Ini Cara Tepat Atasi Pusar Gatal karena Minyak Kayu Putih

  Kamis, 20 Juni 2024 | 07:19 WIB
   team prosix
ini-cara-tepat-atasi-pusar-gatal-karena-minyak-kayu-putih_TGM.jpg

Sumber: freepik

Banyak orang yang merasakan manfaat dari minyak kayu putih. Umumnya, minyak esensial ini dipakai untuk menghangatkan badan, mengatasi sakit kepala dan hidung tersumbat, meringankan batuk, mencegah gigitan nyamuk, hingga meredakan nyeri sendi. Namun, beberapa orang juga merasa nyaman untuk mengoleskan minyak kayu putih ke pusar saat merasa mual atau sakit perut. Sayangnya, beberapa orang menunjukkan reaksi alergi hingga pusar gatal karena minyak kayu putih. Kenapa bisa demikian? Yuk cari tahu penjelasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai tuntas!

Penyebab Pusar Gatal karena Minyak Kayu Putih

Pusar adalah bagian kulit yang rawan dimasuki kuman atau kotoran yang berasal dari kulit mati, sisa keringat, sabun, dan bedak. Minyak kayu putih yang masuk ke dalam pusar juga bisa menyebabkan gatal saat kondisinya masih kotor atau belum dibersihkan. Parahnya, hal ini juga bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran, kuman, bakteri, atau jamur di dalam pusar.

Oleh sebab itu, kamu harus senantiasa menjaga kebersihan pusar untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan kulit terutama di area pusar. Jadi, meskipun sebagian orang merasa lebih nyaman saat mengoleskan minyak kayu putih ke pusar, tapi pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya secara rutin ya!

 

Cara Atasi Pusar Gatal karena Minyak Kayu Putih

Sumber: freepik

Nah, jika kamu merasakan pusar gatal karena minyak kayu putih, usahakan untuk tidak menggaruk area pusar supaya tidak terjadi masalah kesehatan yang semakin parah. Tenangkan diri dulu dan atasi dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Membersihkan Area Pusar

Rasa gatal pada pusar bisa kamu atasi dengan cara membersihkannya. Gunakan cairan antiseptik atau sabun anti bakterial secara perlahan-lahan. Hindari menggosok area pusar terlalu kuat karena bisa menyebabkan lecet atau luka. Usahakan untuk merawat area pusar dengan rajin membersihkannya secara rutin ya!

2. Kompres Air Dingin

Apabila masih terasa gatal pasca dibersihkan, kompres area pusar dengan air dingin. Kamu bisa menggunakan botol yang diberi air dingin atau membungkus es batu dalam kain untuk ditempelkan di area pusar. Cara ini biasanya cukup efektif dalam meredakan rasa gatal di kulit.

3. Periksa ke Dokter

Apabila berbagai upaya di atas tidak membuahkan hasil, kamu sebaiknya datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan medis yang lebih efektif. Pertolongan medis yang diberikan pada setiap pasien bisa jadi berbeda, tergantung dari hasil pemeriksaan dokter.

 

Minyak Kayu Putih Bisa Sebabkan Alergi

Sumber: freepik

Perlu kamu ketahui juga bahwa minyak kayu putih ternyata juga bisa memicu reaksi alergi pada sebagian orang lho! Hal ini bisa terjadi karena sistem antibodi menganggap minyak kayu putih sebagai zat berbahaya, sehingga memicu munculnya reaksi alergi.

Umumnya, gejala alergi yang muncul adalah dermatitis kontak dan bisa terjadi saat kamu mengoleskan minyak kayu putih ke kulit. Gejala alergi minyak kayu putih bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Umumnya, gejala yang muncul seperti bentol-bentol, ruam, hingga kulit kemerahan. Bahkan, beberapa orang juga sampai mual muntah hingga sesak napas saat memiliki alergi terhadap minyak kayu putih.

Cara tepat untuk mengatasinya yaitu dengan menghindari pemakaian minyak kayu putih di waktu-waktu selanjutnya. Untuk memastikannya, kamu juga bisa melakukan patch test ke dokter terkait dan berkonsultasi terkait langkah pencegahan dan pengobatan terhadap gejala alergi minyak kayu putih yang timbul.