9 Penyebab Telapak Kaki Gatal, Jangan Disepelekan!

  Senin, 18 Desember 2023 | 07:12 WIB
   Team Prosix
ep80.1.jpg

Sumber: freepik.com

Jika kamu ditanya bagian mana yang terasa paling mengganggu jika gatal menyerang, maka telapak kaki adalah salah satu jawabannya. Memiliki kulit tebal dan memicu efek geli jika digaruk, telapak kaki gatal bisa sangat mengganggu.

Kondisi telapak kaki yang gatal tanpa sebab yang jelas akan cukup mengganggu ketika kamu sedang berkegiatan. Tapi hal ini biasanya tidak muncul secara mendadak, dan merupakan dampak kumulatif dari beberapa kondisi tertentu.

Apa Sebenarnya Penyebab Telapak Kaki Gatal?

Penyebab Telapak Kaki Gatal

Sumber: freepik.com

Ternyata kondisi telapak kaki yang gatal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kutu air, menjadi salah satu penyebab paling umum, infeksi jamur ini akan sangat terasa di antara jari-jari kaki. Kulit akan meradang dan bersisik, dan kondisi telapak kaki akan memburuk jika tidak segera diatasi.
  2. Kulit kering, kondisi ini juga bisa menjadi pemicu telapak kaki terasa gatal, dan dipicu karena kurangnya minyak alami.
  3. Bengkak karena suhu dingin, selanjutnya adalah chilblains yang berkembang saat cuaca sedang dingin. Ketika jari kaki dingin, pembuluh darah yang ada di permukaan akan menyempit. Ketika memanas terlalu cepat, pembuluh darah tidak dapat beradaptasi dan darah akan bocor ke jaringan sekitar.
  4. Neuropati diabetik, penyebabnya adalah kondisi diabetes yang dialami seseorang. Tubuh akan berjuang mengontrol jumlah glukosa dalam aliran darah, dan ketika kadar gula darah terlalu tinggi maka fungsi pembuluh darah kecil akan rusak dan memicu rasa gatal di telapak kaki.
  5. Infeksi cacing tambang, cacing tambang sendiri adalah sejenis parasit yang hidup di usus manusia. Tapi infeksinya bisa terjadi di telapak kaki ketika seseorang berkegiatan tanpa alas kaki di area rawan.
  6. Kudis, terjadi saat tungau yang berukuran sangat kecil masuk ke dalam kulit seseorang dan bertelur, dalam hal ini di area telapak kaki. Efeknya adalah muncul ruam yang sangat gatal.
  7. Pruritus gravidarum, kondisi ini terjadi selama masa kehamilan, dan disebabkan oleh penyumbatan empedu dari hati.
  8. Penyakit hati dan ginjal, pada kondisi lebih parah, telapak kaki gatal juga bisa jadi tanda seorang mengalami sirosis bilier primer.
  9. Reaksi alergi, bukan tidak mungkin rasa gatal yang kamu alami di bagian telapak kaki juga merupakan efek dari alergi dari dermatitis kontak.

Apa Solusinya?

Solusi Telapak Kaki Gatal

Sumber: freepik.com

Pada banyak kasus kondisi gatal pada kaki ringan, biasanya hal ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika kondisinya tidak membaik dan justru disertai penurunan kesehatan secara umum, maka sangat dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter.

Ketika gatal pada telapak kaki ini dipicu oleh alergi, maka gatal akan muncul bersamaan dengan kondisi lainnya, dan berkaitan dengan alergen yang dirasakan oleh tubuh. Kamu juga akan merasakan gejala alergi lain seperti bintik merah, ruam, pembengkakan di wajah, dan sebagainya.

Nah, untuk urusan gatal yang dipicu alergi atau dermatitis kontak ini, kamu bisa dengan mudah menggunakan obat antialergi yang diresepkan dokter, atau obat yang bisa ditemukan pada apotek dan toko-toko online. Hanya saja, pastikan obat yang kamu gunakan ini sudah terbukti khasiatnya sehingga terjamin bisa meringankan gejala gatal yang mengganggu dan efek alergi lainnya.

Mengetahui penyebab-penyebab dari kondisi telapak kaki gatal mungkin adalah informasi yang mudah dipahami, tapi memiliki manfaat yang besar. Setidaknya sekarang kamu tahu bahwa kondisi ini tidak muncul secara mendadak tanpa sebab yang jelas. Untuk urusan mengatasi gejala alergi yang muncul dalam konteks ini, kamu bisa dengan mudah menggunakan produk yang mengandung Cetirizine. Produk ini akan membantu meringankan gejala alergi yang muncul, seperti bintik merah, gatal di telapak kaki, pembengkakan di bibir dan wajah, dan sebagainya. Dapatkan produknya di sini, dan semoga artikel ini membantu!