Jenis-Jenis Ruam pada Kulit Dewasa yang Perlu Diketahui

  Senin, 18 Desember 2023 | 07:01 WIB
   Team Prosix
ep77.1.jpg

Sumber: Freepik

Jika selama ini kamu mengira bahwa ruam hanya terjadi pada anak-anak, berarti kamu harus tahu faktanya. Ruam juga bisa terjadi pada kulit orang dewasa, lho. Ketahui jenis-jenis ruam pada kulit dewasa dan bagaimana cara mengatasinya, yuk!

Ruam merupakan kondisi di mana kulit mengalami perubahan abnormal, baik pada warna maupun teksturnya. Ruam kulit memang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk orang dewasa. Timbulnya ruam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, alergi, peradangan, atau gangguan lainnya.

Meskipun sering kali dianggap tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, namun nyatanya beberapa ruam dapat menunjukkan gejala penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami jenis-jenis ruam pada kulit dewasa dan apa saja penyebabnya supaya kamu dapat mengatasi dan mencegahnya dengan tepat.

Jenis-Jenis Ruam pada Kulit Dewasa

Sumber: Freepik

Berikut ini adalah jenis-jenis ruam pada kulit dewasa yang perlu diketahui:

1. Dermatitis Atopik (Eksim)

Ruam kulit dapat terjadi dari berbagai faktor, termasuk infeksi, panas, alergen, gangguan sistem kekebalan tubuh dan obat-obatan. Salah satu gangguan kulit paling umum yang bisa menyebabkan ruam adalah dermatitis atopik, yang juga dikenal sebagai eksim. Dermatitis atopik ini adalah kondisi berkelanjutan (kronis) yang membuat kulit menjadi merah dan gatal serta sering terjadi di tangan, pergelangan kaki dan leher.

Untuk jenis ruam dermatitis atopik ini, penanganan yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan mengurangi gejala dan mengurangi risiko flare-up. Kebiasaan perawatan diri termasuk juga menghindari sabun keras dan iritasi lainnya, serta mengaplikasikan krim atau lotion secara teratur. Krim salep anti gatal juga bisa meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gejala. 

2. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah jenis ruam yang terjadi akibat kontak langsung dengan atau reaksi terhadap zat tertentu. Kondisi ini biasanya akan menghasilkan ruam kering, bersisik, tapi tidak gatal. Ada banyak zat seperti produk pembersih atau bahan kimia industri, yang bisa menyebabkan kondisi ini. Iritasi akan menyebabkan ruam pada kulit, namun kulit beberapa orang mungkin akan lebih mudah terpengaruh.

Dermatitis kontak alergi akan menghasilkan ruam merah yang sangat gatal dengan benjolan dan terkadang lepuh. Penyebab alergi ini adalah karet lateks, nikel dan poison ivy, biasanya kondisi ini berkembang setelah paparan awal terhadap alergen. 

3. Pityriasis Rosea

Pityriasis rosea ini adalah ruam halus, gatal, bersisik yang biasanya muncul pertama sebagai bercak tunggal pada dada, perut, ataupun punggung. Ruam jenis ini bisa menyebar sebagai patch kecil di bagian belakang, dada, dan leher lainnya. Ruam bisa membentuk pola di bagian belakang yang menyerupai pohon natal, di mana kondisi ini biasanya dapat hilang tanpa pengobatan dalam empat hingga 10 minggu, tetapi bisa bertahan beberapa bulan.

Untuk jenis ruam Pityriasis Rosea ini, krim atau lotion dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan mempercepat hilangnya ruam. Namun, sering kali perawatan apapun juga tidak diperlukan.

4. Intertrigo

Intertrigo merupakan peradangan yang terjadi karena gesekan kulit ke kulit, yang sering terjadi di area tubuh yang hangat dan lembab. Misalnya di bagian selangkangan, lipatan kulit di perut, bawah payudara, bawah lengan atau di antara jari kaki. 

Intertrigo ini biasanya hilang jika kamu menjaga area yang terdampak sebersih dan sekering mungkin. Maka dari itu, coba untuk mengenakan pakaian yang longgar dan gunakan bedak untuk mengurangi gesekan kulit ke kulit di daerah yang terkena. Penurunan berat badan juga dapat mengatasi masalah ini, lho.

5. Melasma

Melasma merupakan bercak berwarna coklat yang muncul di pipi, hidung, dahi, dagu, atau yang juga dikenal dengan nama lain “topeng kehamilan”, karena terjadi pada setengah dari semua wanita hamil. Namun, sebenarnya pria juga bisa mengalami kondisi ini. Kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah bayi lahir.

Penanganan ruam pada kulit dewasa bisa berbeda, tergantung pada jenisnya. Saat ruam pada kulit dewasa disertai dengan gatal yang tidak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi obat yang mengandung Cetirizine Hydrochloride. Obat ini akan menyembuhkan berbagai bentuk alergi seperti gatal-gatal, bersin-bersin, biduran, jontor, alergi kulit, dan lain sebagainya. Kamu bisa menemukan obat dengan kandungan ini di apotek terdekat.