Ini Gejala & Cara Atasi Alergi Sulfit yang Harus Dipahami

  Jumat, 06 September 2024 | 05:06 WIB
   Team Prosix
ini-gejala-cara-atasi-alergi-sulfit-yang-harus-dipahami_rj7.jpg

Sulfit merupakan jenis komponen kimiawi yang normal ditemukan secara alami pada beberapa jenis makanan. Namun sulfit sebagai bahan kimia juga digunakan sebagai pengawet makanan, minuman, atau obat agar tidak cepat rusak. Pada makanan dan minuman, sulfit digunakan untuk mencegah perubahan warna akibat pertumbuhan bakteri. Sebagian orang memang sensitif terhadap sulfit, namun sebagian yang lain benar-benar alergi terhadap sulfit. Mari memahami perbedaan kedua kondisi ini, dari gejala dan cara mengatasinya.

Alergi Sulfit

Alergi sulfit berarti sistem imun bekerja terlalu ‘keras’ sehingga menganggap beberapa jenis alergen, dalam hal ini sulfit, berbahaya bagi tubuh. Hasilnya sistem imun mengeluarkan respons perlindungan dengan memproduksi immunoglobulin E (Ig E) dalam pembuluh darah. Ig E inilah yang memicu tubuh mengeluarkan senyawa yang bersifat memicu peradangan bernama histamin. Efek histamin pada pemilik alergi berbeda-beda dan disebut sebagai reaksi alergi. Pada kasus alergi sulfit, gejalanya akan dibahas lebih lanjut setelah ini.

Gejala Alergi Sulfit

Baik alergi sulfit maupun sensitif terhadap sulfit memiliki gejala yang hampir sama. Cermati daftar gejalanya:

  • Mengi atau napas yang bersuara
  • Napas pendek
  • Dada terasa sempit
  • Batuk
  • Bersin-bersin
  • Hidung tersumbat
  • Biduran

Apabila gejala di atas disertai dengan kesulitan bernapas dan menelan, detak jantung cepat, pusing, muntal, dan mengi parah, bisa jadi itu tanda reaksi alergi parah bernama anafilaksis. Karena bisa mengancam jiwa, sebaiknya penderita gejala berat segera mendapat pertolongan medis di fasilitas kesehatan terdekat. Dokter mungkin akan menyuntikkan epinefrin untuk mencegah anafilaksis.

alergi sulfit

Photo by Angele  J on Pexel 

Cara Mengatasinya

Sedangkan untuk alergi ringan, penderita bisa meredakannya dengan mengonsumsi obat antihistamin. Obat alergi yang satu ini bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter. Untuk mendukung proses pemulihan, segera hindari makanan dan minuman yang menggunakan sulfit sebagai bahan pengawet. Beberapa contohnya adalah minuman beralkohol seperti bir dan wine, buah kering, jus lemon, minuman manis dalam kemasan, keripik kentang, biskuit dan makanan lain yang terbuat dari adonan tepung, dan lain sebagainya.

Kemudian untuk beberapa makanan yang mengandung sulfit secara natural adalah aprikot, anggur, salmon, tomat, selada, produk kedelai, tepung jagung, telur, bawang merah dan putih, hingga asparagus. Meski sulit untuk dihindari, setidaknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut dengan jumlah banyak. Kadar sulfite dalam makanan alami cenderung rendah sehingga cukup aman bagi pemilik alergi sulfit, kecuali untuk pemilik alergi yang sensitif.

Cara Mencegah Alergi Sulfit

  • Baca dan cermati kandungan produk dari kemasannya untuk menghindarkan diri dari senyawa sulfit. Beberapa jenis senyawa yang juga mengandung sulfit adalah natrium sulfit, natrium bisulfit, natrium metabisulfit, kalium bisulfit, kalium metabisulfit, sulfur dioksida, kalsium bisulfit, dan kalsium sulfit.
  • Selain makanan, beberapa jenis obat-obatan juga menggunakan sulfit untuk mengawetkan kandungan di dalamnya. Meskipun begitu, kandungan sulfit yang ada mungkin tidak mengalahkan manfaat dari obat tersebut. Sehingga lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter terkait penentuan resep obat.
  • Bawa selalu obat alergi untuk berjaga-jaga dan sebagai pertolongan pertama saat tidak sengaja terpapar alergen.

Sebagai catatan tambahan, orang yang telah didiagnosis memiliki asma umumnya juga alergi sulfit. Karena gejalanya bisa sangat mengganggu dan berpotensi serius, penting untuk memeriksakan diri, bahkan setelah kasus pertama reaksi alergi sulfit bisa ditangani. Kamu mungkin perlu menjalani tes alergi secara oral karena alergi sulfit termasuk jarang terdeteksi melalui metode skin test.

Referensi:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11323-sulfite-sensitivity
  • https://www.asthmaandallergycenter.com/article/sulfite-sensitivity/#.
  • https://www.allergy.org.au/patients/other-allergy/sulfite-sensitivity-faq#.
  • https://www.verywellhealth.com/sulfite-allergy-82911

Featured image by freepik