Apakah Alergi Bisa Menular? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

  Jumat, 26 Januari 2024 | 02:14 WIB
   Team Prosix
oktep20.1.jpg

Sumber: Freepik

Alergi bisa dipicu oleh banyak faktor seperti misalnya makanan, udara, debu, bulu binatang, hewan, dan lain-lain. Siapa saja bisa mengalami alergi, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Reaksi yang muncul akibat alergi bisa menimbulkan berbagai macam gejala pada penderitanya. Sayangnya, alergi pada seseorang tidak bisa disembuhkan, tapi hanya bisa dicegah atau diminimalisir supaya tidak sering kambuh. Pertanyaannya, apakah alergi bisa menular? Simak jawabannya hanya di artikel berikut ini.

Pahami Apa Itu Alergi

Apa itu alergi

Sumber: Freepik

Ada dua hal yang sering menjadi pertanyaan banyak orang terkait alergi. Pertama, apakah alergi itu bisa disembuhkan dan yang kedua apakah alergi bisa menular atau tidak. Sebelum membahas lebih jauh tentang hal itu, maka kamu perlu memahami pengertian dari alergi terlebih dulu.

Alergi bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat asing atau zat alergen tertentu seperti makanan, bulu hewan, serbuk sari, debu, dan lain-lainnya. Saat hal ini terjadi, sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi yang mengidentifikasi bahwa zat alergen tersebut merupakan sesuatu hal yang berbahaya. Padahal, pada kenyataannya tidak demikian.

Gejala yang timbul akibat perlawanan antibodi terhadap zat alergen berdampak pada terjadinya peradangan di bagian tubuh seperti di kulit, sinus, saluran napas, hingga sistem pencernaan. 

Masing-masing orang bisa menunjukkan tingkat keparahan alergi yang berbeda-beda, mulai dari gejala ringan hingga gejala berat atau yang juga disebut dengan anafilaksis. Umumnya, alergi tidak dapat disembuhkan dan sewaktu-waktu bisa muncul saat seseorang bersentuhan lagi dengan zat alergen atau pemicunya.

Berbagai pengobatan yang diresepkan oleh dokter sifatnya hanya untuk meredakan atau meringankan gejala alergi yang muncul. Berdasarkan penjelasan tadi, maka dapat disimpulkan bahwa alergi merupakan kelainan sistem imun yang ditandai dengan munculnya reaksi berlebihan pada tubuh saat bersinggungan dengan zat alergen tertentu.

Apakah Alergi Bisa Menular?

Apa itu alergi

Sumber: Freepik

Ada dua hal yang membuat seseorang berpeluang besar mengalami alergi, yaitu faktor genetik dan juga faktor lingkungan. Jika kamu lahir dari orang tua yang punya riwayat alergi, maka peluang untuk mewarisi alergi dari mereka juga semakin besar. Jadi, alergi bukanlah suatu hal yang menular, melainkan kelainan sistem imun yang diwariskan secara genetik.

Namun, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap alergi yang dimiliki orang lain. Faktor lingkungan yang dimaksud adalah berbagai zat alergen yang disinyalir berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, tapi pada kenyataannya tidak demikian. 

Jadi, zat asing atau pemicu alergi seperti makanan, obat-obatan, debu, bulu binatang, serbuk sari, cuaca, udara, dan sebagainya menjadi faktor lingkungan yang memengaruhi alergi pada seseorang.

Meskipun alergi tidak menular, tapi kamu tidak boleh menyepelekan gejala yang timbul atau dirasakan tubuh. Segera atasi dengan mengonsumsi obat alergi yang tersedia di apotek atau berdasarkan resep dokter. Penanganan yang tepat akan meredakan gejala alergi yang sekiranya mengganggu dan mencegahnya menjadi lebih buruk.

Hal penting yang perlu diperhatikan oleh penderita alergi adalah memahami zat alergen yang memicu reaksi pada tubuh dan berusaha menghindarinya supaya tidak sering kambuh. Selain itu, jangan sampai keliru dalam membedakan gejala alergi dengan penyakit tertentu supaya tidak salah langkah. 

Jangan ragu untuk datang ke dokter dan berkonsultasi terkait kondisi alergi yang dialami selama ini. Dokter mungkin akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan penyebab alergi yang dialami sehingga bisa memberikan arahan dan pengobatan yang tepat untuk kamu.