Kenali Gejala Alergi Sabun dan Cara Mengatasinya

  Selasa, 28 November 2023 | 07:30 WIB
   Team Prosix
ep65.1.jpg

Sumber: Freepik

Setiap hari kita mandi menggunakan sabun. Namun, faktanya, tidak semua sabun cocok untuk kulit tubuh kita. Beberapa sabun bahkan bisa menjadi penyebab alergi yang harus diwaspadai. Terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Lantas bagaimana caranya jika sudah terlanjur terkena alergi sabun? Apa saja langkah yang tepat untuk mengatasinya? Yuk cari tahu di bawah ini.

Gejala Alergi Sabun

Alergi Sabun

Sumber: Freepik

Gejala alergi sabun dapat bervariasi dari ringan hingga parah. Beberapa gejala umum yang dapat muncul termasuk:

1. Ruam Kulit

Ruam kulit adalah salah satu gejala yang paling umum terjadi pada alergi sabun. Ruam ini biasanya muncul dalam bentuk bintik-bintik merah atau bentol di area yang terkena sabun. Ruam ini dapat terasa gatal dan dapat menyebar ke area lain jika tidak ditangani dengan baik.

2. Gatal-gatal

Gatal-gatal adalah gejala yang sangat mengganggu pada alergi sabun. Kulit yang terkena sabun dapat terasa sangat gatal dan menggelitik. Gatal-gatal ini dapat memengaruhi kualitas tidur dan aktivitas sehari-hari.

3. Kulit Kering dan Bersisik

Salah satu gejala alergi sabun adalah kulit yang kering dan bersisik. Bahan kimia dalam sabun dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik. Kulit yang kering dan bersisik juga dapat terasa kasar dan tidak nyaman.

4. Pembengkakan pada Area yang Terkena

Pada kasus yang lebih parah, alergi sabun dapat menyebabkan pembengkakan pada area yang terkena sabun. Pembengkakan ini biasanya disertai dengan rasa nyeri dan dapat memengaruhi mobilitas jika terjadi di tangan atau kaki.

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini setelah menggunakan sabun, ada kemungkinan kamu mengalami alergi sabun. Namun, penting untuk diingat bahwa gejala ini juga dapat disebabkan oleh kondisi kulit lainnya. Jika tidak yakin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Tips Mengatasi Alergi Sabun

Alergi Sabun

Sumber: Freepik

Jika mengalami alergi sabun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala yang muncul:

1. Hentikan Penggunaan Sabun yang Menyebabkan Alergi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghentikan penggunaan sabun yang menyebabkan alergi. Jika kamu tidak yakin sabun mana yang menjadi penyebab alergi, sebaiknya menghindari penggunaan semua sabun yang mengandung bahan kimia berpotensi menyebabkan alergi.

2. Bersihkan Kulit dengan Air Dingin atau Air Hangat

Setelah menghentikan penggunaan sabun yang menyebabkan alergi, bersihkan kulit dengan air dingin atau air hangat. Hindari penggunaan air panas, karena dapat memperburuk iritasi kulit. Air dingin atau air hangat dapat membantu mengurangi rasa gatal dan meredakan peradangan pada kulit.

3. Gunakan Pelembab Bebas Wewangian dan Bahan Kimia Tambahan

Menggunakan pelembap yang bebas wewangian dan bebas bahan kimia tambahan juga penting untuk mengatasi alergi sabun. Pelembap ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi gejala kulit kering dan bersisik. Pilihlah pelembap yang mengandung bahan alami seperti aloe vera atau minyak kelapa.

4. Hindari Menggaruk Area yang Gatal

Saat mengalami gatal-gatal akibat alergi sabun, hindari menggaruk area yang gatal. Menggaruk kulit dapat memperburuk iritasi dan menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah. Sebagai gantinya, cobalah menepuk-nepuk area yang gatal atau gunakan obat anti gatal yang mengandung cetirizine hydrochloride.

5. Kompres Kulit dengan Air Dingin

Jika Anda merasa sangat gatal, kompres kulit dengan menggunakan kain bersih yang telah direndam dalam air dingin. Kompres ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan meredakan peradangan pada kulit. Pastikan untuk tidak menggosok kulit saat melakukan kompres.

Selalu ingat bahwa alergi adalah masalah serius, dan jika kamu mengalami gejala yang parah atau semakin memburuk, jangan ragu untuk segera mencari perawatan medis. Dan satu lagi, tindakan pencegahan adalah kunci untuk menghindari reaksi alergi!