Emang Boleh Makan Mie saat Gatal? Ini Pembahasan & Tipsnya

  Jumat, 21 Juni 2024 | 03:26 WIB
   Team Prosix
emang-boleh-makan-mie-saat-gatal-ini-pembahasan-tipsnya_YS_.jpg

Kulit gatal, ruam, bentol, hingga melepuh adalah beberapa gejala yang umumnya muncul saat terjadi reaksi alergi. Beberapa penanganan seperti minum obat alergi, menjaga kelembapan kulit, hingga menghindari menggaruk atau menggosok kulit yang gatal adalah langkah untuk menanganinya. Selain itu, menghindari makanan yang memicu alergi juga penting dilakukan. Salah satu jenis makanan yang sulit dipisahkan dari budaya makan kita adalah mie, baik itu berupa mie instan, mie ayam, mie yamin, dan lain-lain. Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah bolehkah makan mie saat gatal yang disebabkan alergi?

Bolehkah Makan Mie saat Gatal Akibat Alergi?

Jawabannya adalah tidak boleh apabila seseorang memiliki riwayat alergi gandum. Seseorang yang ayah dan ibunya memiliki riwayat alergi kulit eksim atau asma alergi, atau mengalaminya sendiri, akan memiliki risiko yang lebih tinggi memiliki alergi makanan termasuk alergi gandum.

Salah satu bahan dasar utama pembuatan mie adalah gandum yang diolah menjadi bahan baku siap pakai berupa tepung terigu. Gandum itulah yang berpotensi besar menyebabkan reaksi alergi berupa kulit gatal, gangguan pencernaan, hingga masalah sistem pernapasan.

Tepung terigu mengandung protein albumin, gliadin, globulin, dan gluten yang menjadi pemicu gatal-gatal. Selain mie, penderita alergi gandum juga perlu menghindari olahan lain yang menggunakan tepung terigu, seperti roti, pasta, gorengan, biskuit, keik, dan lain-lain.

Gejala Alergi Gandum

Reaksi kulit berupa gatal akibat makan mie atau gandum berbeda dengan reaksi pada orang yang menderita penyakit celiac. Jika pada penyakit celiac, seseorang yang makan mie atau olahan lain yang mengandung gluten akan mengalami masalah pencernaan seperti diare, sakit perut, hingga penurunan berat badan. Sedangkan pada pemilik alergi gandum, gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Biduran dan kulit ruam

  • Kram perut, mual, muntah, atau diare

  • Pilek, hidung tersumbat, dan bersin-bersin

  • Sakit kepala

  • Asma dan ada kemungkinan anafilaksis

bolehkah makan mie saat gatal

Tips Mengonsumsi Mie saat Gatal Akibat Alergi

Ada kalanya proses penyembuhan berlangsung lama dan/atau kamu benar-benar ingin makan mie. Salah satu tips dan solusi yang bisa dicoba semua orang adalah dengan membuat mie sendiri di rumah tanpa menggunakan tepung terigu. Selain mampu membantu proses penyembuhan gatal akibat alergi, membuat adonan mie sendiri juga menjadi alternatif pola makan yang jauh lebih sehat. Berikut ini adalah langkah membuat mie dari oatmeal untuk menghindarkan kamu dari tepung terigu.

  1. Siapkan oatmeal dengan menghaluskannya hingga membentuk tepung.

  2. Campurkan dengan bahan kering lain, yaitu tepung beras, tepung tapioka, dan garam.

  3. Kemudian masukkan air mendidih secara perlahan dan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan garpu. Usahakan air masih dalam keadaan panas.

  4. Aduk terus adonan sampai tidak terlalu panas sehingga bisa diuleni dengan tangan. Pastikan tekstur akhir adonan tidak lengket dan cenderung keras.

  5. Lalu pipihkan adonan hingga 2-3 mm kemudian iris memanjang membentuk mie dengan pisau.

  6. Rebus mie oatmeal selama 2-3 menit. Hindari mengaduk terlalu sering agar mie tidak patah. Mie oatmeal kamu sudah jadi dan siap diolah dengan bumbu, sayuran, dan protein favorit.

Solusi Gatal Akibat Alergi

Sama seperti jenis alergi lain, gatal akibat alergi gandum tidak boleh digaruk atau digosok. Hal ini untuk menghindari infeksi pada kulit. Untuk meredakan gejalanya, minum obat alergi dengan kandungan antihistamin yang bebas dijual. Jadi, kamu tidak perlu mencari resep dokter. Apabila gejala alergi gandum tidak segera sembuh dalam beberapa hari atau muncul gejala lain, segeralah memeriksakan diri untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Referensi:

  1. American College of Allergy, Asthma, & Immunology. Wheat. Diakses pada 2 Januari 2024 dari https://acaai.org/allergies/allergic-conditions/food/wheat-gluten/

  2. Rachael Ajmera. 2021. 8 Foods That May Cause Itching as an Allergic Reaction. Diakses pada 2 Januari 2024 dari https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-cause-itching#4.-Wheat