Ini 5 Dampak Alergi Jangka Panjang Jika Tak Diatasi

  Jumat, 05 Januari 2024 | 01:59 WIB
   Team Prosix
oktep10.1.jpg

Sumber: Freepik

Alergi pada umumnya memberikan gejala ketika penderitanya melakukan kontak dengan alergen. Dampak alergi yang beragam dapat hilang dengan sendirinya ketika tubuh merasa tidak lagi ada bahaya.

Namun demikian dampak alergi yang tidak segera diatasi bisa mengarah pada hal yang jauh lebih parah. Ini kenapa penting untuk segera mengatasi gejala alergi yang muncul, dan bahkan mungkin mengupayakan berbagai langkah agar alergi yang dimiliki bisa disembuhkan.

Dampak Alergi Jika Tidak Ditangani dengan Tepat

Dampak Alergi

Sumber: Freepik

Gejala alergi yang muncul sebenarnya dapat diringankan dengan cepat menggunakan obat-obatan yang tepat. Obat ini dapat diperoleh dengan mudah di apotek atau marketplace resmi yang mudah diakses dari mana saja.

Gejala alergi yang kemudian tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan tepat dapat menjadi hal yang berdampak jangka panjang. Beberapa dampak negatif yang harus diwaspadai antara lain adalah sebagai berikut.

1. Gangguan Psikologis

Ketika alergi muncul pada anak-anak dan tidak ditangani dengan tepat, maka hal ini bisa menimbulkan gangguan psikologi untuk anak. Antisipasi timbulnya gejala akan memicu kecemasan, apalagi jika anak sering mengalami gejala yang berat.

Pada beberapa konteks bahkan bisa jadi anak jadi sulit bersosialisasi karena dibatasi alerginya yang mengganggu aktivitas.

2. Munculnya Penyakit Lain

Salah satu gejala alergi adalah peradangan. Mungkin dalam satu atau dua kali kemunculannya tidak akan terlalu berpengaruh, tapi ketika hal ini terjadi menahun, maka dampaknya juga akan buruk.

Bisa saja orang yang kamu kenal memiliki alergi ini mengalami perubahan fungsi atau struktur organ yang mengalami peradangan. Bentuk paling nyatanya mungkin adalah polip pada hidung. Contoh lain, bisa dilihat efeknya pada kulit yang berubah karena dermatitis atopik tidak terkontrol sehingga rentan pada penyakit.

3. Mengganggu Kegiatan Harian

Tentu ketika gejala terus menerus muncul, konsentrasi yang kamu butuhkan untuk bekerja atau beraktivitas juga akan terganggu. Akibatnya performa pekerjaan dapat menurun, dan mempengaruhi karier yang kamu miliki.

Jika sampai mengganggu waktu tidur, maka dampaknya akan jauh lebih buruk. Mulai dari peningkatan risiko penyakit jantung, hingga obesitas.

4. Penurunan Fungsi Paru

Ketika alergi yang dialami sejak anak-anak terus dibiarkan, maka akan muncul risiko penurunan fungsi paru pada jenis alergi pernafasan. Hal ini muncul pada asma yang tidak ditangani dengan baik dan benar, dan terus bertahan hingga ia dewasa.

Pada masa dewasa, risikonya untuk mengalami gangguan paru akan meningkat drastis.

5. Gangguan Pertumbuhan

Masih dalam konteks dampak alergi pada anak-anak, jika dibiarkan juga akan mempengaruhi pertumbuhan yang idealnya dialami. Alergi makanan akan membuat berkurangnya varian asupan nutrisi, alergi debu jelas menghambat aktivitas dan suplai oksigen, dan seterusnya.

Gangguan pada kesehatan yang terus menerus ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak, sehingga masa keemasan tumbuh kembangnya tidak bisa dioptimalkan dengan baik.

Tips Mengatasi Alergi secara Ideal

Mengatasi Alergi

Sumber: freepik

Ketika alergi telah diketahui atau diidentifikasi dengan tepat, maka langkah penanganan dapat segera kamu lakukan.

Ada beberapa langkah yang mungkin bisa kamu terapkan.

  • Pertama, konsultasikan dengan dokter, langkah apa yang paling tepat untuk mengatasi gejala alergi yang muncul, serta alternatif untuk menekan alergi agar tidak kambuh.
  • Kedua, jauhkan diri dari alergen untuk meminimalisir kemunculan gejala ringan atau berat.
  • Ketiga, berikan obat yang tepat dengan kandungan yang direkomendasikan dokter, seperti obat dengan kandungan Cetirizine.
  • Keempat, terapkan pola hidup sehat dan istirahat yang cukup.
  • Kelima, jika gejala alergi tidak kunjung hilang, jangan ragu untuk mendatangi dokter terdekat guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itu tadi sekilas mengenai dampak alergi jangka panjang yang tidak segera diobati dengan tepat, dan sedikit tips mengatasinya. Tentu, pengobatan yang tepat diperlukan, bersamaan dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan obatnya di sini, untuk meringankan gejala alergi yang muncul dan dirasakan. Semoga berguna!