Waspada Alergi Bedak, Cermati Gejala & Penanganannya

  Senin, 05 Agustus 2024 | 03:22 WIB
   Team Prosix
waspada-alergi-bedak-cermati-gejala-penanganannya_ydW.jpg

Sumber: freepik.com

Penggunaan kosmetik sebenarnya jadi hal yang lumrah demi meningkatkan kepercayaan diri dan tampil semakin prima. Banyak dari kosmetik ini yang kemudian bisa dikombinasikan. Tapi satu hal yang kamu harus waspada adalah reaksi alergi yang muncul, terlebih saat mencoba produk baru. Salah satu yang sering dirasakan adalah alergi bedak.

Sejatinya produk kosmetik yang beredar di pasaran jelas sudah melewati uji klinis dan percobaan pada berbagai risiko gangguan kesehatan yang bisa muncul. Tapi karena kondisi setiap orang bisa dikatakan unik, maka alergi bedak atau kosmetik lain bisa terjadi, karena kandungan yang ada di dalamnya.

Apa yang Terjadi Ketika Seseorang Mengalami Alergi Bedak?

Sumber: freepik.com

Bedak sendiri biasanya digunakan di seluruh permukaan wajah, sehingga gejala dan ciri alergi akan muncul paling jelas di area ini. Bisa jadi gejala dan ciri alergi muncul juga di area tangan, karena tangan juga mengalami kontak langsung dengan produk bedak yang digunakan.

Beberapa gejala dan ciri-ciri yang biasa muncul ketika seseorang mengalami alergi jenis ini adalah sebagai berikut.

  • Biduran, terjadi ketika kulit wajah bereaksi pada zat yang ada di dalam bedak dan bersifat alergen. Sensasinya bisa beragam, mulai dari panas, perih, rasa kesemutan, gatal, ruam, hingga bengkak.

  • Dermatitis kontak alergi, terjadi pada hampir 80% di kasus alergi kosmetik. Reaksi yang muncul bisa dirasakan antara 12 hingga 48 jam setelah pemakaian, dan dalam bentuk kulit kemerahan, bengkak, kulit gatal, dan muncul jerawat yang tidak normal.

  • Bengkak pada mata, di area mata sendiri bisa jadi terjadi pembengkakan dan ruam karena reaksi peradangan. Kondisi ni bisa bersifat ringan atau parah, bahkan menyebar ke pipi area atas.

  • Iritasi mata, iritasi biasanya disebabkan karena reaksi pada kosmetik seperti eyeliner atau maskara, tapi juga bisa terjadi karena penggunaan bedak dan membuat mata memerah.

Dampak yang Paling Terasa Ketika Mengalami Alergi Bedak

Sumber: freepik.com

Jelas ketika gejala alergi muncul, dampak paling terasa adalah ketidaknyamanan di area wajah. Dengan semua dampak yang bisa dirasakan, rasa tak nyaman ini akan membuat banyak agenda terganggu.

Di waktu yang sama bisa jadi penampilan yang kamu punya juga ikut terganggu. Bayangkan saja pembengkakan dan iritasi yang muncul di area wajah jelas tidak bisa dihilangkan secara instan dan harus menunggu hingga efek obat yang kamu konsumsi bekerja.

Dampak terbesar sebenarnya terjadi pada dua hal utama, yakni rasa tidak nyaman dan estetika wajah yang terganggu. Namun ketika gejala alergi sudah semakin parah, dampaknya bisa mengarah pada ancaman keselamatan karena reaksi anafilaksis yang berbahaya.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: freepik.com

Untuk cara mengatasinya kamu bisa menggunakan cara medis, yakni obat-obatan atau perawatan lain yang direkomendasikan dokter, atau cara alami, yakni dengan berbagai bahan alami yang dipercaya dapat meredakan gejala tersebut.

Tanpa mengesampingkan khasiat bahan alami yang bisa digunakan seperti lidah buaya, air mawar, minyak zaitun, mentimun, hingga kantung teh, cara medis dengan obat-obatan menjadi rekomendasi yang lebih ideal karena setidaknya telah memiliki kontrol ketat pada kandungan dan dosis penggunaannya.

Beberapa obat yang bisa digunakan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Krim dan salep steroid topikal ringan

  • Antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri sekunder

  • Krim yang bermanfaat melembapkan kulit yang kering

  • Obat antihistamin atau cetirizine yang bisa mengurangi gejala alergi yang dirasakan

Tentu, konsumsi obat-obatan ini juga sebaiknya berdasarkan rekomendasi dokter agar dapat diketahui dengan tepat jumlah dosis konsumsi dan takarannya. Jadi jangan ragu menghubungi dokter atau ahli kecantikan yang kamu percaya untuk membantu meredakan urusan ini.

 

Sekilas tentang alergi bedak di atas semoga bisa membantu kamu dalam penggunaan kosmetik yang tepat dan menyikapi alergi yang mungkin muncul. Semoga menjadi artikel yang berguna, dan selalu sediakan obat mengandung cetirizine sebagai pertolongan pertama dalam menghadapi alergi ringan hingga sedang yang muncul!