Apa Penyebab Alergi di Telapak Tangan? Atasi Pakai Cara Ini!

  Selasa, 25 Juni 2024 | 03:10 WIB
   TEAM PROSIX
apa-penyebab-alergi-di-telapak-tangan-atasi-pakai-cara-ini_ud-.jpg

Pernah mengalami gatal di telapak tangan? Jika iya, kamu harus tahu bahwa terkadang telapak tangan gatal diakibatkan oleh paparan berulang terhadap bahan-bahan yang menyebabkan iritasi atau bahan kimia lainnya yang menyebabkan reaksi alergi (dermatitis kontak). Reaksi alergi di telapak tangan ini mungkin akan muncul 48 hingga 96 jam setelah kontak dengan alergen.

Pada umumnya, alergen atau iritan meliputi logam seperti cincin, sarung tangan karet, sabun, desinfektan, antiseptik atau zat antibakteri, dan air berklorin tinggi. Namun, perlu diingat bahwa biasanya paparan berulanglah yang akan menyebabkan reaksi alergi muncul. Hal ini dikarenakan, setelah beberapa kali terpapar alergen maka tubuh baru mulai mengeluarkan histamin penyebab gatal yang mengiritasi kulit.

Gejala alergi di telapak tangan bisa bervariasi dari ringan hingga parah, tergantung pada individu dan penyebab alergi itu sendiri. Beberapa gejala umum yang mungkin muncul pada alergi di telapak tangan melibatkan reaksi kulit seperti kemerahan, gatal-gatal, pembengkakan, bintik-bintik atau ruam, sensasi terbakar atau panas, kulit pecah-pecah atau mengelupas, noda atau perubahan warna kulit, hingga nyeri atau ketidaknyamanan pada area yang terkena alergi.

Faktor Penyebab Alergi di Telapak Tangan

alergi di telapak tangan

Alergi di telapak tangan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kontak langsung dengan alergen atau iritan tertentu. Beberapa kemungkinan penyebab alergi di telapak tangan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kontak dengan Bahan Kimia

Paparan secara langsung dengan bahan kimia seperti deterjen, sabun, pembersih, atau bahan-bahan berbasis kimia lainnya dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit, termasuk di telapak tangan.

2. Kontak dengan Logam

Beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi terhadap logam tertentu, seperti nikel atau kromium. Logam ini sering kali ditemukan dalam perhiasan, gesper ikat pinggang, atau bahan-bahan lain yang bersentuhan dengan kulit.

3. Alergi Makanan atau Zat Tertentu

Makanan atau zat tertentu juga dapat menyebabkan reaksi alergi saat bersentuhan dengan kulit tangan. Misalnya, beberapa orang bisa mengalami reaksi terhadap lateks, yang umumnya ditemukan dalam sarung tangan karet.

4. Reaksi terhadap Produk Perawatan Pribadi

Penggunaan produk perawatan pribadi seperti krim, lotion, atau parfum yang mengandung bahan-bahan tertentu juga dapat menyebabkan reaksi alergi di telapak tangan.

5. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan jenis reaksi kulit yang terjadi setelah bersentuhan dengan suatu zat tertentu. Ini juga bisa menyebabkan kemerahan, gatal-gatal, bengkak, atau perubahan tekstur kulit di telapak tangan.

6. Alergi Udara atau Polutan

Paparan udara yang mengandung alergen seperti serbuk sari, debu, ataupun polutan tertentu juga dapat memicu reaksi alergi pada kulit.

Cara Mengatasi Alergi di Telapak Tangan

alergi di telapak tangan

Mengatasi alergi di telapak tangan tentunya memerlukan langkah-langkah untuk menghilangkan atau mengurangi kontak dengan alergen dan merawat kulit supaya gejalanya bisa membaik. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi alergi di telapak tangan:

  1. Langkah pertama, cobalah untuk mengidentifikasi bahan atau zat yang menyebabkan reaksi alergi di telapak tangan. Ini akan membantu kamu menghindari kontak dengan alergen tersebut di masa yang akan datang.

  2. Setelah mengidentifikasi alergen, berusahalah untuk menghindari kontak langsung dengan bahan atau zat tersebut. Misalnya, jika lateks bisa menyebabkan reaksi, maka gunakan sarung tangan alternatif yang tidak mengandung lateks.

  3. Pada saat berurusan dengan bahan kimia atau zat-zat lain yang dapat menyebabkan alergi, sebaiknya kenakan sarung tangan pelindung untuk melindungi kulit tangan kamu.

  4. Gunakan produk perawatan pribadi yang lembut dan bebas dari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Perhatikan pula kandungan bahan pada produk-produk yang kamu gunakan.

  5. Biasanya, dokter dapat meresepkan krim atau salep kortikosteroid topikal untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal pada telapak tangan. Penggunaan harus sesuai dengan petunjuk dokter, ya!

  6. Hindari menggaruk area tangan yang terkena alergi, karena ini dapat memperburuk iritasi dan menyebabkan luka atau infeksi.

  7. Gunakan pelembap yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan. Pilihlah pelembap yang bebas dari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi.

  8. Kompres dingin juga bisa membantu meredakan rasa gatal dan bengkak. Kamu bisa menggunakan kain bersih yang dibasahi air dingin dan tempelkan pada telapak tangan.

  9. Jika reaksi alergi disertai dengan gatal-gatal, maka kamu bisa konsumsi obat anti alergi seperti antihistamin oral untuk membantu meredakan gejala.

Apabila gejala alergi di telapak tangan terus berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli dermatologi untuk evaluasi lebih lanjut dan saran pengobatan yang lebih spesifik.

Sumber gambar: Freepik