Air Kelapa untuk Alergi, Mitos atau Fakta? Cek Jawabannya!

  Senin, 10 Juni 2024 | 04:10 WIB
   TEAM PROSIX
air-kelapa-untuk-alergi__tk.png

Sumber: Freepik

Air kelapa dikenal sebagai cairan pengganti alami tubuh yang kaya akan karbohidrat dan elektrolit. Banyak orang menggunakan air kelapa untuk mencegah dehidrasi bahkan menetralkan racun dalam tubuh. Nah, sebagian masyarakat percaya dengan mengonsumsi air kelapa dapat meredakan reaksi alergi. 

Namun, apakah air kelapa untuk alergi merupakan mitos atau fakta? 

Sebenarnya hingga saat ini belum ditemukan cara mengobati alergi itu sendiri, melainkan yang banyak dilakukan adalah mengobati reaksi yang timbul akibat alergi tersebut. 

Agar tidak salah penanganan dalam mengatasi alergi, mari simak pembahasan berikut untuk mengetahui apakah minum air kelapa bisa menjadi obat alami alergi atau tidak.

Air Kelapa untuk Alergi, Mitos atau Fakta?

Minum air kelapa bisa menyembuhkan alergi atau tidak? Jawabannya tidak bisa karena air kelapa bukan obat alergi. Hingga saat ini belum ada pengobatan untuk menyembuhkan alergi, namun reaksi yang ditimbulkan dari alergi bisa diatasi dengan cara minum air kelapa.

Orang yang diare karena alergi makanan, boleh minum air kelapa untuk menggantikan cairan yang hilang pada saat diare. Air kelapa juga bisa meredakan reaksi alergi karena khasiatnya untuk detoksifikasi. Kandungan kalium air kelapa juga dapat mendorong antibodi untuk meredakan gatal-gatal.

Sumber: Freepik

Jika kamu tetap ingin mengonsumsi air kelapa muda, usahakan minum air kelapa yang murni, tanpa tambahan gula, pemanis buatan, air, dan lainnya. Agar lebih aman, minum dulu dalam jumlah sedikit. Jika tidak menimbulkan tanda alergi, kamu baru bisa meminumnya lebih banyak.

Perlu kamu catat, belum ada riset khusus yang berhasil membuktikan bahwa air kelapa bisa mengobati alergi gatal seperti biduran. Meski jarang terjadi, di sisi lain air kelapa muda ternyata bisa menimbulkan reaksi alergi untuk sebagian orang. 

Alergi air kelapa bisa saja terjadi terutama pada orang yang punya alergi kacang-kacangan, karena kelapa termasuk dalam tree ut atau pohon kacang. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki alergi kacang-kacangan, hindarilah pemicu alergi, terutama air kelapa atau olahan kelapa lainnya. 

Bagaimana Cara Tepat Mengatasi Alergi?

Sumber: Freepik

Ada beberapa penanganan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi reaksi alergi atau biduran gatal, antara lain:

  • Hindari kontak dengan pemicu alergi atau dikenal alergen.

  • Bila mengalami alergi atau biduran, jangan panik dan sebisa mungkin jangan menggaruk area bintik-bintik merah yang gatal.

  • Mandi menggunakan air yang bersih dari kontaminasi.

  • Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena bisa memperparah alergi akibat terkena tekanan atau gesekan dari pakaian.

  • Minum obat anti alergi, termasuk yang mengandung antihistamin dan cetirizine hydrochloride.

  • Perbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh.

  • Kelola stres dengan baik, caranya memperbanyak relaksasi dan meditasi.

Kesimpulannya, minum air kelapa untuk alergi hanya dapat membantu meredakan reaksi dari alergi yang kamu alami saja, namun alergi itu sendiri hingga saat ini belum ditemukan obatnya. 

Kamu bisa menerapkan beberapa cara mengatasi alergi di atas. Namun apabila keluhan alergi tidak kunjung membaik, jangan tunda untuk langsung memeriksakan diri ke dokter agar mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat.