Cara Menyembuhkan Alergi Dingin untuk Berbagai Usia, Perhatikan!

  Jumat, 27 Oktober 2023 | 04:25 WIB
   Team Prosix
Y1Ppk_10-27-2023.jpg

Sumber: Freepik

Alergi dingin biasanya akan mulai terasa saat kulit terpapar air dingin atau cuaca dingin. Selain itu, alergi dingin juga lebih berisiko muncul dalam kondisi yang berangin dan lembap. Lantas, bagaimana cara menyembuhkan alergi dingin?

Ada beberapa gejala alergi dingin yang dapat terjadi, di antaranya adalah tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin, muncul bilur yang terasa gatal pada area kulit yang terpapar udara dingin, bibir dan tenggorokan terasa bengkak saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin, hingga kulit berwarna kemerahan.

Reaksi alergi dingin yang paling parah biasanya akan muncul pada saat seluruh tubuh terpapar oleh suhu dingin, seperti saat berenang di air dingin. Reaksi yang ditimbulkan bisa berpotensi membahayakan nyawa, lho! Itulah mengapa, informasi mengenai cara menyembuhkan alergi dingin sangat diperlukan.

Faktor Pemicu Alergi Dingin

Sumber: Freepik

Munculnya reaksi alergi dingin bisa terjadi pada saat pelepasan histamin dan zat kimia lain ke dalam aliran darah yang dipicu oleh cuaca dingin. Beberapa penyebab lain alergi dingin di antaranya adalah faktor genetik, memiliki sel kulit yang terlalu sensitif, virus, atau penyakit tertentu. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena alergi dingin yaitu:

  1. Reaksi Sistem Imun. Pada kebanyakan kasus, alergi dingin bisa terjadi akibat reaksi sistem imun yang menganggap suhu dingin sebagai bahaya. Kemudian, sistem imun merespons dengan melepaskan antibodi, histamin, dan berbagai zat lain, yang memicu gejala.
  2. Faktor Usia. Anak-anak dan remaja biasanya paling rentan terkena alergi dingin dan biasanya akan membaik dengan sendirinya setelah beranjak dewasa. Meski begitu, orang-orang dewasa juga bisa mengalami kondisi ini.
  3. Faktor Genetik. Ada kondisi pada gen tertentu diduga jadi penyebab alergi dingin yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak. Namun, hal ini cukup jarang terjadi. 
  4. Mengidap Penyakit Tertentu. Ada beberapa gangguan kesehatan ataupun penyakit, seperti kanker atau hepatitis, yang bisa meningkatkan risiko terkena alergi dingin. Risiko alergi ini juga akan meningkat karena penyakit yang berkaitan dengan darah dan kulit.

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin

Sumber: Freepik

Sebenarnya, cara terbaik untuk mencegah alergi dingin yaitu dengan menghindari suhu dingin. Tapi sayangnya, hal tersebut tidak mungkin dilakukan bagi orang-orang yang tinggal di daerah dengan suhu yang dingin. Nah, sebagai solusinya ada beberapa cara mengatasi alergi dingin yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk mengontrolnya. Simak, yuk!

  1. Minum obat antihistamin sebelum terkena paparan suhu dingin. Beberapa contoh obat antihistamin yang biasanya direkomendasikan di antaranya adalah yang mengandung Cetirizine, Loratadine dan Desloratadine.
  2. Jika kamu mengalami alergi dingin yang cenderung mudah kambuh, maka suntikan Epinefrin bisa menjadi pilihan sebagai cara menyembuhkan alergi dingin pada anak dan orang dewasa tetapi caraibi tentunya harus dengan penanganan dokter.
  3. Selalu kenakan pakaian tebal untuk melindungi tubuh selama memasuki cuaca dingin. Pastikan kamu selalu menggunakan jaket, topi, sarung tangan, dan syal saat harus bepergian keluar rumah, ya.
  4. Cara menyembuhkan alergi dingin lainnya adalah menghindari berada dalam tempat dingin dan minum atau mengonsumsi makanan yang dingin. Menghindari minuman atau makanan yang dingin bertujuan supaya tidak terjadi pembengkakan pada tenggorokan akibat alergi dingin.

Itulah beberapa cara menyembuhkan alergi dingin yang dapat kamu lakukan. Tapi perlu dipahami bahwa tidak ada cara menyembuhkan alergi dingin yang instan. Tindakan pencegahan tentunya akan lebih baik untuk dilakukan.