Punya Peliharaan Di Rumah? Awas Terkena Batuk Alergi

  Rabu, 22 November 2023 | 05:19 WIB
   Team Prosix
ep53.1.jpg

Sumber: Benzoix, freepik

Sering merasa sesak dan tiba-tiba batuk jika berdekatan dengan binatang peliharaan? Awas, bisa jadi kamu terkena batuk alergi.

Batuk dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama jika batuk tersebut disebabkan oleh alergi yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, kamu pastinya perlu tahu apa saja yang bisa menyebabkan batuk alergi, apa saja penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Jenis Alergi yang Menyebabkan Batuk

Ada banyak jenis alergi, tetapi beberapa di antaranya lebih cenderung menyebabkan masalah pernapasan. Inilah jenis alergi yang menyebabkan batuk.

  • Alergi bulu hewan.
  • Alergi serbuk sari.
  • Alergi spora dari jamur.
  • Alergi debu.

Ciri-Ciri Batuk Alergi

Sumber: drobotdean, freepik

Batuk ini terjadi karena adanya respons sistem imun terhadap pemicu (alergen) alih-alih adanya infeksi virus. Batuk ini merupakan salah satu gejala dari rhinitis alergi.

Mengutip situs American College of Allergy, Asthma and Immunology (ACAAI) Berikut ciri-ciri batuk alergi yang bisa Anda amati.

  • Batuk kering berlangsung selama lebih dari tiga minggu.
  • Muncul pada musim atau cuaca tertentu.
  • Mata merah dan berair.
  • Lingkar hitam di bawah mata.
  • Bersin-bersin disertai hidung meler atau tersumbat.
  • Sakit kepala.
  • Sementara itu, jenis batuk biasa umumnya terjadi dalam waktu singkat dan bisa sembuh dalam waktu 2-3 minggu.
  • Selain itu, ada lendir atau dahak yang muncul saat batuk biasa. Kamu juga mungkin mengalami menggigil, nyeri otot, dan demam lebih dari 38 °Celcius.
  • Terkadang, batuk ini sulit dibedakan dengan asma. Pasalnya, asma juga sering diikuti dengan batuk-batuk. Namun, kamu perlu mengetahui bila batuk pada asma sering diikuti dengan napas pendek, dada sesak, dan napas berbunyi atau mengi.

Cara Mencegah Batuk Alergi

Sumber: benzoix, freepik

Selain menggunakan obat, ada cara untuk menghindarinya. Berikut beberapa yang bisa kamu coba.

1. Ketahui Pemicu Alergi

Kamu bisa melakukan tes alergi di rumah sakit. Bila sudah memiliki riwayat alergi yang telah disebutkan di atas. Kemudian kamu juga wajib menghindari penyebab alergi sebisa mungkin.

2. Bersihkan Tempat Tinggal

AC atau gorden jendela yang kotor bisa menjadi penyebab timbulnya batuk alergi. Pastikan untuk membersihkan rumah dan semua perangkat di dalamnya secara berkala.

Hindari memelihara binatang berbulu lebat atau membawanya masuk ke kamar. Bulunya bisa saja rontok di kasur dan terhirup saat tidur.

3. Gunakan Masker

Bila sedang melakukan aktivitas bersih-bersih atau berada di tempat berdebu, gunakan masker untuk mencegah debu masuk ke hidung. Jadi, hidung tidak meler dan membuat tenggorokan gatal.

4. Bersihkan Sela-Sela Hidung

kamu bisa mencoba menggunakan semprotan nasal atau irigasi hidung khusus berbahan air saline yang mengandung Natrium Klorida. Ini berguna untuk membersihkan debu atau alergen lain dari hidung.

5. Konsumsi Antihistamin

Obat alergi antihistamin oral (minum) merupakan pilihan pertama untuk meredakan batuk alergi. Obat ini bekerja dengan cara memblokir histamin agar tidak dilepas di pembuluh darah. Dengan mengonsumsi antihistamin, diharapkan batuk yang menyerang karena alergi bisa segera diatasi.

Pastinya batuk alergi bisa sangat mengganggu jika tidak secara cepat diatasi. Dengan mengenali gejala, penyebab, dan cara pencegahannya, diharapkan kamu bisa hidup lebih sehat dan tahu bagaimana cara mengantisipasinya jika hal tersebut harus terjadi.