Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Alergi yang Menghitam

  Kamis, 18 Juli 2024 | 06:17 WIB
   Team Prosix
ini-5-cara-menghilangkan-bekas-alergi-yang-menghitam_er3.jpg

Sumber: freepik.com

Untuk kamu yang pernah merasakan alergi, tentu paham benar beberapa bekasnya sulit dihilangkan. Misalnya saja pada bekas gatal yang mulai menghitam di permukaan kulit. Tidak heran jika banyak orang yang mencari cara menghilangkan bekas alergi yang menghitam.

Sebenarnya setelah gejala mereda, bekas ini secara klinis tidak banyak memberikan gangguan. Tapi dari segi estetika, kamu tentu tak ingin kulit penuh bekas hitam yang mengurangi kepercayaan diri bukan?

Maka berikut beberapa cara menghilangkan bekas alergi yang menghitam secara efektif dan aman yang bisa kamu jadikan acuan untuk digunakan.

1. Memanfaatkan Khasiat Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas alergi yang menghitamSumber: freepik.com

Lidah buaya sendiri dikenal sejak lama punya sifat antiinflamasi dan regeneratif. Dua sifat ini bisa membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan kondisi kulit yang menghitam akibat gejala alergi sebelumnya.

Caranya juga mudah, kamu tinggal memotong lidah buaya dan mengambil bagian dagingnya, atau gel yang ada di dalam daun lidah buaya ini. Oleskan gel secara langsung ke bekas alergi, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas.

Lakukan rutin untuk melihat efek nyatanya.

2. Asam Sitrat pada Lemon

Selain bahan alami yang ada pada lidah buaya, kamu juga bisa memanfaatkan lemon untuk membantu memudarkan bekas hitam akibat gejala alergi. Hal ini memanfaatkan kandungan asam sitrat yang ada di dalam lemon.

Kamu bisa memeras air lemon segar dan kemudian diusapkan pada bekas alergi menggunakan kapas. Biarkan antara 10 hingga 15 menit sebelum dibilas bersih dengan air hangat. Usahakan tidak terkena paparan sinar matahari setelah mengoleskan air lemon ini supaya kulit tidak mengalami iritasi ya!

3. Penggunaan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan bekas alergi yang menghitam

Sumber: freepik.com

Bahan alami berupa minyak kelapa asli bisa digunakan untuk melembabkan secara alami dan membantu memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Bekas alergi yang menghitam jadi salah satu hal yang bisa banyak dibantu pulih oleh minyak kelapa ini.

Caranya cukup oleskan sedikit minyak kelapa asli ke bekas alergi dan lakukan pemijatan lembut selama beberapa menit. Jenis virgin coconut oil akan sangat disarankan untuk perawatan ini. Biarkan minyak kelapa terserap ke dalam kulit tanpa di bilas.

Kamu bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

4. Seduhan Teh Hijau

Selain sedap untuk menjadi minuman hangat, teh hijau juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas alergi yang menghitam secara efektif. Cara penggunaannya juga tidak sulit, dan bisa dicoba sendiri di rumah.

Seduh sekantong teh hijau di dalam air mendidih selama 3 hingga 5 menit, kemudian diamkan beberapa waktu sampai cukup dingin. Setelah itu, usapkan di area bekas gatal yang menghitam yang ada di kulit. Lakukan setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Cara Menghilangkan Bekas Alergi yang Menghitam, Timun

Cara menghilangkan bekas alergi yang menghitam

Sumber: freepik.com

Meski banyak dikenal sebagai sandingan pada sajian makanan, ternyata timun juga punya khasiat untuk membantu menghilangkan bekas alergi yang menghitam. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan zat silika yang ada di dalamnya.

Silika dapat mengikis koreng atau menghilangkan bekas yang menghitam secara maksimal dengan meningkatkan produksi kolagen untuk mengatasi kerusakan yang terjadi di bekas alergi yang ada. Caranya mudah, tinggal iris tipis timun yang masih baik, lalu tempelkan irisan ke bagian yang mengalami kondisi bekas menghitam. Diamkan setidaknya 30 menit, dan bilas menggunakan air bersih.

Mudah bukan?

 

Selain beberapa bahan di atas, kamu juga bisa dengan mudah bertanya pada dokter tentang cara menghilangkan bekas alergi yang menghitam dengan obat-obatan yang direkomendasikan. Tentu, penggunaan bahan alami di atas juga sebaiknya atas rekomendasi dokter, dan sudah dipastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap bahan tersebut. Cegah bekas alergi dengan menangani gejalanya sejak dini menggunakan obat dengan kandungan Cetirizine, dan hindari bekas menghitam atau bekas lain yang mengganggu kepercayaan dirimu dengan penanganan awal yang tepat!