Kenali Lebih Jauh Alergi Jamur, dari Penyebab sampai Obatnya

  Jumat, 15 Maret 2024 | 07:51 WIB
   Team Prosix
oktep2.1.jpg

Sumber: Freepik.com

Musim hujan akhirnya datang, meski sedikit terlambat dan tersendat. Untuk penderita alergi jamur, musim seperti ini harus jadi perhatian karena kelembapan udara meningkat, dan jamur lebih mudah tumbuh di berbagai tempat.

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang memiliki kondisi alergi jamur ini?

Jika ya, maka mungkin artikel singkat tentang penyebab, gejala, cara mencegah, dan cara mengobati alergi yang kamu derita ini bisa memberikan informasi yang berguna. Simak selengkapnya pada uraian masing-masing poin berikut ini.

Identifikasi Penyebabnya Terlebih Dulu

Identifikasi Penyebab Penyakit Gejala Alergi

Sumber: Freepik.com

Seperti alergi pada umumnya, alergi jamur adalah kondisi saat tubuh melepaskan histamin untuk zat yang dianggap berbahaya dan mengeluarkan reaksi. Gejala alergi akan muncul pada penderita alergi.

Penyebab utama dari alergi ini tentu adalah jamur, dan berbagai hal yang ada di dalamnya. Alergi ini bisa muncul karena konsumsi bahan makanan mengandung jamur, hingga spora yang terhirup atau menempel di kulit.

Alergi ini secara praktis bisa terjadi pada seseorang di usia berapa pun, dan tidak memiliki batasan yang jelas pada risiko usia atau kategori penderitanya. Yang pasti ketika muncul gejala alergi setelah mengonsumsi jamur, atau bersentuhan dengan jamur dan sporanya, maka bisa jadi indikasi kuat seorang mengidap kondisi tersebut.

Gejala-Gejala yang Paling Umum Muncul

Alergi secara umum memberikan gejala yang serupa, hanya memiliki trigger atau pemicu yang berbeda. Beberapa tanda awal seorang mengalami alergi jamur misalnya seperti napas berbunyi atau mengi, hidung dan mata berair, mengalami ruam kulit dan gatal-gatal, terjadi pembengkakan di bibir atau tenggorokan, diare atau muntah, mual, hingga kram perut.

Namun demikian gejala ini sebaiknya lekas diatasi dengan obat yang tepat atau treatment yang telah disarankan oleh dokter. Ketika tidak diatasi memang sebenarnya bisa saja gejala alergi ini hilang, tapi ada risiko eskalasi kondisi yang lebih buruk dan patut diwaspadai.

Beberapa gejala yang lebih buruk dan harus segera mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan antara lain adalah:

  • Penurunan tekanan darah
  • Mengalami sesak napas
  • Kehilangan kesadaran atau pingsan
  • Atau kondisi lain berupa anafilaksis

Ketika gejala-gejala parah ini sudah muncul sangat disarankan segera mendatangi pusat kesehatan atau rumah sakit terdekat agar mendapatkan pertolongan yang tepat dari tenaga kesehatan atau dokter yang ahli di bidang alergi.

Lebih Baik Mencegah daripada Mengatasi

Lebih Baik Mencegah Alergi

Sumber: Freepik.com

Kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk mencegah munculnya gejala alergi jamur ini. Langkah yang bisa kamu lakukan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Hindari konsumsi jamur atau produk dengan kandungan jamur lain seperti ragi dan sejenisnya
  • Pastikan kondisi rumah dan tempat kamu beraktivitas bebas jamur, karena pelepasan sporanya bisa memicu munculnya gejala alergi
  • Hindari area-area yang berpotensi memiliki jamur di sudut-sudutnya, terutama saat kondisi udara sangat lembap seperti beberapa hari belakangan

Tapi Jika Sudah Terjadi, Bagaimana Mengatasinya?

Jika sudah terlanjur terjadi, tentu obat anti alergi akan jadi solusi yang bisa mengatasi gejala tersebut dengan cepat. Setelah menjauhkan segala hal yang diduga sebagai alergen, konsumsi obat anti alergi yang bisa ditemukan dengan cukup mudah.

Beberapa obat seperti obat dengan kandungan Cetirizine bisa jadi opsi yang tepat, karena bisa membantu mengatasi gejala alergi ringan hingga sedang yang muncul secara cepat. Jika gejala tidak kunjung reda, maka ke dokter atau ke rumah sakit adalah langkah yang harus segera diambil, terlebih jika gejala semakin parah.

Pada dasarnya, treatment pada alergi jamur tidak jauh berbeda dengan alergi jenis lainnya. Mengidentifikasi gejala awal akan berperan sangat penting agar gejala tidak sampai menjadi gejala yang lebih serius. Selalu sediakan obat dengan kandungan Cetirizine, dan perhatikan area sekitarmu supaya terhindar dari kambuhnya gejala alergi yang satu ini!