Tiba-Tiba Alergi Ayam? Sadari Segera dan Lakukan Hal Ini!

  Senin, 29 Juli 2024 | 03:11 WIB
   Team Prosix
tiba-tiba-alergi-ayam-sadari-segera-dan-lakukan-hal-ini_fKP.jpg

Sumber: freepik.com

Tidak sedikit orang yang belum punya awareness pada alergi yang dimilikinya. Terkadang, orang-orang dengan alergi ayam benar-benar tidak tahu, jadi ketika mereka mengkonsumsi ayam dan olahannya mereka merasa tiba-tiba alergi ayam.

Seperti kebanyakan alergi lainnya, alergi ayam dipicu karena konsumsi, terkena bulu, atau pada tingkat ekstrem bahkan bau dari ayam yang tercium. Meski seharusnya sudah dikenali sejak lama, tapi ada juga orang-orang yang baru merasakan gejalanya secara intens secara tiba-tiba.

Apa Penyebab Alergi Ayam Tiba-Tiba Muncul?

Sumber: freepik.com

Meski alergi tidak secara tiba-tiba muncul, tapi gejalanya bisa jadi terasa secara intens secara mendadak. Beberapa hal bisa memicu hal ini.

Pertama, tentu adalah konsumsi ayam atau olahannya yang sebenarnya oleh tubuh dianggap mengandung protein yang dapat membahayakan sehingga histamin diproduksi untuk melawan ‘ancaman’ ini

Kedua, kondisi daya tahan tubuh yang sedang tidak terlalu baik. Gejala yang muncul adalah gejala alergi yang kemudian terasa karena daya tahan tubuh kurang baik. Bisa jadi biasanya konsumsi ayam tidak menimbulkan masalah karena daya tahan tubuh cukup baik sehingga gejala tidak terlalu terasa

Ketiga, histamin yang diproduksi terlalu banyak sehingga reaksi yang kamu rasakan lebih intens dari yang biasanya bisa ditoleransi oleh tubuh

Sebagai catatan, alergi tidak dengan tiba-tiba muncul dan diidap seseorang. Alergi selalu punya asal yang jelas, baik dari trauma di masa kecil, atau diperoleh dari turunan. Kondisi ini umumnya diderita seseorang sejak lahir, dan tidak bisa sepenuhnya disembuhkan.

Gejala dan Dampak yang Muncul pada Tubuh

Sumber: freepik.com

Gejala dan dampak yang dirasakan oleh tubuh akan muncul dengan intensitas yang berbeda. Tapi jika muncul secara tiba-tiba, biasanya intensitasnya cukup tinggi, karena cukup mengganggu hingga seorang sadar ia mengalami alergi.

Beberapa yang paling umum antara lain adalah:

  • Mata gatal, bengkak, atau berair

  • Hidung gatal dan basah

  • Bersin terus menerus

  • Kesulitan bernapas

  • Bagian tenggorokan terasa gatal dan sakit

  • Batuk atau mengi

  • Terjadi iritasi kulit, kulit menjadi merah, atau ruam seperti eksim

  • Terasa mual hingga muntah

  • Kram perut dan diare

Jika hal ini tidak segera diatasi, bisa jadi orang tersebut mengalami komplikasi atau gejala yang lebih parah. Gejala lebih parah yang mengancam keselamatan kemudian dikenal dengan nama kondisi anafilaksis, yang muncul dalam bentuk detak jantung lebih cepat, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, palpitasi jantung, kesulitan bernapas, pembengkakan saluran udara tenggorokan, bicara menjadi cadel, pembengkakan di lidah dan bibir, semburat biru di sekitar bibir, ujung jari kaki dan tangan, serta hilangnya kesadaran.

Ketika hal ini sudah terjadi sangat direkomendasikan agar segera ke dokter untuk penanganan yang cepat dan tepat.

Cara Mengatasi Gejala Alergi Ayam yang Tiba-Tiba Muncul

Sumber: freepik.com

Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk gejala saat tiba-tiba alergi ayam. Cara paling jelas adalah menghentikan konsumsi makanan dengan bahan ayam, atau mengandung kandungan protein ayam di dalamnya.

Selanjutnya beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Waspadai makanan dan minuman yang mungkin mengandung protein dari ayam di dalamnya.

  • Gunakan bahan hipoalergenik untuk kain yang kamu pakai, baik untuk pakaian, sarung bantal, selimut, dan sejenisnya.

  • Kunjungi dokter dengan segera untuk mengetahui seberapa parah gejala alergi yang kamu rasakan ini.

  • Konsumsi obat yang direkomendasikan dokter dan lakukan terapi jika memang rekomendasi dokter mengarah pada hal tersebut.

  • Selalu sediakan obat pereda gejala alergi yang mengandung cetirizine, antihistamin, atau bahan sejenis yang memiliki manfaat mengurangi tingkat keparahan gejala yang muncul.

 

Ketika tiba-tiba alergi ayam dirasakan, gejala yang muncul akan cukup jelas. Maka sebaiknya jika memiliki riwayat alergi di keluarga, selalu bawa obat anti alergi dengan kandungan Cetirizine, yang bisa kamu dapatkan di sini. Semoga berguna!