena gejala berat bisa mengarah pada anafilaksis dan mengancam jiwa, penderita harus segera dilarikan ke klinik atau rumah sakit terdekat.

Baca Juga: Sederet Gejala Alergi Obat yang Sering Muncul, Kenali Segera! 

Cara Mengenali Alergi Obat

tanda tanda alergi obat

Image by freepik

Cara paling mudah untuk mengenali alergi obat adalah dengan membedakannya dengan efek samping obat. Sehingga pastikan untuk selalu membaca dan memahami informasi efek samping suatu obat dari kemasannya, terutama jika obat dibawa pulang. Jangan ragu menanyakan informasi ini kepada dokter atau apoteker jika obat yang diberikan menggunakan kemasan selain kemasa asli dari produsen.

Sedangkan untuk cara yang paling akurat adalah dengan bantuan tes alergi seperti yang sempat disinggung di atas. Tes alergi dengan metode tes darah akan membantu kamu mengetahui level imunoglobulin E (Ig E) dalam tubuh setelah terpapar kandungan obat. Tidak hanya mengetahui jenis obat secara detail, orang yang menjalani prosedur ini juga akan mendapat saran medis khusus. Termasuk mendapat penyesuaian rekam medis dan kartu identitas tertentu agar tenaga medis di fasilitas kesehatan lain hati-hati memberikan obat.

Tips Menangani Alergi Obat

Gejala ringan dari reaksi alergi obat bisa diredakan dengan obat antihistamin. Sifat obat ini adalah menekan produksi histamin sehingga meredakan peradangan yang ada. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter sehingga bisa menjadi solusi pertolongan pertama.

Namun jika gejala ringan tadi tidak hilang selama beberapa hari meski sudah mengonsumsi obat alergi, konsultasikan segera dengan dokter. Berlaku juga bila muncul gejala lain yang mengkhawatirkan seperti gangguan napas.

Referensi:

  • https://acaai.org/allergies/allergic-conditions/drug-allergies/
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8621-medication-allergies
  • https://www.allergyuk.org/resources/adverse-reactions-to-medicines-factsheet/ 

Featured Image - Photo by Polina Tankilevitch on Pexel