Rekomendasi 3 Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Umum

  Senin, 13 November 2023 | 05:01 WIB
   Team Prosix
ep.41.1.webp

Sumber: cottonbro studio, pexel.com

Gatal & bengkak pada permukaan kulit adalah beberapa bentuk reaksi alergi yang terjadi pada kulit. Jika kulit sudah mulai terserang gatal karena alergi, biasanya penderitanya akan tersiksa karena rasa gatal tersebut akan datang terus menerus. 

Reaksi alergi yang dialami setiap orang berbeda-beda, ada yang ringan namun ada juga yang dapat mengancam nyawa. Oleh karena itu reaksi alergi tidak dapat dianggap remeh dan harus segera ditangani.

Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba beberapa referensi obat alergi gatal yang umum dijual di Apotik.

Apa saja jenis obat alergi gatal di apotik yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengatasi alergi pada kulit? Yuk cek di bawah ini.

Referensi Obat Alergi Gatal di Apotik

1. Steroid

Salah satu obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi peradangan akibat alergi pada kulit adalah steroid atau kortikosteroid. Kortikosteroid adalah obat buatan manusia yang dibuat mirip dengan kortisol, yaitu hormon yang diproduksi kelenjar adrenal secara alami.

Dengan begitu, hormon kortisol yang berasal dari steroid ini akan membantu tubuh meringankan efek peradangan akibat alergi. Oleh sebab itu, kortikosteroid disebut cukup berguna dalam mengobati gejala alergi di kulit namun hanya untuk mengurangi peradangannya saja sehingga perlu dikombinasi dengan antihistamin.

Steroid terdiri atas berbagai varian, tetapi salah satu jenis yang sering digunakan untuk mengatasi alergi kulit yaitu salep atau krim kortikosteroid. Salep kortikosteroid dapat terserap dengan baik pada bagian kulit yang tipis, seperti wajah dan leher.

Karena steroid adalah golongan obat keras, maka tidak dapat dibeli bebas tanpa resep dokter.

2. Antihistamin

Sumber: Polina Tankilevitch, pexel.com

Saat kulit terpapar alergen, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan zat yang disebut histamin yang dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti kulit gatal dan ruam. 

Maka dari itu, antihistamin atau yang biasa dikenal awam sebagai obat alergi digunakan untuk memblokir kerja zat histamin sehingga gejala alergi yang ditimbulkan dapat diatasi dengan cepat.

Obat antihistamin terdiri dari 2 golongan yaitu golongan generasi 1 yang memiliki efek samping ngantuk dan golongan generasi 2 yang tidak menyebabkan ngantuk. Obat alergi yang umum dikenal dan dapat dibeli bebas tanpa resep dokter adalah Cetirizine Hydrochloride , Loratadine & Desloratadine yang merupakan antihistamin golongan generasi 2. 

3. Salep dari bunga Calendula

Sumber: Frenchy Addict

Salep ekstrak Calendula merupakan obat oles yang dibuat dari ekstrak bunga marigold (Calendula officinalis). Salep ini biasa dipakai untuk mengobati gatal di kulit akibat alergi.

Salep ini dipercaya memiliki sifat anti-jamur, anti-radang, dan anti-bakteri yang mungkin berguna untuk meredakan gatal alergi. Namun, perlu penelitian lanjutan untuk membuktikan apakah salep ini benar-benar ampuh tanpa efek samping atau tidak.

Sebelum menggunakan krim Calendula, Anda disarankan untuk tes kulit alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit krim ke kulit. Hal ini bertujuan untuk melihat kulit Anda bereaksi terhadap salep tersebut atau tidak.

Walaupun obat-obat di atas adalah obat yang umum dijual di Apotik namun untuk penggunaannya tetap disarankan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan di Apotik atau dokter apabila obat tersebut tidak dapat dibeli bebas. Yang terpenting adalah menghindari kontak dengan penyebab alergi adalah jalan terbaik agar terhindar dari alergi.