Penyebab, Gejala & Cara Atasi Alergi Cuaca

  Senin, 13 November 2023 | 04:17 WIB
   Team Prosix
ep38.1.jpg

Sumber: Freepik

Perubahan cuaca yang tak menentu menjadi salah satu penyebab alergi pada seseorang. Tak hanya alergi terhadap hawa dingin saja, beberapa orang juga menunjukkan reaksi alergi saat terpapar cuaca panas. Gejala yang timbul pada orang dengan alergi cuaca bisa berbeda-beda, seperti bersin-bersin, pilek, atau merasakan sesak napas. 

Meskipun masuk ke dalam kategori musiman, tapi hal ini tidak boleh disepelekan. Lakukan langkah pengobatan yang tepat supaya gejala alergi bisa segera mereda. Simak informasi selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai habis ya!

Kenapa Tubuh Bisa Mengalami Alergi Cuaca?

Ada 4 faktor yang memicu seseorang mengalami alergi cuaca. Berikut ulasannya.

1. Cuaca Kering dan Berangin

Cuaca yang kering dan berangin umumnya bisa meningkatkan risiko gejala alergi. Angin adalah perantara utama yang bisa dengan mudah membawa debu, serbuk sari, dan zat alergen lainnya masuk ke dalam tubuh, terutama saat cuaca kering dan berangin.

2. Suhu Dingin

Alergi hawa dingin juga disebut dengan urtikaria dingin. Kamu mungkin akan merasakan beberapa gejala alergi saat terkena udara dingin atau berada di ruangan AC.

3. Cuaca Lembab

Kelembaban udara yang tinggi menjadi pemicu utama dari penyebaran spora jamur. Bahkan hujan deras juga mengakibatkan serbuk sari mudah meledak dan menyebarkan protein di dalamnya ke udara.

4. Cuaca Panas

Suhu panas juga menjadi penyebab munculnya alergi cuaca berikutnya yang harus diwaspadai. Tak hanya saat terkena udara panas saja, reaksi alergi juga bisa muncul saat kamu sedang berolahraga, memakai baju ketat, atau mandi dengan air panas.

Gejala Alergi Cuaca

Sumber: Freepik

Gejala yang dialami tiap-tiap orang yang memiliki riwayat alergi cuaca mungkin berbeda-beda. Berikut adalah beberapa gejala umum yang sering dirasakan penderitanya.

  1. Batuk 
  2. Pilek
  3. Bersin-Bersin
  4. Hidung tersumbat
  5. Sesak napas
  6. Mengi/napas bunyi
  7. Gatal-Gatal
  8. Mata berair
  9. Kulit kering
  10. Permukaan kulit bersisik
  11. Nyeri di kepala
  12. Kram perut

Cara Atasi Alergi Cuaca

Sumber: Freepik

Untuk meredakan gejala alergi akibat suhu dingin, panas, lembab, atau udara kering, dokter biasanya akan meresepkan beberapa obat berikut ini.

1. Antihistamin

Antihistamin bekerja dengan menurunkan kadar histamin dalam tubuh untuk meredakan gejala alergi.

2. Dekongestan

Jenis obat yang satu ini efektif untuk melegakan gejala alergi seperti sinus atau pembengkakan di hidung supaya memudahkan pernapasan.

3. Krim Kulit

Alergi cuaca juga bisa menimbulkan gatal-gatal, ruam, dan nyeri di kulit. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengoleskan krim kulit sesuai anjuran dokter.

4. Steroid Topikal

Bagi pasien dengan gejala alergi yang parah & meradang biasanya akan mendapatkan jenis obat seperti steroid topikal.

Alergi cuaca adalah alergi musiman yang bisa mengakibatkan munculnya reaksi alergi dari yang ringan hingga berat. Pastikan kamu mendapatkan pengobatan yang tepat agar gejala alergi segera mereda.