Tahukah Kamu Kenapa Alergi Dingin Susah Sembuh?

  Senin, 29 Juli 2024 | 02:53 WIB
   Team Prosix
tahukah-kamu-kenapa-alergi-dingin-susah-sembuh_B_2.jpg

Sumber: freepik.com

Jika kamu memiliki alergi pada cuaca dingin, pernahkah kamu berusaha menyembuhkannya dan tidak berhasil? Pertanyaan mengenai kenapa alergi dingin susah sembuh banyak diajukan penderita kondisi ini, sebab memang ketika kambuh cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Alergi dingin atau cold urticaria merupakan reaksi yang muncul ketika kulit seseorang terpapar sesuatu yang bersifat dingin dalam beberapa waktu. Sesuatu ini bisa berupa barang berbentuk fisik, atau udara yang suhunya rendah seperti ketika di pegunungan atau tempat dingin lain.

Kenapa Alergi Ini Sulit Disembuhkan?

Sumber: freepik.com

Alergi secara alami muncul ketika tubuh mendeteksi adanya zat atau sesuatu yang berbahaya untuk kesehatan mengalami kontak dengan tubuh. Sistem pertahanan diri yang ada di dalam tubuh ini terkadang tidak bisa dikontrol, dan salah melakukan identifikasi.

Lalu kenapa alergi dingin susah disembuhkan?

Karena pada dasarnya setiap alergi memang tidak bisa disembuhkan secara menyeluruh. Alergi menjadi kondisi bawaan yang dimiliki seseorang, dan bisa bertahan seumur hidupnya. Meski demikian pada beberapa kasus alergi yang dialami seseorang hilang seiring pertambahan usia, meski tidak diketahui apa penyebab pastinya.

Alih-alih berusaha melakukan upaya penyembuhan, kesadaran pada risiko alergi dingin justru harus ditingkatkan. Beberapa golongan orang memiliki risiko lebih besar pada alergi ini, antara lain:

  • Berusia dewasa muda, antara 18 hingga 25 tahun.

  • Punya masalah kesehatan tertentu, seperti hepatitis atau kanker.

  • Punya riwayat keturunan alergi dingin pada anggota keluarga.

Jika kamu termasuk golongan orang dalam poin di atas, maka kamu punya risiko lebih besar mengalami jenis alergi yang satu ini. Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang dengan kondisi alergi adalah disiplin dalam pencegahan dan segera mengatasi gejala yang muncul ketika alergi kambuh.

Setelah Terjawab Kenapa Alergi Jarang Kambuh, Ini Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Sumber: freepik.com

Seperti yang disebutkan di atas, langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk berhadapan dengan alergi ini adalah pencegahan dan pengobatan cepat ketika gejalanya muncul. Beberapa gejala yang mudah dideteksi dan terlihat adalah sebagai berikut.

  • Munculnya bentol kemerahan yang gatal di bagian kulit yang terkena paparan dingin.

  • Terjadi pembengkakan di area yang terpapar benda atau udara dingin.

  • Muncul rasa gatal yang disertai sensasi panas seperti terbakar.

  • Ukuran dan bentuk bentol yang beragam, dan bertahan hingga hitungan jam setelah paparan.

  • Ketika bentol ditekan, warnanya berubah pucat atau memutih.

Ketika gejala ini muncul, segera lakukan pengobatan yang disarankan oleh dokter. Hindari area atau benda dingin yang memicu alergi, dan konsumsi obat-obatan dengan kandungan antihistamin atau cetirizine yang dapat membantu meredakan gejala yang muncul ini.

Langkah Pencegahan

Selain mengonsumsi obat-obatan dan menghindari benda dingin yang memicu alergi, beberapa langkah pencegahan lain bisa kamu lakukan supaya alergi dingin tidak sampai kambuh.

  • Pertama, minum obat yang diresepkan oleh dokter sebelum terkena paparan dingin.

  • Perhatikan pola makan, dan hindari konsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin.

  • Lindungi kulit dari perubahan suhu mendadak dengan pakaian hangat.

  • Jika diperlukan, bawa suntikan epinefrin sebagai pertolongan pertama pada kondisi alergi parah dan risiko anafilaksis.

  • Jangan berhenti menggunakan obat yang sudah diresepkan dokter tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

  • Berikan informasi pada dokter yang dimiliki jika berencana melakukan operasi atau tindakan medis lain.

  • Beritahu teman atau orang terdekat pada kondisi yang kamu punya, agar dapat mengingatkan dan mencegah paparan alergen yang mungkin ada.

 

Menyadari alasan kenapa alergi dingin susah sembuh memang jadi satu fakta yang cukup pahit. Tapi setidaknya dengan deteksi cepat pada gejala, pengobatan yang tepat, dan langkah pencegahan yang dilakukan, kamu bisa mencegah alergi ini kambuh. Jangan lupa selalu bawa obat dengan kandungan Cetirizine untuk mengatasi gejala alergi ringan hingga sedang, yang bisa kamu dapatkan di sini. Semoga berguna, dan selamat beraktivitas!