Alami Biduran Setiap Hari? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

  Senin, 29 Juli 2024 | 22:46 WIB
   team prosix
alami-biduran-setiap-hari-bisa-jadi-ini-5-penyebabnya_nHH.jpg

Sumber: freepik

 

Biduran adalah kondisi di mana kulit mengalami gatal-gatal hingga muncul benjolan yang umumnya berlangsung selama beberapa jam saja. Namun, bagaimana jika biduran terjadi setiap hari? Nah, kamu harus waspada karena hal ini bisa menandakan bahwa tubuh mengalami biduran kronis. Pada biduran kronis, gejala yang muncul terjadi dalam kurun waktu 24 jam hingga 6 minggu. Lalu apa penyebabnya? Simak jawabannya serta cara mengatasi hal ini dalam artikel berikut.

Mengenal Biduran Kronis

Sumber: freepik

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa biduran akut biasanya hanya terjadi dalam beberapa jam saja dan sembuh secara cepat. Hal ini berbeda dengan biduran kronis yang bisa bertahan di tubuh hingga 6 minggu lamanya. 

Rasa gatal bisa muncul pada area tubuh tertentu dan saat mulai hilang, sensasi gatal justru terasa di bagian tubuh lainnya. Kondisi ini tentu membuat penderitanya tersiksa karena tidak bisa tidur dan aktivitas harian menjadi terganggu.

Bahkan tak hanya merasakan gatal dan bengkak saja, penderita biduran kronis biasanya juga mengalami gejala penyerta lainnya seperti muncul bintik-bintik berwarna merah/ungu, pembengkakan yang terasa sakit di bagian mata; pipi; atau bibir; hingga terdapat bekas yang ukurannya bervariasi.

 

Penyebab Biduran Setiap Hari

Sumber: freepik

 

Biduran setiap hari bisa dipicu oleh banyak hal seperti infeksi virus dan bakteri, alergi, penyakit autoimun, urtikaria idiopatik kronis, olahraga, hingga stres. Penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu simak dalam ulasan berikut.

1. Infeksi Bakteri dan Virus

Bakteri, virus, dan parasit tertentu bisa menyebabkan gatal-gatal pada penyakit infeksi. Dalam hal ini, perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri menyebabkan gatal-gatal kronis.

Ada banyak jenis virus dan bakteri yang bisa memicu munculnya gatal-gatal kronis yang di antaranya adalah virus hepatitis, streptococcus, stafilokokus, yersinia, helicobacter pylori, mycoplasma pneumoniae, entamoeba sp, anisakis simplex, dan giardia lamblia.

2. Alergi

Biduran setiap hari juga bisa disebabkan oleh alergi. Beberapa jenis substansi/zat alergen yang memicu hal ini di antaranya adalah penyedap makanan, pengawet, pewarna buatan, obat-obatan tertentu, alergi terhadap cuaca dingin, hingga suhu panas.

Beberapa jenis obat yang bisa menimbulkan gejala biduran setiap hari umumnya seperti aspirin, ibuprofen, antibiotik betalaktam, vankomisin, dan opiat. Sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter jika gejala muncul setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut.

3. Penyakit Autoimun

Kondisi autoimun juga menjadi salah satu pemicu terjadinya biduran kronis. Beberapa penyakit autoimun yang umumnya juga disertai dengan gatal-gatal kronis adalah lupus, penyakit celiac, arthritis rheumatoid, sindrom sjogren, diabetes tipe 1, dan urtikaria idiopatik kronis.

4. Peningkatan Suhu Tubuh saat Berolahraga

Peningkatan suhu tubuh saat berolahraga akan membuat seseorang berkeringat. Pada beberapa orang, hal ini bisa memicu gatal-gatal kronis yang menandai biduran. Apabila kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

5. Stres

Jangan remehkan stres karena kondisi ini bisa mengganggu kesehatan tubuh baik fisik maupun mental. Bahkan, stres juga bisa menyebabkan gatal-gatal idiopatik kronis atau memperparah gejala gatal-gatal kronis.

 

Cara Mengatasi Biduran Setiap Hari

Kondisi biduran kronis atau biduran setiap hari merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera datang ke rumah sakit atau pusat layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Dokter pastinya akan meresepkan obat sesuai observasi yang dilakukan pada pasien sehingga jenis obat yang diberikan bisa berbeda-beda satu dengan yang lainnya.


Nah, perlu dipahami bahwa biduran kronis yang terjadi setiap hari memerlukan penanganan medis yang tepat. Hal ini berbeda dengan biduran akut yang bisa cepat hilang dengan konsumsi obat alergi yang dijual di apotek. Semoga informasi di atas cukup bermanfaat dan menambah wawasan ya!