Begini Cara Menghilangkan Bengkak di Wajah Akibat Alergi

  Rabu, 28 Februari 2024 | 06:04 WIB
   Team Prosix
oktep32.1.jpg

Sumber: Freepik

Ada banyak faktor yang menyebabkan wajah mengalami bengkak, salah satunya dikarenakan alergi. Untuk mengatasinya, kamu sebaiknya mengenali penyebabnya secara pasti terlebih dulu. Hal ini penting supaya langkah pengobatan yang diambil sudah tepat dan bengkak bisa segera hilang. Lalu sebenarnya apa saja penyebabnya? Simak jawabannya serta cara menghilangkan bengkak di wajah akibat alergi dalam artikel berikut ini.

Penyebab Umum Bengkak di Wajah

Peradangan yang terjadi di wajah ditandai dengan permukaan kulit bengkak dan nyeri di area yang mengalami pembengkakan. Bahkan, pembengkakan ini juga bisa menjalar ke bagian lidah, leher, hingga tenggorokan. Lalu, apa penyebabnya?

Secara umum, ada beberapa faktor yang menyebabkan wajah mengalami pembengkakan. Beberapa di antaranya adalah wajah tertekan saat tidur, mengalami cedera, alergi, aktinomikosis, bekas operasi, radang selaput lendir, hingga anafilaksis.

Pada kasus tertentu, pembengkakan di wajah juga menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Oleh sebab itu, jangan sepelekan hal ini dan berkonsultasilah ke dokter jika kondisi bengkak di wajah sangat mengganggu atau disertai dengan gangguan kesehatan lainnya.

Bagaimana Alergi Bisa Menyebabkan Wajah Bengkak?

Sumber: Freepik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab wajah bengkak adalah alergi. Alergi terjadi ketika tubuh bereaksi secara tidak normal atau manifestasi dari kesalahan pengenalan sistem pertahanan tubuh terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh namun dikenal sebagai zat asing berbahaya sehingga memicu munculnya zat histamin yang akhirnya menyebabkan reaksi alergi.

Reaksi alergi tersebut kemudian mengakibatkan angioedema atau penumpukan cairan di bawah kulit yang membuat wajah menjadi bengkak. Selain wajah, angioedema juga bisa muncul di area mata dan juga bibir.

Pemicu angioedema pada tiap-tiap orang mungkin bisa berbeda. Beberapa zat alergen yang bisa memicu wajah bengkak akibat alergi tersebut di antaranya adalah jenis makanan tertentu, bulu binatang peliharaan, getah, serbuk sari, air, suhu panas atau dingin, gigitan serangga, obat-obatan golongan tertentu, dan lain-lain.

Jika hal ini menimpamu, maka segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. Apalagi jika disertai dengan gejala lain seperti sulit bernapas, segera cari pertolongan medis ke pusat pelayanan kesehatan terdekat agar tidak semakin parah.

Cara Menghilangkan Bengkak di Wajah Akibat Alergi

Sumber: Freepik

Setelah memahami berbagai penyebab dan bagaimana alergi bisa menyebabkan wajah menjadi bengkak, kamu mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghilangkan bengkak di wajah akibat alergi?

Umumnya, dokter akan menyarankan kamu untuk mengonsumsi obat antihistamin guna meredakan gejala alergi yang dalam hal ini adalah wajah bengkak. Antihistamin merupakan golongan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi gejala alergi. 

Obat-obatan ini membantu mengatasi kondisi yang disebabkan oleh histamin, bahan kimia yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh. Peningkatan histamin biasanya terjadi saat seseorang bersentuhan dengan zat alergen yang dianggap berbahaya pada tubuh penderita alergi.

Meskipun bukan kondisi medis yang mengancam nyawa, tapi jangan anggap remeh hal ini. Jika dibiarkan, gejala ringan mungkin bisa memburuk dan membuat kamu semakin tidak nyaman atau kesakitan. Jadi, segera obati gejala alergi yang muncul dan berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang lebih baik.

Jika wajah bengkak sudah pasti disebabkan oleh paparan zat alergen tertentu, maka sebisa mungkin hindari untuk mengonsumsi atau menyentuh benda/hal yang memicu reaksi alergi di tubuh. Pasalnya, alergi tidak dapat disembuhkan secara menyeluruh, tapi hanya bisa dicegah supaya tidak sering kambuh dengan cara menghindari pemicunya.

Dengan mengetahui langkah pengobatan wajah bengkak akibat alergi secara tepat, gejala yang muncul bisa segera diatasi dan kamu bisa segera melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Referensi:

  1. Jenna Fletcher. How can you reduce facial swelling? Diakses pada 22 November 2023 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-reduce-swelling-in-face
  2. LifeMD. How to Reduce Facial Swelling. Diakses pada 22 November 2023 dari https://lifemd.com/learn/how-to-reduce-facial-swelling