5+ Bahan Alami pada Makanan Penyembuh Gatal Akibat Alergi

  Sabtu, 10 Agustus 2024 | 13:45 WIB
   Team Prosix
5-bahan-alami-pada-makanan-penyembuh-gatal-akibat-alergi_3t7.jpg

Gatal akibat alergi bisa dipicu oleh berbagai jenis alergen, mulai dari makanan tertentu yang dikonsumsi, suhu dingin, hingga kontak atau paparan langsung terhadap bahan kimia dan tungau. Salah satu cara alami untuk meredakan gatal adalah dengan mengonsumsi makanan dengan bahan tertentu. Simak daftar bahan alami pada makanan penyembuh gatal akibat alergi di bawah ini. Ikuti juga beberapa tips medis terbaik apabila gatal tidak kunjung sembuh.

Bahan Alami Makanan Penyembuh Gatal Akibat Alergi

1. Makanan Tinggi Quercetin (Bioflavonoid)

Quercetin adalah salah satu bentuk flavonoid yang berasal dari tumbuhan dan memberikan manfaat besar bagi tubuh. Salah satunya adalah berperan sebagai antihistamin alami. Quercetin mampu menurunkan produksi histamin pada tubuh sehingga meredakan gejala alergi. Beberapa bahan makanan tinggi quercetin adalah bawang bombay, bawang merah, buah beri, apel, kol, dan masih banyak lagi lainnya. Sebaiknya mengkonsumsi makanan tersebut dalam keadaan mentah seperti salad dan jus. Hal ini karena paparan panas saat memasaknya dapat mengurangi kandungan quercetin di dalamnya.

2. Makanan Bersifat Anti-inflamasi

Bahan alami berikutnya yang mampu menyembuhkan gatal akibat alergi adalah kandungan anti-inflamasi. Beberapa makanan yang memiliki sifat ini adalah kunyit, jahe, lada hitam, ikan salmon, bee-pollen, dan lain-lain. Kandungan anti-inflamasi mampu mengurangi peradangan, bentol-bentol, dan gatal pada kulit.

3. Makanan Tinggi Vitamin C

Kandungan lain yang juga memiliki sifat anti-inflamasi alami adalah vitamin C. Bahkan vitamin C juga tinggi akan antioksidan yang melawan peradangan dan bertindak sebagai antihistamin alami. Mikronutrien ini mampu memecah histamin yang terlanjur dilepaskan dan menimbulkan reaksi alergi. Contoh makanan tinggi vitamin C adalah jambu biji, tomat, paprika, jeruk, stroberi, brokoli, kol, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Alergi Dingin

4. Makanan Tinggi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme atau bakteri baik yang ada dalam pencernaan tubuh kita. Mengonsumsi makanan tinggi probiotik akan mendukung sistem kekebalan tubuh, termasuk melawan reaksi alergi dengan efek anti-inflamasi dan anti-alergi. Makanan paling populer dengan kandungan probiotiknya adalah kimchi dan yogurt. Namun kamu juga bisa mendapatkannya dari tempe.

5. Makanan yang Mengandung Lemak Omega 3

Terakhir dalam daftar ini untuk makanan penyembuh gatal akibat alergi adalah makanan tinggi lemak omega 3. Mikronutrien yang banyak ditemukan pada ikan ini mampu berperan sebagai anti-inflamasi. Selain itu, omega 3 juga dapat menjaga stabilitas membran sel dan membuatnya tidak mudah mengeluarkan histamin saat terpapar alergen. Selain ikan salmon, makanan lain yang tinggi akan omega 3 adalah ikan bawal, ikan tuna, dan ikan kembung.

makanan penyembuh gatal

Image by freepik

Tips Medis Terbaik Bila Gatal Tidak Kunjung Sembuh

Selain mengonsumsi makanan penyembuh gatal akibat alergi di atas, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan perawatan kulit dari luar. Pertama, jangan menggaruk dan menggosok kulit yang gatal akibat alergi karena bisa memicu infeksi. Kedua, gunakan oatmeal saat mandi sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kelembaban kulit. Karena kondisi kulit yang kering bisa memperparah gatal. Ketiga, segera hindari semua hal yang memicu reaksi alergi (alergen) kamu.

Karena semua makanan di atas bersifat alami, sehingga efeknya bertahap dan membutuhkan waktu. Apabila rasa gatal terlalu mengganggu dan bahkan tidak kunjung sembuh, maka kamu harus mengonsumsi obat antihistamin. Sebagai salah satu kandungan obat alergi yang banyak digunakan, antihistamin juga mudah didapatkan tanpa resep dokter. Kemudian jika tidak sembuh selama beberapa hari atau muncul gejala lain, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Dokter akan membantu diagnosis dan perawatan yang paling tepat untuk menyembuhkannya.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323276

https://www.entandallergy.com/blog/2020/may/9-foods-that-may-help-ease-your-allergies/

https://www.healthline.com/health/seasonal-allergies-best-foods

Featured Image - Image by freepik