Alergi Apa yang Menyebabkan Bentol pada Kulit? Simak di Sini!

  Senin, 19 Agustus 2024 | 08:05 WIB
   Team Prosix
alergi-apa-yang-menyebabkan-bentol-pada-kulit-simak-di-sini_9ek.jpg

Sumber: freepik.com

Banyak gejala alergi yang bisa muncul ketika kamu mengalami kondisi ini. Salah satu gejala yang paling umum mungkin adalah bentol pada kulit. Tapi sebenarnya alergi apa yang menyebabkan bentol pada kulit ini? Apakah semuanya?

Kondisi kulit bentol sendiri adalah sebuah respons dari tubuh akan suatu hal. Sebenarnya bentol yang muncul tidak selalu dipicu alergi, tapi ada beberapa hal lain yang bisa memicunya. Untuk itu, ada baiknya kamu paham benar tentang hal ini.

Alergi Apa Saja yang Menyebabkan Bentol pada Kulit?

Sumber: freepik.com

Secara garis besar, terdapat sederet alergi dan penyebab yang dapat memicu munculnya bentol pada kulit. Jika bentol yang muncul berjumlah banyak dan di suatu area tubuh tertentu, maka hal ini disebut biduran atau urtikaria.

Beberapa alergi yang memicu bentol pada kulit antara lain adalah sebagai berikut:

  • Alergi makanan, bisa jadi alergi seafood, alergi telur, alergi kacang, dan lain sebagainya.

  • Alergi obat, menjadi salah satu kasus yang cukup banyak ditemui di Indonesia, dan dipicu oleh kandungan tertentu dalam obat yang dikonsumsi.

  • Alergi serangga atau terkena gigitan serangga yang juga dapat memicu produksi histamin berlebih.

  • Terjadi kontak langsung dengan pemicu alergi lain, seperti misalnya bulu binatang, bahan lateks, serbuk sari, kotoran pada debu, dan lain sebagainya.

Selain beberapa jenis alergi di atas, ada juga beberapa pemicu lain yang bukan dari kondisi alergi. Bentol bisa jadi muncul karena dipicu oleh penyakit lupus atau autoimun, stres berlebih dan berkepanjangan, hingga paparan bahan kimia yang dapat memicu reaksi-reaksi dari tubuh.

Penting untuk tahu apa pemicu bentol atau urtikaria ini, sebab akan menentukan bagaimana langkah penanganannya agar tidak sampai menjadi hal yang lebih serius atau lebih berbahaya. Jika kamu sudah mengetahui benar kondisi alergi yang diderita, maka penanganannya akan jauh lebih mudah.

Cara Penanganan Bentol yang Muncul

Sumber: freepik.com

Tentu cara terbaik agar terhindar dari bentol alergi adalah dengan menjauhkan alergen. Tapi jika terlanjur terjadi, beberapa cara sederhana ini bisa membantumu agar tidak terlalu terganggu dengan bentol alergi, dan segera meredakannya.

1. Minum Obat Anti Alergi

Banyak obat anti alergi yang bisa menjadi solusi. Obat dengan kandungan antihistamin, cetirizine, atau loratadine, dapat menjadi solusi untuk urusan ini agar tidak menjalar menjadi kondisi yang lebih parah.

Pada dasarnya obat-obatan yang disebutkan tadi akan menghambat hormon histamin yang dilepaskan tubuh sebagai respons alami alergi. Dengan demikian reaksi alergi yang muncul akan dapat diredakan atau dihilangkan.

2. Lotion Calamine

Solusi lain yang dapat digunakan adalah lotion calamine atau bedak salicyl. Dua cara ini bisa meringankan rasa gatal untuk sementara waktu.

3. Obat Kortikosteroid

Obat ini cukup ampuh ketika gatal alergi yang muncul sudah terlalu mengganggu, namun wajib dengan anjuran dokter karena termasuk obat yang cukup keras. Konsultasikan dengan dokter sebelum kamu menggunakannya.

4. Kompres Dingin

Kompres dingin juga menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi bentol atau biduran karena alergi. Rasa nyaman akan bisa didapatkan, sekaligus mengurangi rasa gatal yang muncul dari bentol-bentol ini.

5. Berobat ke Dokter

Langkah terakhir yang bisa diberikan sebagai rekomendasi jelas adalah berobat ke dokter. Langkah ini dapat dilakukan kapan pun, namun sangat direkomendasikan ketika gatal dan bentol yang dialami sudah sangat mengganggu atau membawa dampak buruk untuk kesehatan.

Jangan ragu mengunjungi dokter agar kamu mendapatkan solusi terbaik atas kondisi yang kamu alami ini.

 

Itu tadi sekilas tentang informasi alergi apa yang menyebabkan bentol pada kulit. Tentu sangat dianjurkan agar kamu bisa memastikan kondisi alergi apa yang dialami, sehingga dapat melakukan pencegahan. Ada baiknya kamu menyediakan obat dengan cetirizine sebagai pertolongan pertama supaya bentol yang muncul bisa segera diatasi. Semoga berguna!