Ketahui 3 Penyebab Bintik Merah Alergi di Sini

  Jumat, 27 Oktober 2023 | 04:31 WIB
   Team Prosix
ep4.1.jpg

Sumber: freepik.com

Terkadang mungkin kamu mengalami kondisi bintik merah pada kulit yang cukup mengganggu penampilan secara umum. Hal ini bisa jadi adalah bintik merah alergi, yang menjadi tanda tubuh mengalami kontak dengan alergen di sekitarmu.

Bintik merah pada kulit memang tidak selalu berarti kamu mengalami alergi, karena ada banyak kondisi lain yang juga ditandai dengan kondisi ini. Misalnya saja kurap, kudis, demam berdarah, cacar air, atau akibat gigitan serangga.

Tapi Mari Cermati Penyebab Bintik Merah Alergi Dulu

Sumber: freepik.com

Bintik merah alergi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa yang paling sering terjadi adalah dermatitis kontak, dermatitis atopik, atau biduran. Ketiganya adalah tanda bahwa tubuh mengalami sebuah alergi, yang tentu saja idealnya diketahui apa yang menjadi alergennya.

1. Dermatitis Kontak

Merupakan sebuah reaksi yang muncul saat kulit bersentuhan dengan zat yang sifatnya iritatif, dan dapat memicu alergi. Misalnya saja sabun, sampo, deterjen, perhiasan logam tertentu, debu, hingga beberapa produk kosmetik.

Bintik merah ini disertai dengan kulit melepuh, rasa gatal, hingga perih. Alergi yang muncul ditimbulkan oleh kandungan yang ada di produk-produk di atas.

2. Dermatitis Atopik

Kedua adalah dermatitis atopik. Bintik merah pada kulit yang muncul karena penyebab ini berkaitan dengan asma, yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya di keluarga. Kondisi ini juga dikenal dengan nama eksim, yang dapat muncul di leher, tangan, atau lipatan siku, pergelangan, atau tungkai.

Faktor risiko munculnya eksim sendiri adalah kondisi kulit kering, iritasi kulit, hingga alergi. Faktor cuaca juga memiliki andil dalam hal ini. Tandanya adalah bintik merah gatal, kulit bersisik, terasa kasar dan tebal, serta muncul benjolan kecil berisi cairan.

3. Biduran

Bintik merah alergi juga muncul dalam kondisi biduran. Bintik merah akan disertai bentol yang terasa gatal dan perih menyengat. Bintik ini bisa muncul di bagian tubuh tertentu, dan menyebar dengan cepat.

Faktor yang membuat biduran sendiri antara lain reaksi alergi, adanya infeksi, udara panas atau dingin, stres, dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Waspadai Dampak Negatifnya

Sumber: freepik.com

Sebenarnya bintik merah alergi menjadi tanda umum ketika tubuh mendeteksi adanya zat atau sesuatu yang dianggap sebagai alergen. Pada konteks gejala ringan atau tidak mengganggu, bintik merah memang tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun demikian bukan berarti bintik merah alergi datang tanpa risiko atau dampak negatif. Hal paling jelas pertama tentu kulit yang kamu miliki akan terlihat tidak bersih dan tidak sehat. Secara estetika, tentu hal ini tidak diinginkan ‘kan?

Dari segi kesehatan, ketika bintik merah alergi muncul dan tidak hilang dalam waktu singkat, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi bintik merah akan terasa mengganggu dan merusak kulit secara permanen.

Cara Simpel Mengatasi Bintik Merah Alergi

Sumber: freepik.com

Seperti yang disampaikan tadi, bintik merah sebenarnya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu singkat. Namun ketika bintik ini terasa mengganggu dan tidak lekas hilang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

  • Konsumsi obat antihistamin atau mengoleskan krim kortikosteroid yang diresepkan oleh dokter kepercayaan
  • Untuk eksim, solusinya adalah krim kortikosteroid, obat antibiotik jika terdapat infeksi, dan produk pelembab jika kulit menjadi kering
  • Produk anti alergi dengan kandungan Cetirizine yang dapat membantu kamu mengatasi gejala alergi yang muncul seperti bintik merah

Itu tadi sekilas tentang bintik merah alergi yang bisa muncul ketika tubuh kontak dengan alergen. Produk yang mengandung Cetirizine akan menjadi opsi yang tepat, karena dapat membantu meredakan gejala alergi seperti bintik merah dan gejala lain dengan baik. Temukan produknya di sini, dan pastikan kamu menjaga kebersihan dan pola hidup sehat untuk terhindar dari kondisi seperti ini.