Mengenali Apa Itu Biduran dan 5 Penyebabnya

  Selasa, 18 Juni 2024 | 03:26 WIB
   Team Prosix
mengenali-apa-itu-biduran-dan-5-penyebabnya_foQ.jpg

Sumber: freepik.com

Pernahkah kamu mengalami kondisi biduran, atau secara medis disebut dengan urtikaria? Kondisi ini banyak diidentikan dengan alergi yang dialami seseorang atau efek dari kulit yang terpapar suatu zat yang berbahaya. Tapi sebenarnya apa itu biduran?

Mengenal Apa Itu Biduran

apa itu biduran

Sumber: freepik.com

Biduran atau urtikaria sendiri adalah sebuah reaksi yang muncul pada kulit, dan tampak sebagai bilur berwarna merah atau putih yang cukup terlihat. Munculnya bilur atau tanda ini tidak jarang disertai rasa gatal yang cukup mengganggu, dan membuatmu ingin menggaruknya.

Biasanya urtikaria akan muncul di salah satu bagian tubuh saja. Tapi ketika dibiarkan dan tidak melakukan perubahan apa pun, biduran bisa muncul di berbagai bagian kulit lain dan terus menyebar hingga ke seluruh tubuh.

Cukup banyak hal yang menjadi penyebab dari kondisi ini, dan memang salah satunya adalah alergi. Tapi jika dilihat lebih seksama, tidak semua biduran muncul karena alergi. Biduran menjadi salah satu tanda yang diperlihatkan tubuh saat ia mengalami alergi.

Bentuknya Seperti Apa?

apa itu biduran

Sumber: freepik.com

Seperti yang disampaikan di bagian awal tadi, biduran akan muncul dengan bentuk bentul, ruam, atau bilur kemerahan atau putih yang disertai rasa gatal. Bentuknya tidak seperti gigitan serangga, tapi lebih seperti satu blok yang berbentuk acak tanpa pola yang jelas.

Pada banyak kasus, biduran hanya terjadi selama beberapa jam saja. Tapi ketika hal ini menjadi lebih parah, seperti biduran kronis dan akut misalnya, akan bertahan lebih lama. Biduran akut berlangsung kurang dari 6 minggu, sedangkan biduran kronis akan berlangsung lebih dari itu.

Cermati Penyebabnya, Bedakan dengan Alergi

apa itu biduran

Sumber: freepik.com

Setelah mengenal apa itu biduran, selanjutnya yang juga penting untuk kamu ketahui adalah apa saja faktor risikonya. Setelah sedikit disinggung mengenai salah satu gejala alergi, berikut beberapa faktor risiko lain yang juga harus diwaspadai.

1. Mengalami Angioedema

Angioedema sendiri merupakan pembengkakan pada lapisan kulit yang lebih dalam, yang umum terjadi di bagian mata, bibir, hingga alat kelamin. Kondisi ini juga memunculkan biduran sebagai salah satu tandanya.

2. Berbagai Jenis Alergi

Biduran juga dapat muncul sebagai reaksi atas pelepasan histamin oleh tubuh, guna melawan alergen yang terdeteksi bersentuhan atau masuk ke dalam tubuh. Beberapa alergi yang umum dialami di antaranya adalah alergi makanan, alergi obat, alergi suhu, alergi serbuk sari, hingga kontak langsung dengan beberapa bahan yang memang diketahui sebagai alergen.

3. Gigitan Serangga

Meski tidak sering, tapi beberapa gigitan serangga bisa jadi pemicu munculnya kondisi ini. Serangga-serangga seperti lebah, nyamuk, hingga semut. Sebenarnya gigitan serangga ini yang menjadi pemicu alergi, dan memunculkan kondisi ini.

4. Berada dalam Kondisi Stres

Jangan salah, biduran atau urtikaria tidak hanya terjadi karena gangguan kesehatan fisik saja, tapi juga bisa dipicu karena keadaan psikis yang kurang baik. Stres dan kecemasan berlebih bisa membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi, dan reaksi ini bisa saja muncul.

5. Punya Riwayat Urtikaria

Penyebab lain kenapa biduran bisa muncul adalah karena adanya riwayat urtikaria atau alergi yang dimiliki oleh seseorang di dalam keluarganya. Alergi bisa menurun ke generasi berikutnya, sama halnya dengan biduran.

Kesimpulannya, biduran bukan hanya disebabkan oleh alergi, tapi bisa dipicu oleh hal lain. Tapi salah satu gejala alergi yang paling umum muncul adalah biduran. Untuk memastikannya jelas kamu perlu berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan mendalam.

 

Sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa itu biduran? Jika benar hal ini menjadi gejala dari alergi, sebenarnya kamu bisa menggunakan obat dengan kandungan cetirizine yang dikenal ampuh untuk meredakan berbagai gejala alergi yang muncul. Jadi pastikan dengan memeriksakan diri ke dokter, dan ketahui dengan pasti apa penyebab biduran yang kamu alami ini.