4 Solusi Bintik Alergi yang Muncul, Simak di Sini!

  Sabtu, 10 Agustus 2024 | 16:14 WIB
   Team Prosix
4-solusi-bintik-alergi-yang-muncul-simak-di-sini_Ef8.jpg

Sumber: freepik.com

Salah satu tanda paling umum yang muncul ketika kamu terkena alergi adalah rasa gatal dan munculnya bintik-bintik. Bintik alergi ini terkadang hanya sedikit dan tidak menimbulkan masalah. Tapi ketika jumlahnya banyak dan tersebar, maka jelas akan mengganggu estetika dan penampilanmu.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum tahu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bintik alergi ini, mari terlebih dahulu cari tahu tentang apa saja penyebabnya, gejala yang muncul dan menyertai bintik alergi, baru kemudian di bagian akhir kamu bisa menemukan cara mengatasi bintik yang muncul ini.

Mengenali Penyebab Munculnya Bintik Alergi

Sumber: freepik.com

Sebenarnya bintik ini bisa muncul karena berbagai hal. Alergi menjadi salah satu pemicu yang paling umum. Bintik alergi muncul ketika tubuh mengidentifikasi adanya zat atau entitas yang dapat membahayakan tubuh, sehingga respons alami daya tahan tubuh adalah untuk mengeliminasinya.

Ketika bintik alergi muncul, pemicunya bisa dari berbagai hal, tergantung alergi yang kamu punya. Akan sedikit lebih rumit jika kamu sendiri tidak paham apa alergi yang kamu miliki, karena kemudian akan diperlukan langkah lanjutan untuk melihat kondisi apa yang kamu punya.

Namun demikian pada umumnya bintik ini akan muncul ketika terjadi:

  • Gigitan serangga

  • Biang keringat

  • Dermatitis kontak

  • Dermatitis atopik

  • Alergi pada obat

  • Biduran

  • Cacar air

Dan beberapa penyebab lain. Hal yang tidak berkaitan dengan alergi namun bisa memicu munculnya bintik merah adalah kudis, kurap, demam berdarah, hingga herpes zoster.

Pada bintik yang muncul karena alergi gejala lainnya juga akan muncul. Kamu mungkin saja merasakan hidungmu menjadi berair, terjadi pembengkakan di bagian mata atau bibir, gatal-gatal yang muncul mendadak, hingga ruam di kulit.

Jadi ketika bintik muncul bersama dengan gejala lain tadi, ada indikasi kuat kamu mengalami bintik alergi.

Gejala Bintik Alergi

Sumber: freepik.com

Seperti sudah disampaikan di poin sebelumnya, jika benar bintik yang muncul karena alergi, maka gejala alergi lain juga akan menyertai.

Bintik alergi biasanya memiliki warna yang merah atau terlihat jelas pada kulit, sehingga cukup mengganggu penampilan. Pada jumlah yang sedikit atau di tahap awal, mungkin tidak terlalu mengganggu. Tapi jika bintik ini muncul di area wajah jelas akan mengganggu penampilan dan kepercayaan dirimu.

Selain bintik-bintik, gejala lain yang muncul jika terjadi alergi adalah bersin, batuk-batuk, kepala pusing, hidung berair, napas berbunyi, gatal, dan sebagainya.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: freepik.com

Sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa digunakan, seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Konsumsi Obat Anti Alergi

Obat dengan kandungan antihistamin atau cetirizine bisa membantu kamu untuk menghilangkan bintik alergi dan gatal yang muncul. Di samping itu, obat jenis ini juga dapat meredakan gejala alergi ringan hingga sedang, dan cocok menjadi pertolongan pertama pada bintik yang muncul.

2. Gunakan Krim Anti Gatal

Cara kedua adalah menggunakan krim anti gatal. Seperti namanya, rasa gatal yang muncul dapat berkurang secara signifikan sehingga mencegah kamu mengaruk bagian yang gatal, yang justru dapat membuat kondisi semakin parah.

3. Cara Alami, Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi bintik merah pada kulit yang gatal. Kandungan senyawa yang bersifat anti radang dan antiseptik dapat meredakan rasa gatal, dan berbagai masalah kulit lainnya.

4. Berkonsultasi ke Dokter

Jika bintik alergi yang muncul tak kunjung hilang, ada baiknya kamu mengunjungi dokter. Dokter akan memeriksa dan mencari tahu apa penyebab yang membuat bintik ini tidak lekas hilang atau mereda, dan kamu akan mendapatkan rekomendasi obat yang tepat.

 

Bintik alergi nyatanya bisa muncul karena kondisi alergi yang terpicu. Untuk selalu bersiap menghadapi masalah ini, selalu menyediakan obat dengan kandungan cetirizine bisa sangat membantumu. Semoga artikel ini bisa berguna, dan selamat melanjutkan kegiatan berikutnya!