Wajib Tahu! Begini Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami dan Cepat

  Senin, 18 Desember 2023 | 07:09 WIB
   Team Prosix
ep79.1.jpg

Sumber: Freepik

Kulit yang gatal sering membuat aktivitas terganggu. Jika digaruk terlalu kasar dan dapat menyebabkan infeksi atau luka pada kulit. Gatal di kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan penyebabnya mungkin saja akan berbeda-beda. Apa pun penyebabnya, gatal di kulit perlu ditangani dengan tepat. Kira-kira, adakah cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat?

Sebelum mencari tahu lebih lanjut mengenai cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat, sebaiknya cek dulu apa saja penyebab umum gatal pada kulit, yuk!

Penyebab Umum Gatal pada Kulit

Beberapa penyebab umum gatal pada kulit adalah kondisi kulit yang kering dan kehilangan kelembapannya. Ini sering terjadi pada musim dingin atau jika kamu mandi terlalu sering dengan air panas. Selain itu, reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam deterjen, sabun, kosmetik, atau produk perawatan kulit juga dapat menyebabkan gatal.

Gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, ataupun tungau juga dapat menyebabkan gatal. Begitu juga dengan kontak dengan bulu-bulu hewan peliharaan yang dapat menghasilkan reaksi alergi. Penyebab lainnya adalah dermatitis kontak, alergi makanan tertentu, infeksi kulit, psoriasis, eksim, dan biduran atau urtikaria.

Cara Menghilangkan Gatal secara Alami dan Cepat'

Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami

Sumber: Freepik

Gatal yang juga dikenal dengan istilah pruritus dalam dunia medis adalah sebuah kondisi atau gejala yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Gatal yang dipicu oleh penyakit kulit atau penyakit dalam tentunya membutuhkan penanganan dari dokter. Tapi, jika rasa gatal lebih ringan, maka kamu bisa mencoba berbagai bahan alami sebagai cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat.

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat, kamu dapat mencoba beberapa metode berikut ini:

  1. Kompres Dingin. Mengompres area yang gatal menggunakan air dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan. Gunakan kain bersih yang direndam dalam air dingin, atau bungkus es ke dalam kain tipis.
  2. Oatmeal. Mandi dengan air hangat dan tambahkan bubuk oatmeal (gandum) ke air mandi juga bisa dicoba sebagai cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat. Oatmeal dapat membantu meredakan gatal dan meredakan iritasi kulit.
  3. Lidah Buaya. Gel lidah buaya punya sifat menenangkan dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gatal. Jadi, kamu juga bisa mengoleskan gel lidah buaya segar pada kulit yang gatal.
  4. Minyak Kelapa. Minyak kelapa bisa menjadi pelembap alami yang dapat membantu mengurangi gatal dan menghidrasi kulit. Coba oleskan sedikit minyak kelapa pada area yang gatal, dan lihatlah rasa gatal di kulit akan berkurang.
  5. Tea Tree Oil. Tea tree oil juga bisa menjadi obat gatal yang dipicu dari reaksi alergi. Sifat antiradang dari minyak ini sangat berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. Selain itu, tea tree oil juga dipercaya dapat menyembuhkan infeksi penyebab kulit gatal.
  6. Madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, jadi bahan alami ini bisa dioleskan ke kulit yang gatal dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.
  7. Minum Banyak Air. Memastikan kamu terhidrasi dengan baik juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan kurangi risiko kulit kering yang dapat menyebabkan gatal, lho.

Jika gatal disebabkan oleh gigitan serangga atau cakaran, hindari untuk menggaruk area tersebut karena bisa memperburuk iritasi dan menyebabkan infeksi. Selain cara alami, menghilangkan gatal secara cepat juga bisa menggunakan obat yang tepat. Kamu bisa memilih obat anti alergi yang mengandung Cetirizine Hydrochloride. Obat ini efektif untuk mengatasi berbagai jenis gejala alergi seperti pilek alergi menahun (perennial rhinitis), pilek alergi (alergi rhinitis), dan urtikaria/biduran (urtikaria idiopatik kronis).