Rekomendasi Obat Alergi di Hidung Terbaik & Tips Merawatnya

  Jumat, 26 Juli 2024 | 17:27 WIB
   Team Prosix
rekomendasi-obat-alergi-di-hidung-terbaik-tips-merawatnya_1oV.jpg

Dari banyaknya jenis alergen yang tersebar melalui udara, salah satu gejala yang paling umum ditemui adalah bersin-bersin dan hidung tersumbat. Hay fever atau alergi rhinitis menjadi jenis alergi yang menyerang sistem pernapasan atas sehingga penderitanya mengalami keluhan yang hampir sama dengan flu biasa. Bedanya, keluhan pada hay fever terjadi akibat paparan alergen seperti debu, tungau, rambut atau bulu kucing, partikel pewangi ruangan, spora jamur, serbuk sari, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu metode perawatan dari keluhan ini adalah mengonsumsi obat alergi. Di bawah ini adalah obat alergi di hidung yang direkomendasikan dan bisa didapatkan tanpa resep dokter. Simak juga tips merawatnya untuk mempercepat penyembuhan.

Rekomendasi Obat Alergi untuk Hidung

1. Semburan Hidung Steroid (Steroid Spray)

Steroid spray adalah obat alergi paling umum yang dipilih penderita alergi karena bisa digunakan sehari-hari. Gejala ringan hingga sedang bisa diredakan dengan jenis obat ini. Selain gangguan fungsi hidung umum, obat ini juga mampu menghentikan cairan ingus yang terus keluar. Beberapa orang mungkin akan merasakan efek samping seperti pusing dan nyeri tenggorokan.

2. Cairan Pembersih Hidung (Nasal Saline)

Nasal saline merupakan cairan pembersih yang berasal dari larutan natrium klorida (NaCl). Umum digunakan sebagai cairan infus, nasal saline juga digunakan untuk membersihkan saluran hidung. Termasuk membersihkan hidung dari alergen yang terlanjur masuk. Penanganan alergi yang satu ini juga cocok digunakan oleh ibu hamil dan menyusui karena tidak perlu mengonsumsi obat.

3. Dekongestan Semprot

Khusus untuk hidung tersumbat, semprotan dekongestan juga dipilih karena mampu menyempitkan pembuluh darah pada hidung. Penggunaan obat ini mampu meredakan inflamasi dan mendukung kemudahan bernapas. Sayangnya, obat yang satu ini tidak disarankan untuk digunakan beberapa kali dalam sehari. Salah satu efek samping dari dekongestan adalah hidung tersumbat dan pilek bisa muncul lagi dan ada kemungkinan justru semakin parah.

4. Semprotan Antihistamin

Terakhir ada semprotan juga tapi menggunakan bahan antihistamin, sebuah senyawa yang mampu menghambat produksi histamin. Histamin sendiri merupakan senyawa dalam tubuh yang menimbulkan reaksi alergi seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga pilek. Memiliki cara kerja dan fungsi yang sama, antihistamin juga banyak tersedia dalam bentuk pil, tablet, atau kapsul. Obat antihistamin tablet juga sama mudahnya didapatkan di apotek terdekat. Tidak ada efek samping serius dari obat yang satu ini bagi penderita alergi.

Tips Merawat Alergi yang Menyerang Hidung

Selain penggunaan obat alergi di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat alergi pada hidung agar lebih cepat sembuh. Ikuti detailnya.

  • Penderita alergi harus segera menjauhi alergen sebisa mungkin agar gejala yang muncul tidak berlangsung lama dan/atau semakin parah.

  • Bila perlu, gunakan bantuan minyak aromaterapi yang akan membantu meredakan hidung tersumbat dan melancarkan napas. Beberapa bahan yang direkomendasikan adalah eucalyptus, lavender, rosemary, dan kayu cendana.

  • Cara lain untuk memastikan kamu telah menghindari alergen secara optimal adalah dengan mandi dan ganti baju untuk membersihkan alergen yang masih menempel di rambut, baju, dan lain sebagainya.

  • Menerapkan pola hidup bersih dan sehat juga akan mempercepat proses penyembuhan alergi pada hidung. Rajin membersihkan rumah, misalnya, akan mengurangi risiko paparan debu dan tungau yang mudah sekali menyebar di udara.

Ketika gejala alergi rhinitis menyerang, perawatan dan pengobatan yang tepat bisa meredakan gangguan kesehatan pada hidung dalam beberapa jam sejak terpapar alergen.

Referensi:

  • https://www.forbes.com/health/conditions/allergies/nasal-sprays-for-allergies/

  • https://www.webmd.com/allergies/nasal-sprays

  • https://www.health.com/condition/allergy/home-remedies-for-allergies-what-works