Cegah Alergi Kambuh dengan 9 Cara Menaikkan Imun Tubuh Ini

  Minggu, 18 Agustus 2024 | 10:10 WIB
   team prosix
cegah-alergi-kambuh-dengan-9-cara-menaikkan-imun-tubuh-ini_9n_.jpg

Sumber: freepik

 

Alergi adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh merespons zat alergen yang sebenarnya tidak berbahaya secara berlebihan. Hal ini biasanya membuat penderitanya mengalami reaksi alergi seperti bersin-bersin, batuk, hidung tersumbat, gatal-gatal, ruam, sesak nafas, dan lain-lain. Perlu kamu pahami, bahwa alergi tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, tapi hanya bisa dikelola supaya gejalanya tidak sering kambuh. Nah, salah satu pengelolaan tepat untuk mengendalikan reaksi alergi yaitu dengan cara menaikkan imun tubuh. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk itu? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini ya!

 

Cara Menaikkan Imun Tubuh agar Alergi Tidak Kambuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan gejala alergi. Berikut beberapa cara alami untuk menaikkan imun tubuh yang bisa kamu coba.

1. Makan Makanan Seimbang

  • Buah dan Sayuran: Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan.

  • Makanan Kaya Omega-3: Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makanan seperti biji chia dan biji rami dapat membantu mengurangi peradangan.

  • Makanan Probiotik: Yogurt, kefir, dan makanan fermentasi lainnya membantu menjaga kesehatan usus, yang penting untuk kekebalan tubuh.

2. Olahraga Teratur

Cara menaikkan imun tubuh berikutnya yaitu dengan rajin berolahraga. Olahraga ringan hingga sedang seperti berjalan, berlari, atau bersepeda dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Cukup Tidur

Sumber: freepik

 

Tidur yang cukup (7-9 jam per malam untuk dewasa) membantu tubuh pulih dan memperkuat respons kekebalan tubuh.

4. Hindari Stres

Stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengelola stres.

5. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Ternyata, memastikan terpenuhinya kebutuhan cairan harian juga merupakan cara menaikkan imun tubuh lho! Minum cukup air setiap hari membantu menjaga fungsi tubuh termasuk sistem kekebalan tubuh.

6. Mendapatkan Paparan Sinar Matahari yang Cukup

Sumber: freepik

 

Sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Pastikan untuk mendapatkan paparan sinar matahari selama 10-30 menit beberapa kali seminggu.

7. Herbal dan Suplemen

  • Bawang Putih: Memiliki sifat antimikroba dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Jahe: Dikenal memiliki sifat anti-inflamasi.

  • Echinacea: Sering digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meskipun hasil penelitian beragam.

  • Kunyit: Mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

8. Hindari Zat Aditif dan Pengawet

Bahan kimia dalam makanan olahan bisa memicu atau memperburuk gejala alergi. Cobalah untuk makan makanan segar dan alami sebanyak mungkin.

9. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Mengurangi paparan terhadap alergen dengan menjaga kebersihan rumah, sering mencuci tangan, dan menghindari polutan serta iritan.

 

Demikian informasi penting tentang cara menaikkan imun tubuh secara alami yang bertujuan untuk meminimalisir gejala alergi supaya tidak sering kambuh. Mengadopsi kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kambuhnya alergi. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum memulai perubahan besar dalam diet atau gaya hidup, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya. Selain itu pastikan untuk menyediakan obat alergi yang tepat sebagai pertolongan pertama di rumah saat gejala alergi muncul.