Obat Alergi Pilek Menahun secara Medis dan Alami

  Selasa, 20 Agustus 2024 | 00:57 WIB
   Team Prosix
obat-alergi-pilek-menahun-secara-medis-dan-alami_UU1.jpg

Pilek karena alergi muncul ketika kamu menghirup alergen seperti debu, serbuk sari, polusi udara, dan lain-lain. Pilek karena alergi memang sulit disembuhkan, tapi ada berbagai obat alergi pilek menahun dan metode pengobatan yang dapat kamu pilih untuk mengatasi kondisi ini.

Seperti pengobatan alergi pada umumnya, penanganan pilek karena alergi dapat dilakukan secara medis maupun alami. Pengobatan alami mungkin disarankan bagi penderita alergi ringan. Namun apabila cara ini tidak berhasil, dokter dapat menyarankan metode medis.

Apa Saja Gejala Pilek karena Alergi?

Pilek karena flu disebabkan oleh virus, sedangkan pilek yang terjadi karena alergi disebabkan oleh respons sistem imun tubuh terhadap alergen, seperti serbuk sari, debu, atau makanan tertentu.

Di bawah ini adalah tanda-tanda khas pilek yang disebabkan alergi dan perbedaannya dengan pilek karena flu.

  • Batuk

  • Tidak mengalami demam meski sedang pilek

  • Gatal pada hidung, tenggorokan dan mata

  • Bersin

  • Hidung tersumbat

Apa Saja Obat Alami dan Medis untuk Alergi Pilek Menahun?

1. Menghindari Paparan Alergen

Sumber: Freepik

Salah satu cara efektif untuk mengatasi gejala alergi adalah dengan menghindari paparan alergen. Jika memiliki alergi debu, pastikan untuk rutin membersihkan barang-barang di rumah agar bebas dari debu. Jangan lupa untuk rutin mencuci seprai, sarung bantal, dan tirai agar terbebas dari tungau. Pilek yang disebabkan oleh alergi biasanya berlangsung beberapa minggu, lebih lama dibandingkan gejala pilek karena flu biasa.

2. Irigasi Hidung

Sumber: Freepik

Irigasi hidung adalah cara cuci hidung dengan larutan garam untuk membersihkan bagian dalam hidung dari zat-zat penyebab iritasi. Kamu dapat membuat sendiri larutan garam tersebut atau membelinya di apotek dalam bentuk kemasan.

Kamu  bisa membersihkan hidung dengan tangan, menggunakan spuit (alat suntik), atau memakai teko khusus yang disebut neti pot. Bila ingin menggunakan tangan saja, berikut langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Berdirilah di depan wastafel dan tangkupkan tangan seperti membentuk mangkuk. Isi tangan dengan larutan garam.

  • Tutup satu lubang hidung, lalu hirup larutan garam dengan lubang hidung yang satunya.

  • Biasanya akan ada larutan garam yang masuk ke dalam kerongkongan. Larutan ini aman bila tertelan, tapi cobalah untuk membuangnya sebanyak mungkin.

  • Ulangi seluruh langkah hingga hidung terasa nyaman. Kamu tidak selalu harus menghabiskan larutan yang kamu gunakan.

  • Kamu  boleh mencuci hidung kapan saja, yang terpenting selalu siapkan larutan garam yang baru dan bersih.

3. Menghirup Uap Minyak Esensial

Sumber: Freepik

Obat alami lainnya yang cukup populer di antara penderita rinitis alergi adalah minyak esensial. Menghirup uap bisa membantu membersihkan hidung dari penumpukan lendir dan iritasi sehingga mengurangi gejala seperti bersin, pilek, dan sakit tenggorokan.

Cukup tuangkan air mendidih ke dalam sebuah mangkuk besar, kemudian tambahkan 3-4 tetes minyak esensial favorit kamu. Selanjutnya, tutupi kepala dengan handuk dan menunduklah secara perlahan hingga menghadap permukaan mangkuk.

Hirup uap air hangat selama 5-10 menit, lalu denguskan hidung Anda beberapa kali hingga hidung terasa lebih lega. Anda dapat mengulangi cara ini beberapa kali sampai gejala mereda.

4. Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi gejala alergi. Obat ini bekerja dengan menghambat histamin, yakni zat kimia yang dilepaskan oleh sistem imun tubuh ketika terpapar alergen.

Beberapa jenis obat antihistamin yang mungkin diresepkan dokter untuk mengurangi gejala alergi adalah diphenhydramine, dexchlorpheniramine, promethazine, atau cyproheptadine.

Antihistamin juga bisa menjadi obat alergi pilek menahun yang bisa kamu simpan di kotak obat sebagai pertolongan pertama dan paling mudah jika gejala alergi datang menghampiri.

Ingatlah bahwa alergi pilek, dapat terjadi kapan saja selama paparan alergi ada di sekitar kamu. Jangan lupa untuk hidup sehat dan segera cari pelayanan kesehatan terdekat jika gejala mulai berat.