Apa Saja Program Capres di Bidang Kesehatan? Cek Yuk!

  Senin, 10 Juni 2024 | 06:53 WIB
   TEAM PROSIX
program-capres_WJC.jpg

Apa Saja Program Capres di Bidang Kesehatan? Cek Yuk!

Sumber: Freepik

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa pasangan capres dan cawapres telah mendaftarkan diri ke KPU untuk Pilpres 2024 mendatang. Ada tiga pasang capres-cawapres yang maju dengan visi dan misi, serta berbagai program yang bisa diakses publik. Mulai dari pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Sederet program capres, salah satunya adalah di bidang kesehatan. Kira-kira, apa saja program capres di bidang kesehatan? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Program Capres di Bidang Kesehatan

Sumber: Freepik

Kesehatan memang menjadi isu krusial yang akan diangkat dalam visi-misi dari ketiga pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Pasalnya, isu kesehatan harus dihadapkan dengan berbagai tantangan, mulai dari masih terbatasnya akses terhadap pelayanan kesehatan hingga penyakit menular dan tidak menular.

Prabowo-Gibran membawa visi yang mirip seperti Presiden Jokowi, yaitu “Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045”, sementara Anies-Cak Imin mengusung visi “Indonesia Adil Makmur untuk Semua” dengan total 8 misi utama. Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud mempunyai visi “Menuju Indonesia Unggul - Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari”.

Dari visi itu, mereka memiliki berbagai program untuk kemajuan bidang kesehatan. Berikut ini adalah program masing-masing capres-cawapres di bidang kesehatan yang berhasil dirangkum:

1. Program Capres: Prabowo-Gibran

Pasangan Prabowo-Gibran mengusung program pemberian makan siang dan susu gratis untuk siswa di sekolah dan pesantren. Keduanya juga membawa Gerakan EMAS, yaitu Emak-emak dan Anak-anak Minum Susu. Program-program kesehatan ini berkaitan dengan misi menurunkan angka stunting.

Jika terpilih, pasangan ini akan membangun rumah sakit lengkap berkualitas di kabupaten. Tidak hanya meningkatkan layanan BPJS Kesehatan, Prabowo-Gibran juga berjanji akan menurunkan hingga menghapuskan bea masuk alat kesehatan yang belum bisa diproduksi dalam negeri.

2. Program Capres: Anies-Imin

Pasangan ini memiliki lebih dari 20 program terkait kesehatan, di mana program-program itu dijabarkan dalam “Misi 5: Mewujudkan Manusia Indonesia yang Sehat, Cerdas, Produktif, Berakhlak, serta Berbudaya”. Keduanya berfokus pada kesejahteraan tenaga kesehatan, memenuhi gizi seimbang untuk ibu dan anak, menurunkan prevalensi stunting, hingga perbaikan layanan kesehatan.

Anies-Imin juga memiliki program terkait kesehatan mental, di antaranya adalah penguatan peran konselor di perguruan tinggi, menyediakan layanan konseling gratis, hingga menambah ruang publik sebagai ruang ekspresi masyarakat. Mereka juga memiliki program penyediaan tempat penitipan anak berbasis komunitas.

3. Program Capres: Ganjar-Mahfud

Jumlah program-program terkait kesehatan yang ditawarkan oleh pasangan Ganjar-Mahfud memang tidak sebanyak Anies-Imin. Dalam misi yang pertama, yaitu “Mempercepat Pembangunan Manusia Indonesia Unggul yang Berkualitas, Produktif, dan Berkepribadian”, Ganjar-Mahfud menekankan mengenai kesehatan jiwa raga.

Selain soal perbaikan layanan kesehatan dan ketersediaan dokter di tiap Puskesmas, keduanya juga membuat program penguatan kesehatan mental. Di antaranya adalah penyediaan nomor darurat 24 jam seminggu bebas biaya untuk konsul kesehatan jiwa hingga penyediaan pos-pos konseling di kampus dan Puskesmas.

Itulah beberapa ulasan mengenai program capres di bidang kesehatan yang menarik untuk disimak. Indonesia saat ini memang tengah dihadapkan pada berbagai tantangan kompleks di bidang kesehatan untuk mewujudkan tujuan Indonesia Emas 2045. Permasalahan ini mulai dari tenaga kesehatan, pengendalian penyakit menular, hingga pelayanan kesehatan yang belum merata.

Sebagai masyarakat umum, kita juga harus peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang-orang sekitar. Jika mendapati diri sendiri dan orang terdekat mengalami keluhan penyakit tertentu, jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis. Termasuk jika mengalami reaksi alergi, kamu bisa mengandalkan obat anti alergi yang bisa ditemukan di apotek terdekat.