Ini Lho 5 Penyebab Bersin Terus-menerus yang Kamu Alami

  Rabu, 22 November 2023 | 05:38 WIB
   Team Prosix
ep58.1.jpg

Sumber: freepik.com

Jika kamu ingat-ingat, apakah kamu pernah bertemu dengan orang yang selama hidupnya tidak pernah bersin? Tentu hampir tak ada. Sesekali bersin adalah hal yang wajar. Tapi ketika bersin terus-menerus, artinya ada yang tidak beres dan harus diselidiki.

Jika dilihat dari kondisinya, bersin sebenarnya adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran dengan semburan udara yang keras dan tiba-tiba. Tapi ternyata penyebab bersin terus-menerus bisa jadi tidak sesederhana itu.

Berikut penjelasan tentang beberapa penyebab bersin yang terus bersambung, dan beberapa cara mengatasinya yang bisa kamu lihat dan jadikan acuan.

1. Mengalami Infeksi Virus

Penyebab paling sering ketika kamu mengalami bersin terus-menerus adalah adanya infeksi virus, seperti misalnya flu. Bersin berkali-kali yang dialami bisa jadi tanda awal kamu mengalami flu, dan dipicu karena adanya produksi lendir yang meningkat.

Jumlah lendir ini akan menstimulasi saraf-saraf di selaput lendir, dan merangsang efek bersin dari tubuh secara otomatis untuk mengeluarkan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Solusi atas pemicu ini adalah dengan banyak beristirahat untuk membantu kerja sistem kekebalan tubuh dalam memperbaiki dirinya sendiri. Jangan lupa makan makanan bernutrisi dan banyak mengandung vitamin C & mineral Zinc untuk mempercepat pemulihan.

2. Perubahan Suhu yang Mendadak

Sumber: freepik.com

Ketika kamu mengalami perubahan suhu yang mendadak dan ekstrem, bersin juga sering muncul dan sulit untuk dihentikan. Perubahan suhu ini bisa dari suhu tinggi ke suhu rendah, atau mungkin sebaliknya.

Yang perlu disadari ketika bersin terjadi saat dalam kondisi ini adalah bahwa tubuh hanya mencoba melakukan adaptasi. Jadi untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menenangkan diri, dan membiarkan tubuh beradaptasi dengan suhu udara yang baru dirasakannya. Dengan begini bersin yang dialami akan hilang dengan sendirinya.

3. Menghirup Aroma Rempah

Well sebenarnya sebagai seorang Indonesia, aroma rempah seharusnya jadi bau-bauan yang awam di indera penciuman. Tapi beberapa rempah seperti lada, jintan, ketumbar, dan beberapa lainnya memiliki zat yang disebut Piperin, yang ternyata bisa mengiritasi selaput lendir.

Hal yang sama juga berlaku pada cabai, yang mengandung Capsaicin yang termasuk zat iritan. Ketika terhirup zat ini akan diidentifikasi sebagai ‘ancaman’ dan tubuh otomatis akan mencoba mengeluarkannya dengan bersin.

Kamu bisa dengan mudah menggunakan masker untuk mengatasi hal ini, atau membuka jendela lebar supaya aroma rempah ini lekas berlalu.

4. Asap Rokok

Sumber: freepik.com

Jika aroma rempah yang notabene bahan alami saja dapat mengiritasi, apa jadinya dengan asap rokok? Asap rokok mengandung banyak sekali zat kimia yang dapat menimbulkan iritasi di mata hingga hidung dan paru-paru. Tidak heran respons alami tubuh adalah bersin tidak henti-hentinya.

Solusi paling mudah untuk urusan ini adalah dengan menjauhi area merokok atau menjaga jarak dari orang-orang yang merokok. Setidaknya dengan begini kepekatan asap rokok bisa berkurang dan terurai di udara.

5. Bersin Terus-menerus karena Alergi

Tidak jarang bersin terus-menerus yang terjadi dipicu adanya alergi. Bersin menjadi salah satu respons alami ketika tubuh melakukan kontak dengan alergen, untuk berusaha mengeluarkan alergen dari tubuh lewat saluran pernapasan.

Hal yang paling tepat dilakukan adalah dengan mengidentifikasi jenis alergi apa yang kamu alami, dan berusaha sebisa mungkin menghindari alergen yang menjadi pemicunya. Tentu, konsumsi obat bisa jadi opsi tepat jika memang dirasa perlu dan lebih baik lagi jika direkomendasikan dokter.

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi bersin terus-menerus yang kamu alami, tergantung dengan penyebabnya. Tapi untuk alergi, selalu percayakan solusinya pada obat yang andal dan telah terbukti di pasaran. Obat dengan kandungan Cetirizine bisa jadi opsi terbaik untuk digunakan. Klik di sini untuk membelinya, dan segera sudahi bersin yang mengganggu karena alergi!