9 Persiapan dan Tips Traveling untuk Penderita Alergi

  Kamis, 11 Januari 2024 | 03:50 WIB
   Team Prosix
oktep16.1.jpg

Sumber: freepik.com

Di tahun 2024, cukup banyak jadwal libur nasional dan cuti bersama yang dapat kamu manfaatkan. Tapi bepergian atau traveling selalu menyisakan satu PR tersendiri untuk penderita alergi. Maka dari itu dibagikan beberapa tips traveling untuk kamu yang memiliki alergi, supaya tetap enjoy selama liburan.

Sebenarnya tidak banyak kok yang berbeda dari sisi persiapan selain memasukkan obat anti alergi ke dalam tas yang selalu kamu bawa. Untuk lebih jelasnya, berikut secara detail tips travelling yang bisa jadi acuan untuk kamu gunakan.

9 Persiapan Utama, Jangan Ada yang Terlewat!

Persiapan Anti Alergi

Sumber: freepik.com

Sebagai langkah persiapan awal, ini hal-hal yang harus kamu perhatikan dan tidak boleh dilewatkan.

  1. Pastikan mengemasi semua obat yang kamu perlukan, baik obat bebas atau obat yang diberikan oleh dokter. Masukkan ke penyimpanan yang mudah dijangkau setiap saat, dan yang selalu dibawa.
  2. Sebelum memilih hotel atau tempat tujuan traveling, coba pastikan lokasi rumah sakit terdekat jika sewaktu-waktu kamu perlu akses ke fasilitas kesehatan.
  3. Cermati polis asuransi yang kamu punya untuk bepergian. Akan lebih baik jika polisnya juga memberikan manfaat perawatan kondisi alergi.
  4. Pelajari kata ‘alergi’ di bahasa lokal tempat kamu berkunjung untuk memudahkan komunikasi dalam kondisi darurat.
  5. Gunakan tanda pengenal medis jika memang diperlukan. Biasanya penderita asma atau gejala alergi yang parah mengetahui apa tanda yang sebaiknya dipakai selama perjalanan.
  6. Simpan nomor telepon dokter kepercayaanmu, dan nomor telepon penting lain yang bisa diandalkan ketika gejala alergi menyerang dan diperlukan bantuan cepat.
  7. Pastikan pada dokter tentang risiko dan tindakan pencegahan spesifik yang harus dilakukan, atau hal-hal yang mungkin membuat alergi kambuh selama traveling.
  8. Jangan ragu untuk memeriksa kebijakan alergi di penerbangan atau perjalanan yang kamu pilih. Beberapa penyedia jasa memberikan fasilitas tertentu untuk membantu agar risiko gejala alergi dapat dikurangi.
  9. Jangan lupa juga untuk mengingat semua jenis pemicu yang bisa membuat gejala alergi muncul sehingga kamu bisa sesegera mungkin menghindari alergen atau hal-hal yang mungkin mengandung alergen secara tidak langsung.

Meski sederhana, tapi persiapan ini bisa membantu kamu mengurangi risiko pemicu alergi secara signifikan. Jadi perjalanan bisa tetap dinikmati tanpa harus khawatir adanya alergen yang tiba-tiba menyerang atau kontak dengan tubuh.

Tips Traveling untuk Penderita Alergi, Cermati Setiap Poinnya

Tips Anti Alergi Perjalanan

Sumber: freepik.com

Tips ini bisa dengan mudah disesuaikan dengan kondisi alergi yang kamu punya. Sebagai contoh jika kamu memiliki alergi makanan, maka tips yang bisa diberikan agar traveling berjalan lancar dan aman adalah sebagai berikut.

  • Buat kartu panduan makanan untuk ditunjukkan pada saat kamu akan membeli makanan. Daftar alergen bisa ditandai, sehingga penjaja makanan atau restoran bisa dengan mudah merekomendasikan makanan yang tidak mengandung alergen.
  • Jika memungkinkan, kamu bisa mengemas makananmu sendiri jadi risiko terjadinya kontaminasi alergen bisa sangat dihindari.
  • Pilih moda transportasi yang menyediakan menu aman untuk dimakan selama dalam perjalanan.
  • Jangan ragu tanyakan kebijakan atau fasilitas lain yang mungkin disediakan oleh penginapan terkait pemilihan makanan yang disediakan.
  • Sangat direkomendasikan memilih tempat singgah, baik itu kamar hotel, vila, atau lainnya, yang menyediakan fasilitas dapur. Dengan begini kamu bisa memasak sendiri makananmu dan terhindar dari alergi yang kambuh.
  • Jika berkunjung ke luar negeri yang punya aturan pelabelan makanan berbeda, pelajari dulu. Jangan sampai kamu ‘buta’ pada pengetahuan dasar ini dan memilih bahan makanan yang membuat alergimu kambuh.
  • Selalu bawa obat anti alergi atau pereda gejala alergi ke mana pun.
  • Bersihkan setiap tempat yang kamu singgahi, seperti kasur, kursi, atau lainnya, untuk menghindari kontak dengan alergen yang bisa memicu gejala muncul.

Mudah dan praktis bukan?

Itu tadi beberapa tips traveling yang bisa kamu jadikan acuan untuk bepergian, jika kamu memiliki kondisi alergi. Sederhana dan mudah dipraktikkan, sisanya hanya mengandalkan kecermatan dan ketelitianmu saja. Jangan lupa, selalu sediakan obat anti alergi yang dijual bebas dan bisa didapatkan di sini, atau obat lain yang direkomendasikan dokter. Semoga berguna!