Bisakah Menghilangkan Alergi secara Permanen? Ini Caranya

  Senin, 10 Juni 2024 | 03:20 WIB
   TEAM PROSIX
cara-menghilangkan-alergi-secara-permanen_Hbj.jpg

Bisakah Menghilangkan Alergi secara Permanen? Ini Caranya

Alergi adalah salah satu kondisi gangguan kesehatan yang cenderung tidak membahayakan bila dicegah dan ditangani dengan tepat. Namun penderita alergi akan sangat terganggu aktivitasnya sehari-hari dan membatasi mereka dalam banyak hal. Sehingga banyak dari penderita alergi yang ingin mengetahui cara menghilangkan alergi secara permanen.

Beberapa jenis alergi muncul saat usia anak-anak dan hilang seiring bertambahnya usia. Jenis alergi yang lain menetap pada penderitanya sepanjang hidup. Meskipun begitu, penanganan yang tepat akan menolong banyak penderita alergi dan bahkan menghilangkan alergi secara permanen. Mari membahas cara menghilangkan alergi secara permanen berikut ini.

Bisakah Alergi Dihilangkan secara Permanen?

Hannah (2021) menjelaskan bahwa belum ada obat yang benar-benar bisa menghilangkan alergi secara permanen, terutama dalam waktu singkat. Namun saat ini telah tersedia beberapa macam jenis terapi yang berpotensi besar menurunkan intensitas keparahan alergi. Salah satu terapi yang paling umum ditawarkan adalah imunoterapi.

Dokter dan ahli imunologi mungkin akan menyarankan imunoterapi pada penderita alergi dengan beberapa kriteria. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Reaksi alergi sulit dikontrol meskipun sudah mengkonsumsi obat alergi yang dijual bebas.

  2. Kandungan pada obat alergi bisa menyebabkan interaksi berbahaya saat dikonsumsi bersamaan dengan obat jenis lain. Sedangkan penderita alergi tidak diizinkan dokter menghentikan proses pengobatan untuk penyakit tersebut.

  3. Penderita alergi yang sulit atau bahkan tidak bisa menghindari pemicu alergi. Misalnya, pemilik alergi dingin yang terpaksa mendapat pekerjaan di negara dengan musim dingin yang panjang.

  4. Penderita alergi tidak suka atau memang ingin menghentikan konsumsi obat alergi secara terus menerus.

Cara Menghilangkan Alergi secara Permanen

Terdapat beberapa cara menghilangkan alergi secara permanen yang termasuk dalam kategori imunoterapi. Sudah banyak penderita alergi yang tidak lagi merasakan reaksi alergi apa pun setelah menjalani imunoterapi selama beberapa bulan hingga tahun. Imunoterapi sendiri terdiri dari 3 cara, yaitu SCIT, SLIT, dan OIT.

SCIT (subcutaneous immunotherapy) atau sering disebut sebagai suntikan alergi adalah terapi menyuntikkan zat alergen dengan jumlah dosis bertahap selama beberapa bulan hingga sistem imun tidak lagi mendeteksi zat alergen tersebut sebagai ancaman. Cara ini sudah bisa dilakukan untuk penderita alergi terhadap tungau/kutu, bulu hewan, serbuk sari, hingga sengatan lebah dan serangga jenis lain.

SLIT (sublingual immunotherapy) adalah cara menghilangkan alergi dengan mengonsumsi obat yang diletakkan pada bawah lidah kemudian ditunggu hingga obat tersebut larut dengan sendirinya. Langkah ini akan melatih tubuh dalam beradaptasi dengan zat alergen.

OIT (oral immunotherapy) adalah cara berikutnya dengan teknik yang hampir sama dengan SLIT. Bedanya, zat alergen dalam bentuk tablet bisa langsung dikonsumsi. Kemudian pemilik alergi diminta menunggu selama beberapa jam untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang membahayakan jiwa. Cara ini biasanya diberikan pada penderita alergi makanan tertentu seperti alergi kacang.

Catatan Tambahan

Satu lagi hal penting yang perlu dipahami soal alergi adalah kemunculan alergi tidak hanya dialami oleh anak-anak. Beberapa jenis alergi bisa saja muncul saat usia dewasa meskipun ia baik-baik saja saat terpapar alergen tertentu pada tahun-tahun sebelumnya. Saat hal ini terjadi, mengonsumsi obat alergi yang mengandung antihistamin adalah cara mengatasi alergi yang paling disarankan. Meskipun belum menghilangkan alergi sepenuhnya, namun penderitanya mampu mengontrol reaksi alergi yang muncul lebih mudah. Selain itu, obat alergi juga akan mencegah terjadinya reaksi alergi parah seperti anafilaksis pada masa yang akan datang. Setelah suatu alergi terkontrol dengan baik, mulailah untuk menghilangkannya secara permanen setelah berkonsultasi dengan dokter atau ahli imunologi.

Referensi:
Hannah Nichols. 2021. Are allergies permanent?. Diakses pada 1 Januari 2024 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-allergies