Awas! Kenali Ciri-Ciri Tidak Cocok Handbody dan Cara Menanganinya

  Kamis, 22 Agustus 2024 | 00:11 WIB
   Team Prosix
awas-kenali-ciri-ciri-tidak-cocok-handbody-dan-cara-menanganinya_CwD.jpg

Handbody adalah salah satu produk kecantikan yang umum digunakan wanita. Produk handbody berfungsi memberi kelembaban pada kulit dan nutrisinya agar kulit terlihat lebih segar dan cerah. Namun jangan salah, meskipun memiliki banyak kegunaan, faktanya penggunaan handbody bisa menyebabkan gatal atau alergi pada kulit. Yuk cari tahu, apa saja ciri-ciri tidak cocok handbody dan cara menanganinya.

Ciri-ciri Tidak Cocok Handbody

Berikut sejumlah tanda yang mungkin kamu alami saat menggunakan produk handbody yang tidak cocok dengan kulit.

1. Kulit Terasa Panas atau Tersengat

Jika kulit terus terasa panas atau seperti tersengat setelah diolesi produk skincare baru, tandanya kamu perlu menghentikan penggunaan produk tersebut. Pasalnya, ini mungkin menandakan bahwa kamu alergi terhadap kandungan di dalamnya.

Kamu dapat mengetahui apakah suatu produk skincare cocok atau tidak dengan cara melihat berapa lama sensasi tersebut bertahan. Rasa panas atau menyengat memang wajar, tapi sensasi ini seharusnya hanya berlangsung selama sekitar satu menit.

Bila terus merasakannya, bisa jadi kulit kamu memang tidak cocok dengan produk tersebut. Kamu mungkin mengalami kondisi yang disebut dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah peradangan kulit akibat paparan zat pemicu alergi atau iritasi.

2. Kulit Kering dan Mengelupas

Selain rasa panas, efek lain yang kerap muncul setelah pemakaian produk handbody yang tidak cocok adalah kulit kering dan mengelupas. Biasanya, produk yang menimbulkan efek samping ini adalah krim atau serum mengandung retinoid.

Retinol untuk kulit sejatinya memang bekerja dengan mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan memacu pertumbuhan jaringan kolagen yang baru.Tujuannya untuk mengurangi tampilan garis halus dan meratakan warna alami kulit.

Namun, kulit yang kering atau mengelupas secara berlebihan justru bisa menandakan ketidakcocokan dengan kandungan skincare. Kulit tampak memerah atau nyeri bisa membuat kulit stres dan mempercepat penuaan kulit.

3. Muncul Ruam pada Kulit

Cara lain untuk mengetahui ciri-ciri tidak cocok handbody adalah dengan melihat adanya ruam kulit. Terlebih lagi ketika ruam muncul dalam waktu lama atau setelah berkali-kali menggunakan produk tersebut.

Efek samping ini biasanya disebabkan oleh bahan kimia dalam pengawet, pengharum, dan sebagainya yang dapat mengiritasi kulit. Maka dari itu, sebaiknya selalu melakukan tes reaksi sebelum menggunakan suatu produk handbody. Caranya dengan mengoleskan beberapa tetes produk pada area kecil kulit, seperti punggung tangan atau belakang telinga.

Jika muncul ruam atau tanda lainnya pada area yang dites, bisa disimpulkan bahwa produk handbody ini tidak cocok untuk kamu.

4. Kulit Menjadi Lebih Gelap

Kemunculan bintik coklat atau area kulit yang menggelap tidak selalu menandakan penuaan kulit. Faktanya, ini mungkin menandakan ciri-ciri tidak cocok handbody atau reaksi alergi pada kulit terhadap bahan tertentu yang terkandung dalam produk skincare.

Kondisi ini biasanya muncul sebagai efek samping dari bahan untuk memutihkan kulit, seperti asam kojic, alpha arbutin, dan hidroquinon. Jika kamu mengalaminya, segera hentikan penggunaannya kemudian konsultasikan ke dokter.

5. Gatal-Gatal

Sumber: Freepik

Ada satu lagi cara mengetahui apakah produk handbody kamu cocok atau tidak, yaitu dengan melihat tanda gatal pada kulit. Rasa gatal yang ringan memang normal, tapi gatal berlebih yang tidak bisa ditahan tentu menandakan sesuatu yang tidak wajar.

Pengobatan Alergi Handbody

Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam mengatasi alergi adalah berhenti menggunakan produk tersebut ketika timbul reaksi alergi.

Kamu mungkin kesulitan untuk memastikan produk mana yang menjadi penyebabnya, terutama ketika menggunakan beberapa produk. Oleh sebab itu, cara terbaik dalam mengobati alergi handbody adalah berhenti memakai semua produk sampai reaksinya membaik. Umumnya, hal ini membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Berikut ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan sebagai obat alergi kulit untuk produk handbody,

  • Krim dan salep steroid topikal ringan, seperti hidrokortison.

  • Antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri sekunder.

  • Krim cetomacrogol untuk melembabkan kulit yang kering.

  • Antihistamin.

Jangan lupa bahwa hidup sehat adalah sebuah pilihan tepat. Jika ingin terhindar dari risiko handbody yang tidak cocok maka cobalah untuk sedikit waspada pada reaksi tubuh terhadap bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Jangan lupa menyediakan obat anti alergi sebagai pertolongan pertama, dan hubungi layanan kesehatan terdekat jika sakit berlanjut.