Rekomendasi Menu Makanan untuk Anak Penderita Alergi

  Senin, 19 Agustus 2024 | 08:27 WIB
   Team Prosix
rekomendasi-menu-makanan-untuk-anak-penderita-alergi_iCr.jpg

Sumber: freepik.com

Anak yang menderita alergi makanan mungkin jadi tantangan tersendiri yang harus lekas dijawab. Bukan hanya bisa membatasi spektrum makanan yang bisa dikonsumsi, tapi kamu juga harus pandai mencari alternatif sumber nutrisi lain yang aman. Beberapa menu makanan untuk anak penderita alergi bisa kamu lihat di artikel singkat ini.

Alergi makanan sendiri, seperti jenis alergi lain, muncul ketika sistem imun tubuh salah mengenali kandungan atau suatu protein yang ada di dalam makanan sebagai ancaman. Respons alaminya kemudian adalah melepaskan histamin ke aliran darah guna melawan dan mematikan ‘bahaya’ ini.

Tips Sederhana Memilih Menu untuk Anak dengan Alergi Makanan

Sumber: freepik.com

Sebelum masuk pada bahasan menu makanan untuk anak penderita alergi, ada baiknya kamu melihat beberapa tips simpel untuk memilih menu yang tepat. Ada empat poin yang bisa kamu perhatikan, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Pertama, pastikan kamu tahu cara membaca label makanan kemasan. Baca keterangan di kemasan bahan makanan untuk memastikan semua kandungannya.

  • Kedua, jika mengonsumsi makanan yang dimasak orang lain atau makan di restoran, tanyakan dulu apa bahan yang digunakan agar tidak sampai ada alergen yang masuk ke tubuh anak.

  • Ketiga, kamu bisa menggunakan produk pengganti pada makanan yang memicu gejala alergi.

  • Keempat, fokus pada variasi menu yang menggunakan bahan makanan yang cenderung aman dimakan, dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dimiliki si kecil.

Sederhana, tapi harus dilakukan secara disiplin agar si kecil tidak sampai terserang alergi atau mengalami gejala yang bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Menu Apa yang Cocok?

Sumber: freepik.com

Menu yang cocok kemudian akan bergantung pada jenis alergi yang diderita anak-anak. Setelah diketahui benar dan dikonfirmasi dokter, kamu bisa mulai memilih makanan yang aman dan memastikan variasi makanan yang diberikan tetap bernutrisi lengkap, sehingga tumbuh kembangnya optimal.

  • Olahan susu, daging merah, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, atau polong-polongan bisa jadi alternatif menu makanan untuk anak penderita alergi telur. Dengan begini, kebutuhan protein, zat besi, biotin, folacin, asam pantotenat, hingga vitamin B12 yang dimilikinya bisa tetap terpenuhi.

  • Olahan dan variasi menu dari susu kedelai akan menjadi alternatif yang tepat jika si kecil memiliki alergi pada susu sapi. Susu kedelai dan beberapa jenis susu lain memiliki kandungan kalsium yang diperlukan anak untuk bisa tumbuh dengan optimal. Selain itu ada pula nutrisi lain, seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B12, dan fosfor yang terdapat pada susu alternatif ini.

  • Berbagai masakan yang berasal dari daging merah atau daging unggas, biji-bijian, dan kacang-kacangan, bisa diberikan jika si kecil mengidap alergi pada seafood. Alergi ini cukup sering ditemukan pada anak-anak.

  • Makanan dengan bahan gandum juga banyak ditemukan untuk anak-anak. Tapi ada pula kondisi alergi tepung terigu, jadi kamu bisa menggunakan gandum jenis lain yang diperkaya nutrisi baik untuk si kecil.

Cermat dalam Memilih Makanan, Pencegahan adalah Kunci

Sumber: freepik.com

Kecermatan kamu sebagai orang tua dalam memilih makanan akan memegang peranan penting agar anak-anak tidak sampai mengalami gejala alergi. Pada dasarnya, setiap menu makanan yang tidak mengandung alergen bagi anak adalah aman, dan bisa diberikan.

Ini mengapa kemudian rekomendasi menu makanan sehat untuk anak penderita alergi akan cukup luas, bergantung pada alergi yang ia miliki.

Beberapa hal yang harus dipastikan adalah jenis alergi yang dimiliki anak-anak, dan tindakan cepat yang dilakukan ketika si kecil menunjukkan gejala alergi setelah mengonsumsi makanan jenis tertentu.

 

Selalu menyediakan obat anti alergi untuk berjaga-jaga bisa membantu si kecil terhindar dari risiko lebih parah ketika alergi makanan menyerang. Selain tahu lebih jauh tentang rekomendasi menu makanan untuk anak penderita alergi, selalu menyediakan obat dengan kandungan cetirizine akan sangat membantu. Aman untuk anak-anak, konsultasikan kondisi ini dengan dokter kepercayaanmu!