4 Gejala Umum saat Alergi Handbody, Pernah Mengalaminya?

  Selasa, 30 April 2024 | 02:18 WIB
   Team Prosix
oktep40.1.jpg

Sumber: freepik.com

Alergi yang dialami seseorang bisa berasal dari mana saja. Mulai dari makanan, hawa dingin atau panas, udara yang kotor, hingga bahkan produk kecantikan seperti handbody lotion. Alergi handbody lotion kemudian akan jadi bahasan kali ini.

Handbody lotion merupakan salah satu produk kecantikan yang digunakan pada bagian tangan dan kaki untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Secara umum masyarakat menggunakan Handbody lotion untuk tujuan tersebut, tapi terkadang memberikan dampak lain pada kulit seperti reaksi alergi.

Lalu bagaimana mungkin produk seperti handbody lotion bisa menimbulkan alergi?

Penyebab Munculnya Gejala Alergi Handbody Lotion

Sumber: freepik.com

Keluhan gejala alergi yang muncul akibat penggunaan handbody sendiri sebenarnya bisa berasal dari beberapa sumber. Jelas, yang utama adalah adanya iritasi dan alergi, di mana kandungan yang ada di dalam produk yang digunakan terdeteksi sebagai alergen oleh tubuh, sehingga tubuh melepaskan histamin untuk mempertahankan diri.

Kondisi ini juga disebut dengan istilah dermatitis kontak, yakni ketika gejala alergi muncul saat sebuah benda menyentuh kulit secara langsung. Pada konteks lotion, produk ini secara sadar diaplikasikan ke bagian tubuh. Maka tak heran jika gejala alergi muncul tidak lama setelah penggunaannya.

Penyebab lain mengapa alergi bisa terjadi yaitu:

  • Gigitan serangga.
  • Iritasi atau alergi dari bahan lain.
  • Terjadinya infeksi jamur atau parasit.
  • Stres dan masalah psikologis lainnya.
  • Kondisi udara panas/dingin.

Penyebab utama dari alergi handbody jelas adalah kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Meski demikian tidak ada salahnya juga kamu mencermati kemungkinan penyebab lain, jika memang produk yang kamu gunakan sudah cukup lama dan tidak bermasalah sebelumnya.

4 Gejala Alergi yang Sering Muncul

Sumber: freepik.com

Ketika lotion yang kamu pakai ternyata tidak cocok dan menimbulkan alergi, akan ada beberapa tanda atau gejala umum yang muncul. Gejala-gejala ini bisa dilihat dengan mudah, sebab lotion digunakan di permukaan kulit yang terlihat.

Gejala yang disebutkan pada bagian ini tidak harus mutlak terjadi sehingga kamu bisa menilai bahwa ada alergi yang dirasakan. Tapi secara umum, beberapa gejala alergi handbody yang dirasakan adalah sebagai berikut:

1. Kulit Menjadi Merah

Ketika lotion membuat kulit menjadi merah tanpa sebab yang jelas, maka bisa jadi produk ini tidak cocok. Gejala alergi ini paling mudah dilihat, karena bisa muncul dalam waktu singkat setelah pemakaian produk.

2. Terasa Gatal

Gejala alergi handbody yang lain adalah kulit menjadi gatal di lokasi pengaplikasian produk. Gatal ini sendiri jadi tanda umum ketika histamin bekerja, untuk melawan ancaman yang diidentifikasi oleh tubuh.

3. Kulit Mengalami Iritasi

Selain menjadi merah dan terasa gatal, kulit yang mengalami alergi juga akan mengalami iritasi lain. Bisa berupa kulit menjadi kering, terkelupas, atau muncul bintik merah hingga sensasi terbakar.

4. Kondisi Lain yang Tidak Normal

Kondisi lain yang juga menjadi gejala alergi antara lain adalah kulit kusam, terasa kencang, kulit menjadi lebih sensitif, dan sebagainya. Pada dasarnya setiap alergi akan menunjukkan gejala yang tidak jauh berbeda.

Lalu Begini Cara Mengatasinya

Sumber: freepik.com

Ketika gejala alergi handbody terasa, beberapa langkah sederhana ini bisa membantu kamu meredakannya.

  • Gunakan bedak salicyl yang mengandung Calamine.
  • Gunakan krim yang mengandung hidrokortison, jika bertambah parah dan tidak membaik maka berkonsultasilah dengan dokter kepercayaanmu.
  • Berhenti menggunakan produk tersebut.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut.
  • Mandi dengan air dingin.
  • Berikan kompres dingin pada bagian yang gatal.
  • Konsumsi obat pereda gejala alergi dengan kandungan Cetirizine.

Sekilas tentang alergi handbody lotion di atas semoga bisa memberikan informasi berguna untuk kamu yang memiliki alergi tersebut. Tentu, rekomendasi terbaik tetap akan datang dari konsultasi dengan dokter. Namun untuk penanganan awal, beberapa langkah di atas bisa dicoba, salah satunya dengan obat dengan kandungan cetirizine. Mudah didapatkan, obat ini bisa langsung kamu beli dengan mengklik tautan ini!