Kenali Penyebab dan Gejala Alergi Muka Bengkak, Atasi dengan Cara Ini!

  Kamis, 18 Juli 2024 | 03:55 WIB
   TEAM PROSIX
kenali-penyebab-dan-gejala-alergi-muka-bengkak-atasi-dengan-cara-ini_mMo.jpg

Masalah muka atau wajah bengkak tidak bisa dianggap sepele, karena ini bisa menjadi pertanda dari kondisi maupun penyakit serius yang mendasarinya. Ada berbagai penyebab muka bengkak tiba-tiba yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah karena konsumsi makanan tertentu. Perlu diketahui bahwa makanan dengan kandungan garam (natrium) dan monosodium glutamat (MSG) yang tinggi ternyata bisa menyebabkan muka terlihat bengkak. Hal ini diakibatkan karena tubuh butuh waktu lebih untuk mencerna natrium, di mana sifat natrium yang menahan air membuat tubuh menumpuk cairan, termasuk pada wajah.

Adapun jenis makanan tinggi natrium yang umum dikonsumsi di antaranya adalah mie instan, makanan cepat saji (fast food), dan makanan ringan dalam kemasan.

Selain itu, muka bengkak juga bisa disebabkan oleh alergi. Reaksi alergi yang diakibatkan oleh serbuk sari, gigitan serangga, obat, maupun makanan memang bisa menjadi penyebab muka bengkak secara tiba-tiba. Gejala umum alergi antara lain bersin, mata merah (konjungtivitis alergi), gatal, ruam kulit, gatal-gatal, hingga pembengkakan pada bibir, lidah, hingga tenggorokan. Kamu juga perlu mewaspadai reaksi alergi parah atau anafilaksis, di mana hal ini ditandai dengan mengi, sulit bernapas, jantung berdebar cepat, dan pingsan.

Kemudian, efek samping obat kortikosteroid seperti prednison, juga bisa menimbulkan efek samping berupa muka bengkak. Kondisi ini dikenal dengan istilah moon face. Moon face diakibatkan oleh penggunaan steroid dalam waktu lama, di mana ini bisa memicu retensi atau penumpukan cairan di dalam tubuh. Retensi cairan tidak hanya memengaruhi wajah saja, tapi juga bisa memicu pembengkakan pada kaki dan bagian tengah tubuh.

Penyebab Alergi Muka Bengkak

alergi muka bengkak

Alergi kulit bisa terjadi akibat paparan terhadap zat tertentu yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh merespons dengan cara yang tidak normal. Beberapa penyebab bengkak di muka akibat alergi kulit adalah:

  • Reaksi terhadap Produk Perawatan Kulit: Beberapa orang mungkin akan mengalami alergi terhadap bahan-bahan yang terdapat dalam produk perawatan kulit seperti krim, lotion, atau sabun.

  • Alergi Makanan: Konsumsi makanan tertentu juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, di mana reaksi ini dapat termasuk bengkak pada wajah.

  • Kontak dengan Alergen: Paparan langsung atau kontak dengan alergen tertentu, seperti serbuk sari, bulu hewan, atau bahan kimia tertentu bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

  • Obat-obatan: Beberapa orang mungkin juga akan mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu, yang bisa menyebabkan bengkak pada wajah.

Cara Mengatasi Alergi Muka Bengkak

Jika kamu mengalami bengkak pada muka akibat alergi, berikut beberapa langkah yang dapat diambil adalah:

  • Hentikan Paparan: Segera identifikasi dan hindari zat atau faktor yang menyebabkan reaksi alergi. Ini mungkin akan melibatkan menghentikan penggunaan produk tertentu atau menghindari makanan atau lingkungan tertentu.

  • Gunakan Antihistamin: Obat anti alergi seperti antihistamin akan membantu meredakan beberapa gejala alergi, termasuk muka bengkak. Namun, jangan lupa konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi obat apa pun.

  • Kompres Dingin: Menggunakan kompres dingin akan membantu mengurangi bengkak dan kemerahan pada wajah.

  • Konsultasi dengan Profesional Kesehatan: Jika reaksi alergi parah atau berlangsung lama, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli alergi supaya mereka dapat membantu menilai situasi dan memberikan perawatan yang sesuai.

Selalu ingat bahwa salah satu penyebab muka bengkak adalah makanan, jadi penting bagi kamu untuk mengurangi asupan makanan tinggi garam dan MSG dari menu sehari-hari. Untuk menambah cita rasa makanan, kamu bisa coba menambahkan alternatif seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Jangan lupa juga untuk rutin minum air putih, karena asupan air membantu mengurangi bengkak dengan menyeimbangkan kadar natrium dan cairan dalam tubuh.

Jika kamu mengalami reaksi alergi yang parah, seperti kesulitan bernapas atau pembengkakan yang signifikan, segera cari bantuan medis darurat, ya!

Sumber gambar: Freepik