4 Cara Efektif Atasi Alergi Keringat, Cek di Sini!

  Rabu, 22 November 2023 | 04:34 WIB
   Team Prosix
ep52.1.jpg

Sumber: freepik.com

Alergi selalu datang dalam berbagai bentuk berbeda, dan bisa saja berasal dari hal yang justru dari diri sendiri. Misalnya saja alergi keringat, merupakan sebuah kondisi ketika tubuh berkeringat, yang notabene adalah mekanisme alami tubuh manusia.

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan kondisi ini bisa muncul? Bukankah alergi biasanya disebabkan karena hal yang berasal dari luar tubuh, dan diidentifikasi sebagai ancaman oleh sistem imun tubuh?

Nah untuk tahu lebih jauh, kamu bisa cermati penyebab, gejala, dan cara pengobatan alergi keringat dalam setiap poin berikut ini.

Pertama, tentang Penyebab Alergi Keringat

Sumber: freepik.com

Memang jika ingin disampaikan secara sederhana, alergi keringat disebabkan oleh keringat yang keluar dari pori-pori kulit ketika suhu tubuh meningkat. Pemicunya bisa dari olahraga, konsumsi makanan pedas, mandi air hangat, hingga paparan sinar matahari secara langsung.

Secara pasti tidak diketahui penyebab dari alergi keringat ini. Beberapa penelitian menyampaikan bahwa alergi ini bisa muncul karena berkaitan dengan respons dari sistem saraf di dalam tubuh. Pada penelitian lain, alergi keringat bisa terjadi saat peningkatan produksi histamin ketika suhu tubuh meningkat dan berkeringat. Histamin ini lalu melebarkan pembuluh darah, dan terbentuklah efek seperti biduran yang menjadi salah satu reaksi alergi paling umum.

Kedua, Gejala-Gejala yang Muncul pada Penderita Alergi

Sumber: freepik.com

Alergi keringat sendiri ditandai dengan munculnya ruam kemerahan yang terasa gatal dan nyeri. Di masyarakat Indonesia, hal ini juga biasa disebut dengan biduran. Namun berbeda dengan biduran yang umumnya muncul saat dingin, hal ini muncul saat tubuh berkeringat.

Biduran bisa dengan mudah muncul di berbagai bagian tubuh, tapi biasanya muncul paling intens di bagian tubuh yang mudah berkeringat. Pada kondisi normal, ruam kemerahan ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu kurang dari dua jam.

Meski demikian ada beberapa gejala yang tergolong berat dan sangat direkomendasikan untuk segera mengunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Beberapa gejala berat ini antara lain adalah diare, produksi air liur yang berlebihan, sakit kepala, tekanan darah menjadi rendah, jantung berdebar-debar dengan cepat, mengalami sesak napas, kram di bagian perut, dan mengalami mengi. Ketika gejala berat ini terjadi, sebaiknya jangan tunggu terlalu lama untuk langsung ke dokter.

Mengatasi Alergi Keringat yang Sudah Terjadi

Sumber: freepik.com

Tentu cara paling ideal untuk mencegah hal ini terjadi adalah tidak berkeringat. Namun nyatanya hal ini sulit dilakukan, karena pada dasarnya kita hidup di negara tropis. Beberapa cara berikut bisa coba kamu lakukan untuk mengatasi alergi keringat yang melanda.

1. Gunakan Es Batu untuk Mengompres

Es batu bisa membantu menurunkan suhu bagian kulit yang mengalami alergi. Masukkan es batu ke dalam kantong es atau kain, setelah itu kamu bisa menempelkannya ke bagian kulit yang memerah. Dalam waktu singkat alergi akan mereda dengan sendirinya.

2. Obat Alami, Lidah Buaya

Seperti yang diketahui banyak orang, lidah buaya bisa memberikan efek sejuk pada kulit dan menjaga kelembapannya. Bahan ini juga umum digunakan untuk meredakan gatal serta infeksi pada kulit. Cukup oleskan gelnya ke bagian yang mengalami gatal, dan tunggu hingga kering. Kamu bisa menggunakannya dua kali sehari untuk efek maksimal.

3. Bahan Lain yang Bisa Digunakan: Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga menjadi salah satu bahan alami pereda gatal karena peradangan alergi keringat. Tapi pastikan kamu tidak memiliki alergi pada minyak kelapa, karena ini justru bisa memperparah keadaan. Tinggal oleskan saja minyak kelapa ke bagian yang mengalami alergi, dan tunggu sejenak sampai bereaksi.

4. Konsumsi Obat yang Tepat

Konsumsi obat yang tepat bisa menjadi solusi terbaik untuk urusan ini. Beberapa obat dengan kandungan Cetirizine ampuh meredakan efek alergi yang muncul, dan bisa membantu kamu menghilangkan efek mengganggu dari alergi ini.

Obat yang tepat dengan kandungan Cetirizine akan menjadi solusi dari alergi keringat yang kamu alami. Jika kamu bingung mencari obatnya, kamu bisa klik di sini untuk langsung membeli obat tersebut secara online dan tinggal menunggunya di rumah. Tetap jaga kesehatan, dan selamat beraktivitas!