Kenapa Gatal pada Kulit Bisa Terjadi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

  Rabu, 22 November 2023 | 05:34 WIB
   Team Prosix
ep57.1.jpg

Sumber: Freepik

Sebagian orang pernah mengalami gatal pada kulit. Apakah selama ini kamu sudah mengetahui apa penyebab gatal pada kulit? 

Gatal pada kulit, yang dikenal sebagai pruritis, adalah gejala umum yang bisa disebabkan oleh berbagai kondisi dan faktor, di mana gatal ini dapat terjadi pada satu bagian tubuh atau menyebar ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, tapi pruritis yang kronis lebih umum terjadi pada orang-orang yang lebih tua karena mereka cenderung memiliki kulit kering. Dan kulit kering dapat memicu terjadinya pruritis.

Pada umumnya kulit gatal hanya terasa di area kecil tertentu saja, tapi bisa juga dirasakan di seluruh tubuh. Selain itu, kondisi ini juga bisa saja disertai dengan gejala berupa warna kemerahan, benjolan, bintik, atau lecet, lentingan berair, kulit kering yang terlihat pecah-pecah, dan kulit bersisik.

Kenapa Gatal pada Kulit Bisa Terjadi?

Sumber: Freepik

Untuk mengatasi gatal pada kulit, sangat penting untuk mengidentifikasi penyebabnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal pada kulit yang perlu kamu perhatikan:

  • Reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, produk perawatan kulit, atau alergen lingkungan tertentu dapat menyebabkan gatal pada kulit.
  • Beberapa kondisi kulit, seperti eksim (dermatitis atopik), psoriasis, urtikaria, dan dermatitis kontak, dapat menyebabkan gatal pada kulit.
  • Gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, dan kutu kasur dapat menyebabkan gatal.
  • Kulit kering dan kelembapan yang kurang dapat mengakibatkan kulit gatal.
  • Konsumsi makanan tertentu yang bisa membuatmu alergi bisa mengakibatkan gatal pada kulit.
  • Kondisi stres dan kecemasan dapat memicu gatal pada kulit atau memperburuk kondisi kulit yang sudah ada.
  • Infeksi bakteri, jamur, atau virus pada kulit dapat menyebabkan gatal.
  • Beberapa obat dapat menyebabkan reaksi alergi atau reaksi samping yang melibatkan gatal pada kulit.
  • Selain itu, beberapa kondisi medis seperti penyakit hati, gagal ginjal, diabetes, dan penyakit tiroid dapat menyebabkan gatal pada kulit.

Bagaimana Cara Mengatasi Gatal pada Kulit?

Sumber: Freepik

Untuk mengatasi gatal pada kulit, coba pertimbangkan langkah-langkah berikut ini:

  1. Jika kamu tahu penyebab gatal pada kulit, hindari faktor-faktor pencetus tersebut.
  2. Gunakan pelembap atau krim khusus untuk kulit kering.
  3. Hindari untuk menggaruk, karena garukan kulit dapat memperparah masalah. 
  4. Kamu dapat meletakkan kompres dingin ke area yang terasa gatal selama kurang lebih 10 menit atau hingga rasa gatal menghilang. Suhu dingin bisa mengganggu dan mengalihkan saraf dari rasa gatal.
  5. Kemudian, mandi menggunakan air bersuhu ruang juga bisa menjadi cara mengatasi gatal-gatal di kulit. Dengan mandi menggunakan air bersuhu ruang, maka kelembapan kulit dapat tetap terjaga.
  6. Jika gatal disebabkan oleh alergi, antihistamin seperti Cetirizine atau Loratadine dapat membantu mengurangi gatal.

Jika cara mengatasi gatal pada kulit di atas tidak bisa menangani keluhan gatal yang kamu alami, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Begitu pula jika gatal menjadi semakin parah, terjadi di seluruh tubuh, dan disertai dengan penurunan berat badan yang drastis atau berkeringat di malam hari. Jangan tunda lagi, segera konsultasikan pada dokter!