5 Ciri-Ciri Muka Alergi Makanan, Kenali di Sini!

  Jumat, 27 Oktober 2023 | 05:01 WIB
   Team Prosix
ep8.1.jpg

Sumber: freepik.com

Menjadi salah satu jenis alergi paling sering dijumpai, alergi makanan bisa dipicu oleh banyak jenis kuliner yang dikonsumsi penderitanya. Salah satu efek yang paling terlihat adalah di bagian wajah. Ciri-ciri muka alergi makanan bisa kamu lihat di bawah ini.

Seperti banyak jenis alergi lainnya, alergi makanan terjadi saat sistem kekebalan tubuh menganggap protein di dalam makanan yang dikonsumsi adalah ancaman untuk tubuh. Sebagai respon alami, tubuh kemudian melepaskan senyawa kimia yang memicu reaksi alergi.

Beberapa Ciri-Ciri Muka Alergi Makanan

Beberapa ciri-ciri muka alergi makanan cukup tampak dan bisa dilihat langsung tanpa menggunakan alat apapun. Cirinya antara lain adalah sebagai berikut.

1. Gatal di Bagian Mulut

Sumber: freepik.com

Ciri alergi pertama adalah gatal di area mulut. Memang tidak bisa dilihat oleh orang lain, tapi terasa oleh penderitanya secara langsung. Rasa gatal yang muncul terkadang ringan, terkadang sampai pada taraf yang cukup mengganggu.

2. Muncul Bintik Merah

Sumber: freepik.com

Alergi makanan juga biasanya memicu munculnya bintik merah di bagian wajah yang terasa gatal. Bintik merah ini sebenarnya tidak hanya muncul di area wajah, tapi juga di beberapa bagian tubuh lain seperti tangan, kaki, bahkan perut dan dada.

3. Terjadi Pembengkakan

Sumber: freepik.com

Ketika terjadi alergi pada makanan tertentu, gejala yang muncul dan mudah dikenali adalah terjadinya pembengkakan. Pembengkakan ini tampak di area bibir, wajah, lidah, atau bisa lebih jauh ke area tenggorokan.

4. Mengalami Hidung Tersumbat

Sumber: freepik.com

Well memang tidak sepenuhnya terlihat oleh orang lain, tapi setidaknya kamu bisa dengan mudah mengenali orang yang mengalami hidung tersumbat. Hidung bisa saja memerah, dan suara yang dikeluarkan akan sengau.

5. Sakit Kepala dan Pusing

Sumber: freepik.com

Ciri-ciri alergi makanan yang lain juga bisa dilihat dari ekspresi wajah ketika menahan sakit kepala atau pusing yang dialami sebagai gejala dari alergi yang dialami. Rasa pusing ini bahkan pada titik tertentu bisa sampai hilang kesadaran atau pingsan.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: freepik.com

Ketika terjadi gejala alergi yang tampak di bagian muka, maka ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Cara sederhana ini bisa menghindarkan kamu atau penderita alergi makanan yang cirinya terlihat di wajah dari kondisi lain yang lebih parah.

Pertama, upayakan tidak memegang muka atau bagian muka ketika ciri-ciri alergi makanan ini muncul. Jika harus memegang muka, pastikan tangan dalam kondisi bersih setelah mencucinya dengan sabun

  • Tidak menggosok atau menggaruk kulit muka secara berlebihan
  • Tidak menggunakan kosmetik atau riasan selama ciri alergi masih tampak
  • Hentikan secepatnya mengkonsumsi makanan yang diduga jadi pemicu alergi
  • Dapatkan aliran udara yang lancar untuk memberikan efek sejuk pada bagian muka
  • Kompres dingin bisa jadi sangat membantu untuk meredakan sensasi gatal yang terasa mengganggu
  • Gunakan obat atau produk anti alergi untuk meredakan gejala yang dirasakan

Hubungi Dokter Jika Gejala Makin Mengganggu dan Tidak Kunjung Hilang

Sumber: freepik.com

Beberapa penanganan di atas bisa dilakukan dan tentu saja diharapkan agar membawa efek gejala yang semakin reda. Tapi ketika upaya sudah dilakukan tapi tidak ada tanda perbaikan, jangan ragu untuk menghubungi dokter atau mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Beberapa gejala yang harus diwaspadai adalah pusing yang terasa sangat intens, penyempitan saluran pernapasan, pembengkakan tenggorokan, jantung berdebar, dan penurunan tekanan darah yang cepat hingga memicu hilangnya kesadaran.

Jika tanda ini sudah muncul, maka kamu harus segera ke dokter atau mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Itu tadi sekilas tentang ciri-ciri muka alergi makanan yang bisa disampaikan di artikel singkat ini. Salah satu produk yang sebenarnya bisa direkomendasikan adalah produk dengan kandungan Cetirizine, yang bisa membantu meredakan gejala alergi yang kamu alami. Kamu bisa menemukan produknya di sini dan langsung memesannya untuk diantar ke lokasimu.