Bisakah Terjadi Alergi Teh? Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

  Minggu, 04 Agustus 2024 | 14:07 WIB
bisakah-terjadi-alergi-teh-ini-gejala-dan-cara-mengatasinya_Xb-.jpg

Teh berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang dianggap sebagai minuman terapeutik non-alkohol kedua yang paling sering dikonsumsi secara global. Ada banyak jenis teh, yang paling banyak teh hitam, diikuti oleh teh hijau, dan teh kuning atau oolong. Meski sering dikonsumsi, alergi teh yang dialami individu sangat jarang terjadi.

Bagaimanapun, teh adalah minuman dari tanaman alami yang memiliki banyak manfaat seperti menenangkan, meredakan kecemasan, dan lainnya. Namun di samping khasiatnya untuk kesehatan, teh juga berpotensi menimbulkan reaksi alergi untuk sebagian orang. Simak ulasannya berikut!

Gejala Alergi Akibat Minum Teh

Seperti halnya alergi pada umumnya, alergi teh akan menciptakan respons imun. Hal ini terjadi saat tubuh secara keliru menganggap suatu zat berbahaya dan mencoba melawannya dengan memproduksi antibodi. Pada saat dipicu, antibodi ini menyebabkan timbulnya gejala tertentu. 

Gejala alergi akibat konsumsi minuman teh meliputi pembengkakan tenggorokan, sensasi gatal di mulut, hidung tersumbat, batuk, sesak nafas, gemetar, dan gelisah. Pada sebagian orang terutama yang memiliki kulit hipersensitif, jenis teh hijau juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit, ruam, bengkak, merah, dan gatal.

Pada kasus yang parah (anafilaksis) bisa kehilangan kesadaran, denyut nadi lemah hingga gejala syok. Jika kamu atau orang sekitarmu mengalami gejala anafilaksis, segera ke unit gawat darurat untuk mendapat penanganan medis. 

Gejala intoleransi atau sensitivitas teh agak berbeda dengan alergi minum teh. Jika kamu memiliki intoleransi atau kepekaan terhadap teh, gejala yang mungkin dialami meliputi mual dan muntah, diare, kram atau nyeri perut, kembung, dan maag.

Ciri-Ciri Alergi Teh

Saat kamu mengalami gangguan alergi akibat minum teh, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan gejala yang sama dengan reaksi alergi makanan/minuman pada umumnya.

Ciri-ciri kamu mengalami alergi karena minum teh seperti kulit gatal-gatal, pembengkakan pada bibir, lidah, mulut bagian dalam, dan bagian lainnya yang terkena teh. Selain itu, ciri-ciri lainnya adalah timbulnya sensasi gatal, menggelitik, dan kesemutan di dalam mulut. 

Cara Efektif Mengatasi Alergi Minum Teh

Dilansir dari laman Healthline, bagi orang-orang yang menderita alergi teh, ada beberapa pilihan terbaik untuk mengatasi alergi ini, antara lain:

1. Cobalah Teh yang Berbeda

Ada dua jenis teh yang biasa dikonsumsi, seperti teh herbal dan teh non herbal. Jika kamu alergi pada satu jenis teh, kamu bisa mencoba teh lainnya.

Cobalah untuk beralih dari teh herbal ke teh non herbal atau sebaliknya. Kamu juga bisa mengganti teh hitam dengan teh hijau, atau bisa coba teh putih jika khawatir akan kandungan kafein.

2. Sesuaikan Waktu Seduhan

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh secangkir teh akan memengaruhi jumlah alergen yang dikandungnya. Apabila kamu hanya memiliki tingkat kepekaan ringan terhadap unsur tanin dalam teh, cukup celupkan sedikit saja daripada mencelupkannya dalam waktu lama untuk menikmati jenis teh favorit. 

3. Pilih Jenis Minuman Lain

Sayangnya, beberapa orang sama sekali tidak bisa minum teh karena berakibat reaksi alergi menyerang. Jika demikian, masih ada cara lain untuk tetap mendapatkan manfaat sama seperti kandungan teh dari minuman lain.

Banyak teh herbal mengandung kandungan baik, seperti antioksidan untuk melawan radikal bebas. Jika kamu tidak bisa mentoleransi sebagian besar jenis teh, bisa coba pilih minuman lain yang khasiat antioksidannya sama seperti teh, seperti jus delima atau tomat.

 

Alergi teh jarang sekali terjadi, namun bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Kandungan kafein, tanin, dan komponen lain dalam teh non herbal bisa menyebabkan reaksi alergi untuk beberapa orang. Adapun kandungan teh herbal yang bisa memicu reaksi alergi seperti tanin dan senyawa lain. 

Disarankan untuk selalu mengetahui jenis teh dan kandungannya, jika kamu alergi terhadap satu jenis teh, mungkin kamu bisa mencoba jenis teh lainnya yang bisa ditoleransi oleh tubuhmu. Pastikan selalu membaca label nutrisi pada kemasan teh apa pun untuk mengetahui adakah alergen di dalamnya. 

Sebagai pertolongan pertama apabila kamu mengalami reaksi alergi teh, seperti bersin, kulit gatal dan kemerahan, minum obat Cetirizine Hydrochloride yang meredakan reaksi alergi. Kamu bisa mendapatkan obat anti alergi di outlet ini