5 Cara Simpel Atasi Bintik Merah Gatal Menyebar

  Senin, 18 Desember 2023 | 07:05 WIB
   Team Prosix
ep78.1.jpg

Sumber: freepik.com

Pernahkah kamu mengalami kondisi bintik merah di kulit, dan menyebar dengan cepat? Kondisi bintik merah gatal dan menyebar sebenarnya terjadi bukan tanpa sebab namun ada pemicu yang menyebabkan bintik merah tersebut muncul.

Masalah kulit idealnya juga memunculkan gejala seperti ini. Tapi ketika kamu yakin tidak memiliki masalah kulit, dan bintik merah gatal, bisa jadi kamu sedang mengalami kondisi alergi.

Penyebab Bintik Merah Gatal Menyebar

Penyebab Bintik Menyebar

Sumber: freepik.com

Bintik merah gatal menyebar bisa disebabkan oleh alergi. Kondisi dermatitis kontak sendiri merupakan reaksi yang muncul di kulit ketika kamu melakukan kontak atau bersentuhan dengan alergen atau pencetus. Nah, alergen sendiri wujudnya bisa beragam, mulai dari debu, serbuk sari, serangga, atau bentuk protein lain bahkan cuaca pun dapat menjadi penyebab alergi. Alergi sendiri adalah manifestasi dari kesalahan pengenalan sistem pertahanan tubuh terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh namun dikenal sebagai zat asing berbahaya sehingga memicu munculnya zat histamin yang akhirnya menyebabkan reaksi alergi.

Dermatitis kontak alergi sendiri umumnya dipicu karena nikel yang banyak ditemukan di perhiasan, frame kacamata, gesper ikat pinggang, hingga kancing pakaian dan produk kosmetik. Selain dipicu oleh nikel, alergen lain yang bisa masuk dalam golongan ini adalah lateks, tanaman, parfum, pengawet, pewarna di produk kosmetik, beberapa jenis kain tertentu, polen, hingga bulu binatang.

Bintik merah gatal menyebar yang dialami adalah bentuk dari gejala dermatitis kontak alergi. Nantinya jika benar pemicu utamanya adalah kondisi ini, maka kamu juga akan menemukan gejala lain seperti kulit menjadi kering dan bersisik, biduran dan sensitif pada sinar matahari.

Ketika digaruk, rasa gatal yang muncul justru semakin intens, dan bisa berisiko mengeluarkan cairan yang buruk untuk kulit.

Tidak Muncul secara Langsung

Gatal-Gatal Bintik

Sumber: freepik.com

Pada kondisi dermatitis kontak alergi, gejala bintik merah gatal menyebar tidak muncul pada saat pertama kali terjadi kontak pada alergen. Kontak pertama ini hanya akan meningkatkan sensitivitas kulit dan sistem imun tubuh pada alergen.

Gejala bintik merah biasanya akan muncul pada kontak berikutnya, dan bisa terjadi secara instan atau berselang beberapa jam, hingga hitungan hari.

Dilansir dari sebuah artikel kesehatan, kondisi ini lebih banyak dialami oleh orang-orang yang banyak berkegiatan di luar ruang dan memiliki hobi berpetualang di alam. Hal ini kemungkinan karena semakin banyaknya zat atau benda yang bersentuhan dengan kulit, sehingga meningkatkan risiko terjadinya alergi dan memicu gejalanya muncul.

5 Cara Simpel Atasi Bintik Merah Gatal yang Menyebar

Cara Cara Mengatasi Bintik Gatal-Gatal

Sumber: freepik.com

Ada setidaknya lima cara sederhana untuk atasi bintik merah seperti ini.

  • Pertama, konsumsi obat anti alergi seperti antihistamin, obat dengan kandungan cetirizine, dan jenis obat lainnya. Obat ini bisa membantu kamu mengurangi gejala alergi yang mengganggu seperti bintik merah ini.
  • Kedua, bersihkan diri dari segala alergen yang mungkin masih menempel di kulit. Gunakan air hangat dan pembersih kulit yang cocok untuk kulit sensitif.
  • Ketiga, jangan digaruk. Menggaruk memang akan memberikan rasa kenyamanan, tapi hanya berlaku sesaat. Jika terlalu sering digaruk, bintik merah gatal ini justru akan semakin mengganggu dan menyebar.
  • Keempat, gunakan krim pelembap kulit setelah mandi. Oleskan beberapa kali dalam sehari agar kulit terjaga kelembabannya, dan terhindar dari iritasi.
  • Kelima, jika semakin terasa tidak nyaman jangan ragu untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan obat yang lebih baik sesuai dengan diagnosis yang dilakukan oleh dokter tersebut.

Itu tadi sekilas tentang penyebab bintik merah gatal menyebar dan cara mengatasinya secara sederhana yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Tentu saja, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi dokter ketika gejalanya semakin terasa tidak nyaman. Tapi untuk pertolongan pertama, obat dengan kandungan Cetirizine akan dapat membantu meringankan gejala dan rasa gatal yang muncul. Temukan produknya di sini, dan semoga artikel ini berguna untuk kamu!